Peran Influencer Menggiring Opini Politik Di Media Massa Dan Pemberitaan Pemberantasan Korupsi

(1) * Ahsanurrahman Ahsanurrahman Mail (Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari, Indonesia)
(2) Anisa Cahayani Mail (Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari, Indonesia)
(3) Deddy Setiadi Mail (Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari, Indonesia)
(4) M. Azmi Arif Mail (Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari, Indonesia)
(5) Muzahid Akbar Hayat Mail (Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari, Indonesia)
*corresponding author

Abstract


Peran Influencer Menggiring Opini Politik di Media Massa dan Pemberitaan Pemberantasan Korupsi. Penelitian ini membahas peran influencer dalam menggiring opini politik terkait pemberantasan korupsi di Kalimantan Selatan. Dengan pendekatan kualitatif, penelitian ini mengeksplorasi pandangan influencer dapat ditemukan hasil bahwa influencer berperan tidak langsung dengan mendorong audiens berpikir kritis. Alint, sebagai contoh, berperan sebagai penghubung antara masyarakat dan pemerintah saat komunikasi pemerintah kurang jelas. Melalui integritas dan komunikasi tegas, Alint membangun kepercayaan tanpa memanipulasi opini. Berdasarkan teori pengaruh sosial-budaya dan agenda-setting, influencer dapat mendorong transparansi pemerintah dan memperkuat dialog publik. Penelitian ini menekankan pentingnya pendekatan konstruktif dalam komunikasi politik melalui peran influencer

   

DOI

https://doi.org/10.31604/jim.v9i2.2025.1139-1147
      

Article metrics

10.31604/jim.v9i2.2025.1139-1147 Abstract views : 0 | PDF views : 2

   

Cite

   

Full Text

Download

References


Alamsyah, R. (2021). Peran influencer dalam membentuk sikap politik generasi milenial dan Z di Indonesia.

Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP). (2024). Laporan kerugian negara akibat korupsi di Indonesia. Diakses dari https://www.bpk.go.id/news/bpk- serahkan-lhp-penghitungan-kerugian-negara-pada-lpei-dan-kemenpora-kepada-kejaksaan-agung.

Byrne, E., Kearney, J., & MacEvilly, C. (2017). The Role of Influencer Marketing and Social Influencers in Public Health. Proceedings of the Nutrition Society, pp. -.

Cialdini, R. B. (2001). Influence: Science and practice. Boston: Allyn & Bacon.

Databoks. (2021). Masyarakat Indonesia Paling Banyak Akses Berita dari Media Daring. Diakses dari https://databoks.katadata.co.id/teknologi-telekomunikasi/statistik/81d9fcbe125c596/masyarakat-indonesia-paling-banyak- akses-berita-dari-media-daring.

McCombs, M. E., & Shaw, D. L. (1972). The agenda-setting function of mass media. Public Opinion Quarterly, 36(2), 176-187.

Noelle-Neumann, E. (1974). The spiral of silence: A theory of public opinion. Journal of Communication, 24(2), 43-51.

We Are Social & Hootsuite. (2024). Digital 2024: Indonesia overview. Diakses dari https://datareportal.com/reports/digital-2024-indonesia


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.