Analisis Faktor Finansial dan Motivasi Intrinsik terhadap Keberlanjutan UMKM Makanan Skala Mikro

(1) Sifa Awalunisa Al Mugni Mail (Universitas Terbuka, Indonesia)
(2) Kasmin Kasmin Mail (Universitas Bina Sarana Informatika, Indonesia)
(3) Samudra Syarif Wahyu Hidayatullah Mail (Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya, Indonesia)
(4) Alamsyah Siregar Mail (Universitas Muhammadiyah Brebes, Indonesia)
(5) * Din Eri Pratama Mail (Universitas Singaperbangsa Karawang, Indonesia)
*corresponding author

Abstract


Keberlanjutan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) seringkali dihadapkan pada tantangan fundamental terkait permodalan dan dorongan personal pelaku usaha. Masalah utama yang sering diperdebatkan adalah faktor mana yang lebih dominan dalam menentukan keberhasilan awal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh modal usaha sebagai faktor finansial dan motivasi kerja sebagai faktor intrinsik terhadap keberlanjutan UMKM bidang makanan di Kabupaten Bekasi. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan sampel jenuh sebanyak 117 responden, dan data dianalisis melalui regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial, motivasi kerja memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keberlanjutan usaha (p<0.05), sedangkan modal usaha tidak berpengaruh signifikan (p>0.05). Meskipun demikian, secara simultan kedua faktor tersebut berpengaruh signifikan terhadap keberlanjutan usaha. Kesimpulan dari temuan ini adalah pada tahap awal dan skala mikro, kekuatan motivasi internal pelaku usaha menjadi prediktor keberlanjutan yang lebih kuat dibandingkan besaran modal awal. Temuan ini memberikan perspektif penting bagi program pendampingan UMKM agar tidak hanya berfokus pada bantuan finansial, tetapi juga pada penguatan mentalitas wirausaha.

Keywords


Keberlanjutan Usaha; Modal Usaha; Motivasi Kerja; UMKM.

   

DOI

https://doi.org/10.31604/jim.v9i4.2025.2316-2320
      

Article metrics

10.31604/jim.v9i4.2025.2316-2320 Abstract views : 0 | PDF views : 0

   

Cite

   

Full Text

Download

References


Duckworth, A. (2016). Grit: The Power of Passion and Perseverance. Scribner.

Hermawan, K. Y. A., & Purnamawati, I. G. A. (2024). Literasi Keuangan sebagai Moderasi Pengaruh Akses Permodalan dan Payment Gateway terhadap Kinerja UMKM di Kabupaten Buleleng. Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Humanika, 14(3), 414–426. https://doi.org/10.23887/jiah.v14i3.79746

Kamal, S. N., Rachmina, D., & Feryanto. (2024). The Impact Of Working Capital Management On Profitability In Micro And Small Processed Food Enterprises In Indonesia. Jurnal AGRISEP: Kajian Masalah Sosial Ekonomi Pertanian dan Agribisnis, 685–704. https://doi.org/10.31186/jagrisep.23.02.685-704

Nur Aini, L., Santoso, F., & Nury Khirdany, E. (2023). Pengembangan UMMK Kuliner di Era Digital: Peran Inovasi dan Jaringan Bisnis di Kota Sampang. CURRENCY: Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 2(1), 179–189. https://doi.org/10.32806/ccy.v2i1.236

Pratama, D. E., Pratama, B. W., Oxygentri, O., & Ema, E. (2025). Analisis Motion Graphic untuk Pemasaran sebagai Fenomena Sosial Baru; Studi Kasus Event Eraspace 2023. Jurnal Intervensi Sosial dan Pembangunan (JISP), 6(1), 97–110. https://doi.org/10.30596/jisp.v6i1.21475

Robbins, S. P., & Judge, T. A. (2016). Perilaku Organisasi (16 ed.). Salemba Empat.

Shi, B., & Wang, T. (2021). Analysis of Entrepreneurial Motivation on Entrepreneurial Psychology in the Context of Transition Economy. Frontiers in Psychology, 12, 1–11. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2021.680296

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (2 ed.). Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.