
(2) Rohmiati Rohmiati

(3) Eliza Putri

(4) Muhammad Ikhwan Hakiki

*corresponding author
AbstractArtikel ini bertujuan untuk mengetahui apakah fitur live streaming, conveniece factor, trust factor menjadi hal yang berpengaruh dalam meningkatkan keputusan pembelian pada pengguna e-commerce di Bogor. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian survei, Dalam penelitian ini yang menjadi populasi penelitian adalah pengguna aplikasi Shopee di Bogor dan sampel dari penelitian adalah sebagian dari pengguna aplikasi Shopee di Bogor. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah Nonprobability sampling dengan cara purposive sampling, karena sasaran utama sampling pada penelitian ini adalah pengguna aplikasi Shopee yang berdomisili di Bogor, Penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda untuk mencari pengaruh dari live streaming (X1), convenience factor (X2), dan trust factor (X3) terhadap keputusan pembelian (Y). Adapun hasil penelitiannya, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh dari fitur live streaming aplikasi shopee terhadap keputusan pembelian pengguna Shopee di Bogor. Terdapat pengaruh dari convenience factor aplikasi Shopee terhadap keputusan pembelian pengguna Shopee di Bogor. Ada pengaruh dari trust factor aplikasi shopee terhadap keputusan pembelian pengguna Shopee di Bogor
KeywordsFitur Live Streaming; Convenience Factor; Trust Factor; Keputusan Pembelian; E-Commerce
|
DOIhttps://doi.org/10.31604/jim.v9i3.2025.1341-1347 |
Article metrics10.31604/jim.v9i3.2025.1341-1347 Abstract views : 12 | PDF views : 0 |
Cite |
Full Text![]() |
References
Al Hamli, S. S., & Sobaih, A. E. E. (2023). Factors Influencing Consumer Behavior Towards Online Shopping in Saudi Arabia Amid COVID-19: Implications for E-Businesses Post Pandemic. Journal of Risk and Financial Management, 16(1), 36.
Amin, D. E. R., & Fikriyah, K. (2023). Pengaruh Live Streaming Dan Online Customer Review Terhadap Keputusan Pembelian Produk Fashion Muslim (Studi Kasus Pelanggan TikTok Shop di Surabaya). JURNAL ILMIAH EDUNOMIKA, 7(1).
Djan, I., & Adawiyyah, S. R. (2020). The Effect of Convenience and Trust to Purchase Decision and Its Impact to Customer Satisfaction. International Journal of Business and Economics Research, 9(4), 269.
Feng, Y. (2022). Research on Live E-Commerce Based on Digital Marketing: Tiktok E-Commerce Live Streaming as an Example. Highlights in Business, Economics and Management, 2, 125–130.
Kurnia, I., & Martinelli, I. (2021). Permasalahan Dalam Transaksi E- Commerce. Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia, 4(2).
Kurniawati, L. (2019). Pemanfaatan Teknologi Video Streaming Di LPP TVRI Jawa Barat. Jurnal Komunikasi, 10.
Pranata, C. W., Sherlly, S., Vincent, V., & Fitriano, A. (2021). Pengaruh Kepercayaan Pelanggan, Kualitas Pelayanan dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Forum Ekonomi, 23(2), 331–339.
Rerung, R. R. (2018). E-Commerce, Menciptakan Daya Saing Melalui Teknologi Informasi. Deepublish.
Sugiyono, D. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D., Jakarta, Alfabeta.
Todorova, G. (2015). Marketing Communication Mix. Trakia Journal of Sciences, 13.
https://seller.shopee.co.id/edu/article/826 yang diakses pada 7 Mei 2023, pukul 14.19 WIB
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.