(2) Anisa Cahayani
(3) Deddy Setiadi
(4) M. Azmi Arif
(5) Muzahid Akbar Hayat
*corresponding author
AbstractPeran Influencer Menggiring Opini Politik di Media Massa dan Pemberitaan Pemberantasan Korupsi. Penelitian ini membahas peran influencer dalam menggiring opini politik terkait pemberantasan korupsi di Kalimantan Selatan. Dengan pendekatan kualitatif, penelitian ini mengeksplorasi pandangan influencer dapat ditemukan hasil bahwa influencer berperan tidak langsung dengan mendorong audiens berpikir kritis. Alint, sebagai contoh, berperan sebagai penghubung antara masyarakat dan pemerintah saat komunikasi pemerintah kurang jelas. Melalui integritas dan komunikasi tegas, Alint membangun kepercayaan tanpa memanipulasi opini. Berdasarkan teori pengaruh sosial-budaya dan agenda-setting, influencer dapat mendorong transparansi pemerintah dan memperkuat dialog publik. Penelitian ini menekankan pentingnya pendekatan konstruktif dalam komunikasi politik melalui peran influencer
|
DOIhttps://doi.org/10.31604/jim.v9i2.2025.1139-1147 |
Article metrics10.31604/jim.v9i2.2025.1139-1147 Abstract views : 0 | PDF views : 2 |
Cite |
Full Text Download
|
References
Alamsyah, R. (2021). Peran influencer dalam membentuk sikap politik generasi milenial dan Z di Indonesia.
Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP). (2024). Laporan kerugian negara akibat korupsi di Indonesia. Diakses dari https://www.bpk.go.id/news/bpk- serahkan-lhp-penghitungan-kerugian-negara-pada-lpei-dan-kemenpora-kepada-kejaksaan-agung.
Byrne, E., Kearney, J., & MacEvilly, C. (2017). The Role of Influencer Marketing and Social Influencers in Public Health. Proceedings of the Nutrition Society, pp. -.
Cialdini, R. B. (2001). Influence: Science and practice. Boston: Allyn & Bacon.
Databoks. (2021). Masyarakat Indonesia Paling Banyak Akses Berita dari Media Daring. Diakses dari https://databoks.katadata.co.id/teknologi-telekomunikasi/statistik/81d9fcbe125c596/masyarakat-indonesia-paling-banyak- akses-berita-dari-media-daring.
McCombs, M. E., & Shaw, D. L. (1972). The agenda-setting function of mass media. Public Opinion Quarterly, 36(2), 176-187.
Noelle-Neumann, E. (1974). The spiral of silence: A theory of public opinion. Journal of Communication, 24(2), 43-51.
We Are Social & Hootsuite. (2024). Digital 2024: Indonesia overview. Diakses dari https://datareportal.com/reports/digital-2024-indonesia
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.










Download