Implementasi Nilai-Nilai Multikultural Dalam Mendorong Interaksi Inklusif

(1) * Dolorestin Monika Bhala Mail (Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, Indonesia)
(2) Romadhon Romadhon Mail (Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, Indonesia)
(3) Engelbertus Kukuh Wajiadmoko Mail (Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, Indonesia)
*corresponding author

Abstract


Pendidikan multikultural merupakan pendekatan transformatif dalam dunia pendidikan yang berupaya membangun kesetaraan, mengatasi praktik diskriminatif, dan memperkuat penerimaan terhadap keberagaman. Dalam konteks perguruan tinggi, peran pendidikan multikultural sangat vital dalam menumbuhkan sikap saling menghargai dan membangun pemahaman lintas budaya di antara mahasiswa. Penelitian ini menyoroti bahwa meskipun nilai-nilai multikultural telah menjadi bagian dari kebijakan pendidikan, implementasinya di lingkungan kampus masih menghadapi berbagai tantangan. Salah satu hambatan utamanya adalah belum meratanya pemahaman mendalam mengenai kebutuhan dan latar budaya masing-masing kelompok mahasiswa. Ketimpangan dalam interaksi serta kecenderungan eksklusivitas yang masih terjadi mencerminkan perlunya upaya yang lebih konkret dari seluruh elemen kampus—baik dosen, mahasiswa, maupun pemangku kebijakan—untuk menciptakan ruang belajar yang inklusif dan adil. Melalui penguatan implementasi pendidikan multikultural dan strategi yang adaptif terhadap dinamika sosial kampus, diharapkan dapat terwujud interaksi yang lebih humanis, setara, dan harmonis di lingkungan perguruan tinggi

Keywords


Implementasi; Nilai Multikultural; Interaksi Inklusif

   

DOI

https://doi.org/10.31604/jim.v9i3.2025.1699-1704
      

Article metrics

10.31604/jim.v9i3.2025.1699-1704 Abstract views : 1 | PDF views : 0

   

Cite

   

Full Text

Download

References


Agustian, M. (2019). Pendidikan Multikultural. Penerbit Unika Atma Jaya Jakarta.

Afifah, N. P. N., Dewi, D. A., & Furnamasari, Y. F. (2021). Pendidikan Multikultural Dalam Upaya Membangun Karakter Anak Bangsa. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 7170-7175.

Amirin, T. M. (2012). Implementasi pendekatan pendidikan multikultural kontekstual berbasis kearifan lokal di Indonesia. Jurnal pembangunan pendidikan: Fondasi dan aplikasi, 1(1).

Ari, F. L., Nuswantari, N., & Mustikarini, I. D. (2023, August). Implementasi Pendidikan Multikultural Untuk Menyikapi Keberagaman Pada Mahasiswa semester VIII Prodi PPKN FKIP Universitas PGRI Madiun Tahun Akademi 2022-2023. In Prosiding Seminar Nasional Unars (Vol. 2, No. 1, pp. 274-281).

Arsyillah, B. T., & Muhid, A. (2020). Pendidikan multikultural dalam membentuk karakter pemuda di perguruan tinggi. Al-Fikr: Jurnal Pendidikan Islam, 6(1), 17-26.

Appadurai, A. (2006) "Fear of Small Numbers: An Essay on the Geography of Anger," Duke University Press.

Banks, J. A., "Multicultural Education: Issues and Perspectives," Wiley, 2019.)

Cortas, C. E. (2015), "Multicultural America: A Social and Political History," Oxford University Press.

Effendi, Y.R. and Sahertian, P. (2023) Principals academic supervision based on humanistic spiritual values to increase student achievement motivation, Int. J. Innovation and Learning, Vol. 34, No. 1, pp.5980.

Eryanto, E. (2017). Interaksi Sosial Mahasiswa Antar Anggota Himpunan Mahasiswa Islam Komisariat FKIP Untan Cabang Pontianak. Jurnal Pendidikan Sosiologi Dan Humaniora, 8(1).

Fuad, J. (2011). Perguruan Tinggi Dan Pendidikan Multikultural. Tribakti: Jurnal Pemikiran Keislaman, 22(2).

Hanum, F. (2006). Pentingnya implementasi pendidikan multikultural di sekolah. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 1(3).

Intitsal, A. F., Muadin, A., & Zamroni, Z. (2024). Pendidikan Multikultural dalam Pengorganisasian Institusi Pendidikan. El-Idare: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 10(1), 39-48.

Kasedu, V. U. G., & Kudubun, E. E. (2023). Interaksi Sosisal Mahasiswa (Studi Tentang Interaksi Mahasiswa Berbasis Perbedaan Etnis di Asrama Mahasiswa UKSW Salatiga). JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(12), 10762-10770.

Maemunah, Y., & Darmiyanti, A. (2023). Implementasi Pendidikan Multikultural Melalui Rasa Toleransi Beragama Di Sekolah Dasar Negeri 1 Cikampek Selatan Jakarta. Al-Ulum Jurnal Pemikiran dan Penelitian ke Islaman, 10(2), 199-207.

Mania, S. (2010). Implementasi Pendidikan Multikultural dalam Pembelajaran. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 13(1), 78-91.

Muzakki, M., & Santoso, B. (2023). Impementasi Nilai Toleransi Bagi Mahasiswa UNIMUDA Sorong. PAIDA: Jurnal Pendidikan Agama Islam UNIMUDA, 2(1), 183-191.

Mahfud. (2010), "Pendidikan Multikultural dalam Kurikulum," LMSSPADA Kemendikbud.

Maarif, S. (2018), "Pendidikan Multikultural: Perspektif Teori dan Praktik," Jurnal Pendidikan Islam.

Ningsih, I. W., Mayasari, A., & Ruswandi, U. (2022). Konsep pendidikan multikultural di Indonesia. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 1083-1091.

Nursanjaya, N. (2020). Aplikasi Teori Humanistik Dalam Interaksi Dosen-Amahasiswa Di Perguruan Tinggi. Negotium: Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 3(1), 23-38.

Purnama, S. (2021). Implementasi Pendidikan Multikultural melalui Mata Pelajaran PPKn untuk Mendukung Sikap Toleransi Siswa dalam Masyarakat Multikultur. Jurnal Basicedu, 5(6), 5753-5760.

Purnamasari, I. (2017). Keragaman di ruang kelas: Telaah kritis wujud dan tantangan pendidikan multikultural. Harmony: Jurnal Pembelajaran IPS dan PKN, 2(2), 130-138.

Permana, S. A. (2023). Sikap Toleransi Mahasiswa Dalam Kehidupan Kampus Multi Kultural. An-Nadwah, 29(1), 10-15.

Saleh, S. R., & Doni, C. P. (2018). Penanaman dan implementasi nilai pendidikan multikultural (studi kasus di Universitas Muhammadiyah Gorontalo). Education Journal: Journal Educational Research and Development, 2(1), 41-58.

Salsabila, S. S., Rohmadani, A. I., Mahmudah, S. R., Fauziyah, N., & Sholihatien, R. A. N. (2022). Tantangan Pendidikan Multikultural di Indonesia di Zaman Serba Digital. Anwarul, 2(1), 99-110.

Trisanta, A. B. (2017). Implementasi Pendidikan Humanis di SMA Negeri 6 Yogyakarta. Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan, 6(3), 215-226.

Toriyono, M. D., Sibilana, A. R., & Setyawan, B. W. (2022). Urgensi Pendidikan Multikultural Dalam Pengembangan Karakter Di Era Society 5.0 Pada Perguruan Tinggi. Intelektual: Jurnal Pendidikan dan Studi Keislaman, 12(2), 127-140.

Tuerah, P. R., Silaban, D. L., & Mesra, R. (2024). Pola Interaksi dan Pola Hidup Mahasiswa Kos-Kosan di Tataaran Patar. Etic (Education And Social Science Journal), 1(3), 135-138.

Wales, R. (2022). Pendidikan Multikultural di Indonesia. Nusantara: Jurnal Pendidikan, Seni, Sains Dan Sosial Humaniora, 1(01).

Wulandari, T. (2020). Konsep dan Praksis Pendidikan Multikultural. UNY Press.

Widyawati, N. (2023), "Interaksi Sosial dan Pemahaman Multikultural di Perguruan Tinggi," Jurnal Cendekiawan.

Zulkifli Sidiq. (2019), "Pendidikan Inklusif sebagai Strategi Menuju Pendidikan untuk Semua," UPI Repository.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.