 (Universitas Islam Sumatera Utara, Indonesia)
 (Universitas Islam Sumatera Utara, Indonesia)(2) Siti Nurhaliza
 (Universitas Islam Sumatera Utara, Indonesia)
 (Universitas Islam Sumatera Utara, Indonesia)(3) Fadhil Pahlevi Hidayat
 (Universitas Islam Sumatera Utara, Indonesia)
 (Universitas Islam Sumatera Utara, Indonesia)*corresponding author
| AbstractFilm ketika berhenti disini merupakan film cerita panjang dengan kategori film drama, yang menceritakan tentang kehidupan wanita yang mengalami perasaan tidak percaya diri, konflik, rasa bersalah, kehilangan orang yang dicintai, kesulitan untuk menerima kenyataan, dan perjalanan menuju penerimaan. Selain itu, film ini juga memasukkan teknologi canggih Augmented Reality (AR) dalam bentuk kacamata dan menggunakan konsep mandala dalam budaya jawa yang menggambarkan nafus-nafsu manusia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui makna pesan moral  Pada Film Ketika Berhenti Disini. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode analisis semiotika Roland Barthes, yang meliputi Denotasi, Konotasi, dan Mitos untuk mengidentifikasi tanda-tanda yang terlihat secara langsung dan menggali makna yang tersembunyi di balik tanda-tanda tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa film Ketika Berhenti disini menyampaikan pesan moral tentang pentingnya menerima kehilangan, bergerak maju, dan menemukan makna baru dalam kehidupan. Film ini mengingatkan bahwa meskipun kehilangan itu menyakitkan, hidup harus terus berjalan, dan kebahagiaan dapat ditemukan kembali jika kita berani melepaskan masa lalu | 
| DOIhttps://doi.org/10.31604/jim.v9i2.2025.938-943 | Article metrics10.31604/jim.v9i2.2025.938-943 Abstract views : 16 | PDF views : 0 | Cite | Full Text Download | 
References
Anwar, L. P. (2022). Analisis Semiotika Tentang Representasi Disfungsi Keluarga Dalam Film Boyhood. Journal of Discourse and Media Research, 1(01), 60–78. https://journal.rc-communication.com/index.php/JDMR/article/view/16
Batubara, A. R., & Pratomo, N. W. (2024). Analisis semiotika Roland Barthes dalam film mencuri Raden Saleh karya Angga Dwimas Sasongko. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1), 11658–11664. https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/14139
Creswell, J. W. (2017). Research Design: Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Diputra, R., & Nuraeni, Y. (2022). Analisis Semiotika dan Pesan Moral Pada Film Imperfect 2019 Karya Ernest Prakasa. Jurnal Purnama Berazam, 3(2), 111–125. https://ejurnal.universitaskarimun.ac.id/index.php/ILKOM/index
Haqqu, R., Hastjarjo, S., & Slamet, Y. (2019). Teenagers’ Entertainment Satisfaction in Watching Talk Show Program through Youtube. Jurnal The Messenger, 11(1), 38. https://doi.org/10.26623/themessenger.v11i1.969
Haqqu, R., & Pramonojati, T. A. (2022). Representasi Terorisme Dalam Dua Adegan Film Dilan 1990 Dengan Analisis Semiotika John Fiske. Rekam, 18(1), 67–80. https://doi.org/10.24821/rekam.v18i1.4762
McQuail, D. (2011). Teori Komunikasi Massa. Salemba Humanika.
Meliyana, & Maulianza, M. (2024). Analisis Semiotika Roland Barthes: Citra Perempuan Mandiri Dalam Film Ali & Ratu-Ratu Queens. Jurnal Sosial Dan Humaniora, 1(3), 328–343. https://doi.org/10.62017/arima
Nasirin, C., & Pithaloka, D. (2022). Analisis semiotika konsep kekerasan dalam film the raid 2 : berandal. Journal of Discourse and Media Research, 1(1), 28–43.
Nurulita Danty Intan Pratiwi, & Ida Afidah. (2022). Analisis Semiotika Roland Barthes Pesan Dakwah dalam Film Merindu Cahaya De Amstel. Jurnal Riset Komunikasi Penyiaran Islam, 93–98. https://doi.org/10.29313/jrkpi.vi.1320
Prima, D. A. M. (2022). Analisis Isi Film “The Platform.†Journal of Digital Communication and Design (JDCODE), 1(2), 127–136.
Sobur, A. (2017). Semiotika komunikasi. Remaja Karya.
Vera, N. (2014). Semiotika dalam riset komunikasi. Bogor: Ghalia Indonesia, 8, 30.
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
 
 
  
  
  Email this article
			Email this article 








