Strategi Komunikasi Pemasaran Event “Communication Youth Expo 2024” (Studi Kasus pada Event Communication Youth Expo 2024)

(1) * Rahmah Anzelina Mail (Universitas Singaperbangsa Karawang, Indonesia)
(2) Ema Ema Mail (Universitas Singaperbangsa Karawang, Indonesia)
(3) Luluatu Nayiroh Mail (Universitas Singaperbangsa Karawang, Indonesia)
*corresponding author

Abstract


Event Communication Youth Expo (CYE) menghadapi tantangan penurunan jumlah penonton dari 2.100 pada tahun 2023 menjadi 1.824 pada tahun 2024, meskipun telah menerapkan berbagai strategi komunikasi pemasaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis secara mendalam implementasi bauran komunikasi pemasaran terpadu oleh panitia CYE 2024 dan mengidentifikasi faktor-faktor strategis yang menyebabkan kegagalan dalam membendung tren penurunan tersebut. Dengan menggunakan pendekatan studi kasus kualitatif, data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan panitia CYE 2023 dan 2024, observasi, serta dokumentasi, kemudian dianalisis menggunakan model interaktif Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun kelima elemen bauran pemasaran periklanan, promosi penjualan, hubungan masyarakat, penjualan personal, dan pemasaran langsung telah diterapkan, terdapat kemunduran strategis yang signifikan. Faktor-faktor tersebut meliputi pergeseran fokus periklanan dari yang berorientasi pada keterlibatan audiens menjadi sekadar paparan, stagnasi taktik promosi penjualan yang kehilangan keunggulan kompetitif, serta ketergantungan berlebih pada penjualan personal yang tidak berkelanjutan. Kesimpulan utamanya adalah kegagalan paling krusial terletak pada pengabaian pemanfaatan basis data audiens dari tahun sebelumnya dalam strategi pemasaran langsung, yang menghilangkan saluran pemasaran dengan potensi konversi tertinggi.

Keywords


Strategi Komunikasi Pemasaran Terpadu; Manajemen Acara; Strategi Pemasaran; Event Communication Youth Expo 2024

   

DOI

https://doi.org/10.31604/jim.v9i4.2025.2403-2410
      

Article metrics

10.31604/jim.v9i4.2025.2403-2410 Abstract views : 0 | PDF views : 0

   

Cite

   

Full Text

Download

References


Abdussamad, J., Sopingi, I., Setiawan, B., & Sibua, N. (2024). Buku Referensi: METODE PENELITIAN KUANTITATIF, KUALITATIF, DAN MIXED METHODE. PT Media Penerbit Indonesia. http://repository.mediapenerbitindonesia.com/327/1/K 185 - Metode Penelitian kuantitatif kualitatif.pdf

Astuti, A., Ginting, R., & Saleh, A. (2021). Strategi Komunikasi Pemasaran iNews TV Sumut dalam Meningkatkan Segmentasi Pemirsa. Persepsi: Communication Journal, 4(1), 1–10. https://doi.org/https://doi.org/10.30596/persepsi.v4i1.5665

Batubara, J. (2017). Paradigma Penelitian Kualitatif dan Filsafat Ilmu Pengetahuan dalam Konseling. JURNAL FOKUS KONSELING, 3(2), 95. https://doi.org/10.26638/jfk.387.2099

Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. HUMANIKA, 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.38075

Haikal Ibnu Hakim, Ohorella, N., & Edy Prihantoro. (2022). Strategi Komunikasi Pemasaran Angkringan Khulo Melalui Media Sosial Instagram. MUKASI: Jurnal Ilmu Komunikasi, 1(2), 111–122. https://doi.org/10.54259/mukasi.v1i2.802

Idawiyah, A. S. (2022). Strategi Komunikasi Pemasaran Terpadu Emvrio Production dalam Meningkatkan Penjualan Tiket pada Event Berdendang Bergoyang Festival 2022 [Universitas Nasional]. https://doi.org/https://doi.org/10.31604/jips.v11i9.2024.3452-3458

Muttaqien, Z., Sudarmiatin, & Munawaroh, N. A. (2024). How is the Development of Integrated Marketing Communication (IMC) Research on MSMEs in Indonesia from 2017 to 2023: A Bibliometric Analysis Approach. Formosa Journal of Science and Technology (FJST), 3(4), 825–846. https://doi.org/https://doi.org/10.55927/fjst.v3i4.9172

Pradana, A. S., Dharta, F. Y., & Kusumaningrum, R. (2023). Pengaruh Sales Promotion pada Konten Instagram @Cyexpo terhadap Keputusan Pembelian Tiket Konser Musik Communication Youth Expo 2022. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(3), 6520–6531. https://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/2885

Pratama, D. E., & Apriani, R. (2023). Analisis Perlindungan Hukum Konsumen bagi Penonton Bola dalam Tragedi di Stadion Kanjuruhan. Supremasi Hukum, 19(01), 1–15. https://doi.org/10.33592/jsh.v19i1.2921

Pratama, D. E., Pratama, B. W., Oxygentri, O., & Ema, E. (2025). Analisis Motion Graphic untuk Pemasaran sebagai Fenomena Sosial Baru; Studi Kasus Event Eraspace 2023. Jurnal Intervensi Sosial dan Pembangunan (JISP), 6(1), 97–110. https://doi.org/10.30596/jisp.v6i1.21475

Prianti, D. O. (2020). Strategi Komunikasi Pemasaran Event Kickfest: Studi pada PT. Dyandra Promosindo Surabaya [UIN Sunan Ampel Surabaya]. http://digilib.uinsa.ac.id/43506/

S., G. N., Faridah, H., Masrifah, & Pratama, D. E. (2024). Tanggung Jawab Pidana terhadap Masyarakat yang Mengajak Orang Lain untuk Golput dalam Pemilu. Krtha Bhayangkara, 18(2), 328–342. https://doi.org/https://doi.org/10.31599/krtha.v18i2.755

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (2 ed.). Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.