(2) Retno Ayu Cahyoningtyas
*corresponding author
AbstractArtikel ini akan membahas terkait ketersediaan SIBI dalam peningkatan kualitas pelayanan publik di Kabupaten Pacitan. Metode Penelitian yang digunakan dalam artikel ini kuantitatif dan kualitatif dengan menggunakan analisis Importance Perfomance Analysis (IPA). Hasil dari penelitian ini adalah harapan masyarakat tinggi namun dalam pelaksanaannya masih rendah. Kaum Tuli berharap sebagai pelayan publik mampu memberikan informasi dengan jelas dan melalui juru Bahasa isyarat. Diperlukan kemampuan yang mumpuni terkait menjadi seorang juru Bahasa isyarat tidak bisa hanya sekedar juru Bahasa isyarat. Ujian bagi juru Bahasa isyarat juga memerlukan tenaga, biaya dan pola berfikir yang kuat. Dengan demikian jumlah juru Bahasa isyarat di Kabupaten Pacitan sedikit jumlahnya. Tuntutan masyarakat yang memberikan informasi khususnya bagi Kaum Tuli akan semakin kompleks. Rekomendasi peneliti adalah melakukan pelatihan juru Bahasa isyarat bagi publik sehingga benih-benih juru Bahasa isyarat banyak, fasilitas pendukung seperti gambar-gambar bagi Orang Tuli di tempat pelayanan publik diperbanyak serta penggiatan implementasi Undang-Undang No. 25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik
KeywordsPelayanan Publik, Inklusif, SIBI
|
DOIhttps://doi.org/10.31604/jim.v9i1.2025.259-266 |
Article metrics10.31604/jim.v9i1.2025.259-266 Abstract views : 0 | PDF views : 0 |
Cite |
Full Text Download
|
References
Akhyar, A. (2023). Kualitas Pelayanan Publik: Suatu Tinjauan Mengenai Kepuasan Masyarakat. Jurnal Penkomi: Kajian Pendidikan Dan Ekonomi, 6(2), 103-113.
Antoni, D., Herdiansyah, M. I., Akbar, M., & Sumitro, A. (2021). Pengembangan Infrastruktur Jaringan untuk Meningkatkan Pelayanan Publik di Kota Palembang.Jurnal Media Informatika Budidarma,5(4), 1652-1659.
Enggarani, Nuria Siwi. (2016). Kualitas Pelayanan Publik Dalam Perizinan Di Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Kantor Badan Penanaman Modal Dan Pelayanan Perizinan Terpadu (BPMP2T) Kabupaten Boyolali. 1(1), 16-29
Mukarom, Z., & Laksana, M. W. (2015). Manajemen pelayanan publik.
Mulyadi, M Budi (2018). Pelayanan Perizinan Terpadu Dalam Meningkatkan Investasi Dan Pertumbuhan UMKM. 4(1), 112-127
Mulyapradana, A. (2017). Upaya Peningkatan Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Pada Kantor Kecamatan Pekalongan Timur. Widya Cipta -Jurnal Sekretari Dan Manajemen.
Naufal, M. F., & Kusuma, S. F. (2023). Analisis Perbandingan Algoritma Machine Learning dan Deep Learning untuk Klasifikasi Citra Sistem Isyarat Bahasa Indonesia (SIBI). Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer (JTIIK), 10(4), 873-882.
Nurdin, Ismail. (2019). Kualitas Pelayanan Publik. Surabaya: Media Sahabat Cendekia.
Puspitasari, Ni Luh Putu & Bendesa, I Komang Gede. (2016). Analisis Kualitas Pelayanan Publik Di Badan Pelayanan Perijinan Terpadu Kabupaten Badung. 5(1), 89-114
Putra, Andi & Sahuri, Chalid. (2017). Kualitas Pelayanan Perizinan Terpadu. 4(2), 175-178
Rahmadana, M. F., Mawati, A. T., Siagian, N., Perangin-Angin, M. A., Refelino, J., Tojiri, M., ... & Bahri, S. (2020). Pelayanan Publik.
Rahmadana, M. F., Mawati, A. T., Siagian, N., Perangin-angin, M. A., Refelino, J., Tojiri, M. Y., ... & Bahri, S. (2020).Pelayanan Publik. Yayasan Kita Menulis.
Rukayat, Yayat. (2017). Kualitas Pelayanan Publik Bidang Administrasi Kependudukan Di Kecamatan Pasirjambu. 2, 56-65
Sepriano, S., Hikmat, A., Munizu, M., Nooraini, A., Sundari, S., Afiyah, S., ... & Indarti, C. F. S. (2023). Transformasi Administrasi Publik Menghadapi Era Digital. Jambi: Sonpedia Publishing Indonesia.
Silalahi dkk. (2019). Kualitas Pelayanan Publik Dalam Pemberian Izin Mendirikan Bangunan di Badan Pelayanan Perizinan Terpadu. 8(1), 6-14
Sindarto, S. S., Ratnawati, D. E., & Arwani, I. (2022). Klasifikasi Citra Sistem Isyarat Bahasa Indonesia (SIBI) dengan Metode Convolutional Neural Network pada Perangkat Lunak berbasis Android. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 6(5), 2129-2138.
Suparman, Nanang. (2017). Kualitas Pelayanan Izin Mendirikan Bangunan (IMB) Pada Badan Pelayanan Perizinan Terpadu Dan Penanaman Modal (BPPTPM) Kabupaten Cianjur Provinsi Jawa Barat. 13(1), 41-56
Utami, P. (2023). Transformasi Administrasi Publik: Inovasi Dan Adaptasi Menuju Efisiensi Dan Pelayanan Publik Berkualitas. Papatung: Jurnal Ilmu Administrasi Publik, Pemerintahan dan Politik, 6(2), 1-9.
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.










Download