Strategi Komunikasi Interpersonal Guru Dengan Siswa Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Di SMP Negeri 3 Medan

(1) * Alivia Az-Zahra Dody Firman Mail (Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, Indonesia)
(2) Sigit Hardiyanto Mail (Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, Indonesia)
*corresponding author

Abstract


Komunikasi interpersonal mengacu pada percakapan langsung antara dua orang atau lebih yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari, baik di dalam maupun di luar kelas. Ketika seseorang berbicara kepada orang lain secara tatap muka dan memberikan kesempatan kepada orang tersebut untuk memberikan tanggapan baik secara verbal maupun non-verbal, maka komunikasi tersebut disebut dengan komunikasi interpersonal. Berdasarkan observasi peneliti, masalah yang dialami oleh siswa di SMP Negeri 3 Medan dalam pembelajaran, kurangnya siswa mencari referensi di buku. Siswa lebih dominan mencari referensi melalui internet dan tugas yang diberikan oleh guru cenderung dilakukan oleh siswa dengan cara copy paste tugas dari internet. Berdasarkan permasalahan yang diteliti, maka artikel ini memberikan gambaran tentang strategi komunikasi interpersonal yang dilakukan oleh guru di SMP Negeri 3 dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. Metode yang digunakan penulis adalah deskriptif kualitatif untuk memberikan gambaran yang konkrit komunikasi interpersonal yang dilakukan guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran melalui wawancara kepada guru di SMP Negeri 3 Medan dengan bidang studi yang berbeda-beda, observasi, dan dokumentasi yang dilakukan penulis di lokasi penelitian. Teknik analisis data yang dilakukan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan bahwa komunikasi yang dilakukan oleh guru di SMP Negeri 3 Medan menggunakan teknik komunikasi interpersonal dengan menerapkan kedisiplinan dan komunikasi secara terbuka

Keywords


Strategi Komunikasi, Komunikasi Interpersonal, Kualitas Pembelajaran

   

DOI

https://doi.org/10.31604/jim.v9i1.2025.138-143
      

Article metrics

10.31604/jim.v9i1.2025.138-143 Abstract views : 0 | PDF views : 0

   

Cite

   

Full Text

Download

References


Anggraini, C., Ritonga, D. H., Kristina, L., & Syam, M. (2022). Komunikasi Interpersonal. 1(3), 337–342.

Dwiputri, F. A., Kurniawati, F. N. A., & Febriyanti, N. (2022). Pengelolaan Sarana dan Prasarana di Sekolah Dasar dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Daring di Masa Pandemi. Aulad: Journal on Early Childhood, 4(3), 198–205. https://doi.org/10.31004/aulad.v4i3.178

EL Fatich, H. (2023). Strategi Komunikasi Pasangan Tuli dan Dengar dalam Menjalin Hubungan Romantis. Tuturlogi, 3(1), 24. https://doi.org/10.21776/ub.tuturlogi.2022.003.01.3

Hardiyanto, S. (2017). Komunikasi Interpersonal Orang Tua Dalam Mengatasi Kenakalan Remaja Geng Motor Di Kota Medan. Jurnal Warta Dharmawangsa, 5(1), 1829–7463. http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/juwarta/article/view/234%0Ahttps://doi.org/10.46576/wdw.v0i51.234

Lubis, F. H., & Hardiyanto, S. (2024). Praktik Sosiologi Keluarga Dalam Membangun Pendidikan Karakter Anak Di Era Digital. Jurnal Intervensi Sosial Dan Pembangunan (JISP), 5, 10–19. https://doi.org/10.30596/jisp.v5i1.19120

Rahmawati, T. (2024). Analisis Strategi Komunikasi Organisasi Nonprofit dalam Sosialisasi Perubahan Visi dan Misi Organisasi. Jurnal Al Azhar Indonesia Seri Ilmu Sosial, 5(1), 54. https://doi.org/10.36722/jaiss.v5i1.2693

Tanggulungan, L., & Sihotang, H. (2023). Coaching Model Tirta dalam Supervisi Akademik: Strategi Inovatif untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran di Sekolah. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 31399–31407. http://repository.uki.ac.id/id/eprint/13643

Wijayani, Q., & Wijayani, Q. N. (2021). Efektivitas Komunikasi Interpersonal Anak Jalanan. Jurnal Komunikasi, 15(2), 181–194. https://journal.trunojoyo.ac.id/komunikasi/article/view/13200

Zainal, M. Z., & Md Noor, S. (2023). Strategi Komunikasi Pengajaran Berpasukan Secara Maya Dalam Pengajaran Dan Pembelajaran Bahasa: Analisis Video Youtube Terpilih. Malaysian Journal of Learning and Instruction, 20(1), 175–203. https://doi.org/10.32890/mjli2023.20.1.7


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.