(2) Lailul Mursyidah
*corresponding author
AbstractPenelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi Kebijakan Kurikulum Merdeka di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Sidoarjo dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan metode deskriptif. MAN Sidoarjo dipilih sebagai lokasi penelitian karena belum terdapat studi sebelumnya yang membahas topik serupa. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling, dengan memilih informan yang memiliki keterkaitan langsung dengan implementasi Kurikulum Merdeka. Penelitian ini berfokus pada empat indikator implementasi kebijakan berdasarkan model George C. Edwards III, yaitu komunikasi, sumber daya, disposisi, dan struktur birokrasi. Data yang digunakan meliputi data primer yang diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, serta data sekunder yang mendukung analisis. Hasil penelitian ini menunjukkan kurangnya koordinasi antar pihak terkait, minimnya pelatihan menyebabkan tidak meratanya penyampaian juknis dan SOP, kurangnya pusat informasi terpusat, Selain itu, rendahnya partisipasi guru dalam pelatihan, yang disebabkan oleh kurangnya sosialisasi, jadwal yang tidak terorganisasi, dan keterbatasan sumber daya semakin memperparah masalah, sehingga pemahaman terhadap Kurikulum Merdeka menjadi tidak merata
KeywordsImplementasi, Kebijakan, Kurikulum Merdeka
|
DOIhttps://doi.org/10.31604/jim.v9i1.2025.389-405 |
Article metrics10.31604/jim.v9i1.2025.389-405 Abstract views : 3 | PDF views : 0 |
Cite |
Full Text Download
|
References
Ariga, S. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Pasca Pandemi Covid-19. Edu Society: Jurnal Pendidikan, Ilmu Sosial Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 662–670. https://doi.org/10.56832/edu.v2i2.225
Azzahra, I., Aan Nurhasanah, & Eli Hermawati. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran IPAS di SDN 4 Purwawinangun. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2), 6230–6238. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i2.1270
Daga, A. T. (2021). Makna Merdeka Belajar dan Penguatan Peran Guru di Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(3), 1075–1090. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1279
Fitriyah, C. Z., & Wardani, R. P. (2022). Paradigm of Independent Curriculum for Elementary Teacher School. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 12, 236–243.
Heppy, S. & B. (2022). Kurikulum Merdeka Belajar: Penjelasan, Konsep, Keunggulannya yang Perlu Diketahui. INews.Id. https://www.inews.id/news/nasional/kurikulum-merdeka-belajar-penjelasan-konsep-keunggulannya-yang-perlu-diketahui
Kumara, A. R. (2018). Metodologi penelitian kualitatif. In Metodologi Penelitian Kualitatif. Universitas Ahmad Dahlan.
Mardiana, M., & Emmiyati, E. (2024). Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Pembelajaran: Evaluasi dan Pembaruan. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 10(2), 121–127. https://doi.org/10.26740/jrpd.v10n2.p121-127
Rahayu, R., Iskandar, S., & Abidin, Y. (2022). Inovasi Pembelajaran Abad 21 dan Penerapannya di Indonesia. Jurnal Basicedu, 6(2), 2099–2104. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2082
Redana, D. N., & Suprapta, I. N. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Di Sma Negeri 4 Singaraja. Locus, 15(1), 77–87. https://doi.org/10.37637/locus.v15i1.1239
RitaFiantika, F., Wasil, M., & Jumiyanti, S. (2022). Metodologi Penelitian Kualitatif. In Y. Novita (Ed.), PT Global Eksekutif Teknologi. https://scholar.google.com/citations?user=O-B3eJYAAAAJ&hl=en
Sa’diyah, I. S., Oktavia, R., Bisyara, R. S., & Badrudin. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Jenjang SMA. Khazanah Multidisiplin, IV(2), 348–362. https://journal.uinsgd.ac.id/index.php/kl
Shiddiq, M. I. (2024). Kinerja Guru dalam Implementasi Kurikulum Merdeka di MTs Darussalam International Boarding School Samarinda. 4(1), 51–64.
Sitorus, F. R., & Ratnawati, F. (2024). Tantangan dalam Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Jurnal Belaindika :Pembelajaran Dan Inovasi Pendidikan, 6(1), 16–23. https://belaindika.nusaputra.ac.id/indexbelaindika@nusaputra.ac.id
Subianto, A. (2020). Kebijakan Publik Tinjauan Perencanaan< Implementasi dan Evaluasi. In Brilliant an imprint of MIC Publishing COPYRIGHT.
Yaelasari, M., & Yuni Astuti, V. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Cara Belajar Siswa Untuk Semua Mata Pelajaran (Studi Kasus Pembelajaran Tatap Muka di SMK INFOKOM Bogor). Jurnal Pendidikan Indonesia, 3(07), 584–591. https://doi.org/10.59141/japendi.v3i07.1041
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.










Download