
(2) Romadhon Romadhon

(3) Emanuel Budi Ege

*corresponding author
AbstractPemilihan Umum Raya (Pemira) Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) di Universitas PGRI Kanjuruhan Malang (Unikama) merupakan cerminan nyata praktik demokrasi di lingkungan kampus, namun rendahnya tingkat partisipasi mahasiswa menjadi tantangan yang terus berulang. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dinamika partisipasi mahasiswa dalam Pemira BEM Unikama serta mengeksplorasi faktor-faktor yang memengaruhi sikap apatis mahasiswa, seperti kurangnya pemahaman tentang pentingnya pemilu, minimnya sosialisasi dari pihak penyelenggara, dan lemahnya pendidikan politik di lingkungan perguruan tinggi. Melalui studi pustaka dan data wawancara dari berbagai periode Pemira BEM Unikama (2019–2024), ditemukan bahwa meskipun ada dinamika politik kampus yang cukup hidup pada masa-masa tertentu, partisipasi mahasiswa cenderung fluktuatif dan bahkan menurun drastis pada tahun-tahun tertentu, yang ditandai dengan pelaksanaan pemilu secara aklamasi serta ketidaktahuan mahasiswa terhadap calon terpilih. Pendidikan politik dinilai sebagai elemen strategis untuk meningkatkan kesadaran mahasiswa terhadap hak dan kewajibannya sebagai warga negara kampus yang demokratis, serta untuk membentuk karakter kepemimpinan dan tanggung jawab sosial. Penelitian ini menegaskan pentingnya peran perguruan tinggi dalam memperkuat budaya demokrasi melalui pendidikan politik yang terstruktur dan strategi pelaksanaan Pemira yang lebih inklusif, agar mahasiswa dapat berperan aktif dalam proses pengambilan keputusan dan pembangunan demokrasi, baik di lingkungan kampus maupun dalam kehidupan berbangsa secara luas
KeywordsMahasiswa; Pemilu Badan Eksekutif Mahasiswa; Partisipasi
|
DOIhttps://doi.org/10.31604/jim.v9i3.2025.1705-1714 |
Article metrics10.31604/jim.v9i3.2025.1705-1714 Abstract views : 0 | PDF views : 0 |
Cite |
Full Text![]() |
References
Amalia, N. (2024). Tridharma Perguruan Tinggi untuk Membangun Akademik dan Masyarakat Berpradaban. Karimah Tauhid, 3(4), 4654–4663. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i4.12886
Amir, A., Iskandar, A. M., & Salemuddin, M. R. (2023). MENUMBUHKAN KESADARAN MASYARAKAT DALAM BERDEMOKRASI. Prosiding Konferensi Nasional Sosiologi (PKNS), 1(1), 209-216.
Anatasya, E. P., Sayekti, A., & Author, C. (2022). Kemahasiswaan Fem Ipb ( the Effect of Time Management Toward Student Activists Academic Achievement At Student Organization Fem Ipb. 19(02), 155–164.
Arini Hidayanti, & Siti Nurhidayah. (2021). Pengaruh Political Trust Terhadap Partisipasi Dalam Gerakan Mahasiswa Dengan Political Efficacy Sebagai Mediator. Empowerment Jurnal Mahasiswa Psikologi Universitas Buana Perjuangan Karawang, 1(1), 13–32. https://doi.org/10.36805/empowerment.v1i1.92
Dewi, N., & Darmaastawan, K. (2024). Sosialisasi Pelaksanaan Pemilihan Umum Terhadap Partisipasi Pemilih Pemula Tahun 2024. Community …, 5(2), 2796–2800. http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/cdj/article/view/26463%0Ahttp://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/cdj/article/download/26463/18378
Fauziyah, N. (2024). Peran Pendidikan Politik di Perguruan Tinggi Bagi Mahasiswa Dalam Meningkatkan Partisipasi Politik. De Cive?: Jurnal Penelitian Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 4(10), 343–352. https://doi.org/10.56393/decive.v4i10.2489
Firmansyah, S. (2020). Analisis Partisipasi Politik Mahasiswa Pada Pemilihan Umum Presiden Dan Wakil Presiden Bem Rema Ikip Pgri Pontianak. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 4(2), 192. https://doi.org/10.31571/pkn.v4i2.2122
Hasna, N. N. (2024). Persfektif Mahasiswa Terkait Efektivitas Komunikasi Politik Melalui Media Sosial. De Cive?: Jurnal Penelitian Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, 4(10), 353–360. https://doi.org/10.56393/decive.v4i10.2490
Hastarini, R. A., Risma, P., Dwi, E., Prastiwi, Y., Nurul, A., Rahmat, P., & Abghia, N. (2025). Branding Islam dalam Kampanye Politik 2024?: Dampaknya terhadap Preferensi Memilih Mahasiswa UIN Sunan Gunung Djati dan Universitas Pendidikan Indonesia. 4, 1–12.
Inayah Putri, R. F., Luh Putu Risma Noviana, & I Putu Yoga Bawantara. (2023). Penerapan Prinsip Tata Kelola Teknologi Informasi Pada Himpunan Mahasiswa Teknologi Informasi Uin Ar Raniry Banda Aceh. Jurnal Manajemen dan Teknologi Informasi, 13(2), 95–103. https://doi.org/10.59819/jmti.v13i2.2998
Irma, & Fajriyah, N. (2021). Rendahnya Partisipasi Politik Pemula pada Pemilihan Umum. Jurnal Mahasiswa Karakter Bangsa, 1(1), 111.
Iskandar, I., Nasroen, J., Masruri, M., Feber, W., Syaini, S., Mulyadi, B. (2024). SOSIALISASI PENDIDIKAN POLITIK DALAM RANGKA MENINGKATKAN PARTISIPASI DAN PERAN AKTIF MASYARAKAT GUNA MEWUJUDKAN PILKADA SERENTAK 2024 DI KECAMATAN SEKATAK KABUPATEN BULUNGAN. E-Amal: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 709-726.
Making, E. K., Tuffahati, F., & Baihaqqi, R. F. (2023). Studi Kasus Mengenai Strategi Belajar Pada Mahasiswa Yang Aktif Dalam Organisasi BEM FIS UNJ. Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia, 1(3), 47-56.
Mubarok, M. R., Rachmadi, A., Wijoyo, S. H., & Korespondensi, P. (2022). Analisis Pengaruh Faktor Teknologi, Organisasi, Dan Manusia Terhadap Kesuksesan Penerapan E-Voting System (Studi Kasus Pemilihan Mahasiswa Raya Universitas Brawijaya) Analysis of the Impact of Technology, Organizational, and Human Factors on the Success o. Jurnal Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 9(5), 1–12. https://doi.org/10.25126/jtiik.202294610
Nur Alifia, S., & Sundawa, D. (2023). Digitalisasi Pemilu Melalui Sistem E-Voting Guna Meningkatkan Civic Participatory Skill Mahasiswa. 8(1), 58–68. http://ejournal.umm.ac.id/index.php/jurnalcivichukum
Prayugo, A., & Prayitno, R. B. P. (2022). Pendidikan Politik Sebagai Proses Belajar Membentuk Kesadaran Politik dan Peran Kewarganegaraan. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(3), 427–442. https://doi.org/10.62775/edukasia.v3i3.138
Rahayu, W. A. (2020). Pemilihan Umum Raya Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Ponorogo Tahun 2019.
Rahmawati, A. (2022). Peranan Organisasi Kemahasiswaan sebagai Sarana Pendidikan Politik Mahasiswa dalam Meningkatkan Partisipasi Politik. De Cive?: Jurnal Penelitian Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, 2(6), 244–250. https://doi.org/10.56393/decive.v2i6.1671
Retada, m. G. (2024). Kewenangan bawaslu dalam mengawasi verifikasi calon anggota legislatif pada pemilu legislatif di Indonesia (doctoral dissertation, hukum pemerintahan).
Riyanti, R., Hukum, F., Pahlawan, U., Tambusai, T., Luthfi, A., Pahlawan, U., Tambusai, T., Rohana, D., Hukum, F., & Krisnadwipayana, U. (2023). Peran Generasi Muda dalam Pendidikan Politik untuk Meningkatkan Partisipasi Politik. Themis: Jurnal Ilmu Hukum, 1(1), 26–31.
Studi, P., Fakultas, P., Pendidikan, I., & Tanjungpura, U. (2020). Volume 4, Nomor 1, Juni 2020 Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan. 4, 47–58.
Studi, P., Politik, I., Ilmu, F., Dan, S., Pemeritahan, I., Ar-raniry, U. I. N., & Aceh, B. (2024). PENDIDIKAN POLITIK MAHASISWA MELALUI ORGANISASI KEMAHASISWAAN (Studi Kasus: Mahasiswa Ilmu Politik Fisip UIN Ar- Raniry Angkatan 2019).
Syakhila, H. D. S., Venesia Putri Oktavianingrum, & Rara An’nisaa. (2023). Demokrasi Yang Berkualitas: Peran Mahasiswa Dan Generasi Milenial Dalam Pengawasan Pemilu 2024. YUSTISIA MERDEKA?: Jurnal Ilmiah Hukum, 9(2), 55–61. https://doi.org/10.33319/yume.v9i2.240
Syauqii, Z. A., Kafi, E. S., Mardiyyah, I., Rahmadzikra, S. A., & Supriyono, S. (2024). Membangun Mahasiswa yang Memiliki Jiwa Demokratis dan Berpikir Kritis. IJEDR: Indonesian Journal of Education and Development Research, 2(1), 219–224. https://doi.org/10.57235/ijedr.v2i1.1725
Wibowo, K. A., Rahmawan, D., & Syafaat, A. H. (2020). Efikasi politik dan jenjang partisipasi politik pemilih pemula. Jurnal Kajian Komunikasi, 8(2), 152. https://doi.org/10.24198/jkk.v8i2.26433
Yoriza, R., & Putra, E. . (2021). Partisipasi Politik dan Perilaku Memilih (Studi Kasus: Rendahnyapartisipasi Politik Mahasiswa UNP dalam PEMILU BEM UNP pada Tahun 2019). Jurnal Perspektif: Jurnal Kajian Sosiologi Dan Pendidikan, 4(1), 135–145.
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.