Efektivitas Pelayanan Publik di Desa Leran dengan Menggunakan Website “Desa SIAPâ€

(1) * Siti Chanifah Mail (Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur, Indonesia)
(2) Agus Widiyarta Mail (Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur, Indonesia)
*corresponding author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas penerapan website "Desa SIAP" dalam pelayanan publik di Desa Leran, Kecamatan Manyar, Kabupaten Gresik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, dokumentasi, dan observasi lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Efektivitas E-Governmentmelalui Website “Desa SIAP†dalam Pelayanan Publik di Desa Leran Kecamatan Manyar Kabupaten Gresik belum efektif. Penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan website "Desa SIAP" di Desa Leran menghadapi tantangan dalam mencapai tujuan yang ditetapkan, terutama terkait dengan pemahaman masyarakat, khususnya kelompok usia lanjut. Sebagian masyarakat masih bergantung pada bantuan aparat desa untuk mengakses layanan digital. Sosialisasi yang dilakukan juga belum efektif, dengan informasi yang tidak merata kepada seluruh lapisan masyarakat. Masyarakat yang tidak terlibat dalam musyawarah desa kurang mendapatkan pemahaman menyeluruh tentang manfaat dan fungsi website. Di sisi lain, adaptasi website oleh pegawai desa sudah berjalan efektif, dengan pengetahuan yang cukup dan kemampuan penyampaian informasi yang jelas. Infrastruktur yang mendukung operasional pelayanan publik juga sudah memadai. Penelitian ini menyarankan perlunya edukasi digital, pelatihan berbasis komunitas, dan pendekatan sosialisasi yang lebih inklusif untuk meningkatkan pemanfaatan website "Desa SIAP" oleh seluruh warga desa

   

DOI

https://doi.org/10.31604/jim.v9i2.2025.1053-1062
      

Article metrics

10.31604/jim.v9i2.2025.1053-1062 Abstract views : 13 | PDF views : 0

   

Cite

   

Full Text

Download

References


Fikri, R., Faisal Amrillah, M., Selwa, H., Rivai, A., & Riau, U. I. (2021). Efektivitas Penerapan Sistem Informasi Desa Berbasis Website Di Desa Pedekik Kecamatan Bengkalis Kabupaten Bengkalis Website-Based Village Information System Implementation in Pedekik Village, Bengkalis District, Bengkalis Regency. Journal of Information Technology and Computer Science (INTECOMS), 4(2), 282–290. http://pedekik.desa.id/first.

Hidayah, E. S., & Almadani, M. (2022). Analisis Tingkat Kematangan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) pada Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan. Jurnal Teknologi Dan Komunikasi Pemerintahan, 4(2), 49–67. https://doi.org/10.33701/jtkp.v4i2.2680

Lailiyah, K. (2022). Digitalisasi Desa Sebagai Upaya Percepatan Pelayanan Publik Dalam Mewujudkan Good Governance. RISTEK : Jurnal Riset, Inovasi Dan Teknologi Kabupaten Batang, 6(2), 26–34. https://doi.org/10.55686/ristek.v6i2.112

Mokoginta, R. H., Posumah, J. H., & Palar, N. (2021). Efektivitas Penggunaan Aplikasi Klinik Aspirasi dan Layanan Pengaduan (KINALANG) Pada Era New Normal di Kota Kotamobagu. Partisipasi Masyarakat Pada Pencegahan Dan Penaggulangan Virus Corona Di Kelurahan Teling Atas Kecamatan Wanea Kotamanado, VII(102), 43–52.

Novianti, R. D., & Agustina, I. F. (2024). Village Information System (SID) Effectiveness in Improving Village Administrative Services. Indonesian Journal of Public Policy Review, 25(1), 1–13. https://doi.org/10.21070/ijppr.v25i1.1367

Pramesti, A. A., & Mardhatillah, Y. (2023). Efektivitas Aplikasi Pejabat Pengelolaan Informasi dan Dokumentasi dalam Pelayanan Informasi Publik di Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Tanjung Jabung Barat Provinsi Jambi. Jurnal Teknologi Dan Komunikasi Pemerintahan, 5(1), 62–86. https://doi.org/10.33701/jtkp.v5i1.2851

Rahimallah, M. T. A., & Ricky, R. (2023). Keterbukaan Informasi Publik Di Indonesia (PerspektifAkuntabilitas, Transparansi Dan Partisipasi). Jurnal Ilmiah Wahana Bhakti Praja, 12(2), 62–75.

Sholihah, L., & Mulianingsih. (2023). Reformasi Birokrasi (Reposisi dan Penerapan E-Government). JMB Media Birokrasi, 5(1), 41–58.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. CV Alfabeta.

United Nations. (2022). UN E-Government Knowledgebase. https://publicadministration.un.org/egovkb/en-us/Data/Country-Information/id/78-Indonesia

Wahana, N., Afifuddin, & Rahmawati, S. D. (2023). Efektivitas Pengelolaan Kearsipan dibagian Pemerintahan Sekretariat Daerah Kota Batu. Jurnal Respon Publik, 11(7), 1–7. https://jim.unisma.ac.id/index.php/rpp/article/view/21960

Yayat, R. (2017). Kualitas Pelayanan Publik Bidang Administrasi Kependudukan Di Kecamatan Gamping. Jurnal Ilmiah Magister Ilmu Administrasi (JIMIA), 2, 56–65. http://eprints.uny.ac.id/17523/1/SKRIPSI FULL.pdf

Yuliansyah, A. R. S., & Utami, D. A. (2023). Implementasi Pelayanan Publik Berbasis E-Government Melalui Aplikasi SID (Sistem Informasi Desa) Di Desa Gading Watu Kecamatan Menganti Kabupaten Gresik. Jurnal Inovasi Administrasi Negara Terapan (Inovant), 1(4), 17–27.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.