(2) Khaidir Ali
(3) Herke Memah
(4) Pinkan Saleleng
*corresponding author
AbstractPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk realisasi layanan kerendahan hati Bank SulutGo terhadap nasabahnya dan selanjutnya menjelaskan bagaimana pengaruh layanan kerendahan hati Bank SulutGo terhadap kepuasan nasabah. Layanan kerendahan hati adalah layanan yang disertai dengan rasa tulus, hormat, dan mampu berbagi dengan tidak memonopoli penghargaan. Jenis penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan pengujian hipotesis melalui metode regresi linear berganda, dan menggunakan alat analisis SPSS versi 26. Populasi penelitian adalah seluruh nasabah Bank SulutGo yang bertransaksi di cabang utama, dengan sampel penelitian berjumlah 44 orang yang dipilih secara accidental/haphazard sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa layanan kerendahan hati secara bersama-sama mempengaruhi kepuasan pelanggan sebesar 51,8% dan ternyata keinginan tulus untuk melayani (X1), jika tidak disertai dengan sikap menghormati orang lain (X2) dan sikap berbagi dengan tidak memonopoli penghargaan (X3), tidak berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan
|
DOIhttps://doi.org/10.31604/jim.v9i2.2025.825-832 |
Article metrics10.31604/jim.v9i2.2025.825-832 Abstract views : 19 | PDF views : 0 |
Cite |
Full Text Download
|
References
Ainiyatul Mukarromah, Iswati Iswati, & Emilia Pranata. (2024). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Pelanggan terhadap Loyalitas Pelanggan pada Tanjung Decoration. Jurnal Ekonomi, Akuntansi, Dan Perpajakan, 1(3), 258–272. https://doi.org/10.61132/jeap.v1i3.332
Ali, M. M., Hariyati, T., Pratiwi, M. Y., & Afifah, S. (2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif dan Penerapannya dalam Penelitian. Education Journal.2022, 2(2), 1–6.
Andriyani, M., & Ardianto, R. (2020). Pengaruh Kualitas Layanan dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Nasabah Bank. EKOMABIS: Jurnal Ekonomi Manajemen Bisnis, 1(02), 133–140. https://doi.org/10.37366/ekomabis.v1i02.73
Ariastuti, I., & Untoro, W. (2017). Pengaruh Manajemen Hubungan Pelanggan dan Kewajaran Harga Terhadap Loyalitas Merek Dimediasi Oleh Kepuasan Konsumen. Jurnal Wawasan Manajemen, 5(3), 122–137.
Chow, Y. P., Muhammad, J., Bany-Ariffin, A. N., & Cheng, F. F. (2018). Macroeconomic uncertainty, corporate governance and corporate capital structure. International Journal of Managerial Finance, 14(3), 301–321. https://doi.org/10.1108/IJMF-08-2017-0156
Gultom, D. K., Arif, M., & Muhammad Fahmi. (2020). Determinasi Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepercayaan. Determinasi Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepercayaan, 3(2), 273–282.
Gunawardana, H. M. R. S. S., Kulathunga, D., & Perera, W. L. M. V. (2015). Impact of self service technology quality on customer satisfaction: A case of retail banks in Western Province in Sri Lanka. Gadjah Mada International Journal of Business, 17(1), 1–24. https://doi.org/10.22146/gamaijb.6147
Mardnly, Z., Mouselli, S., & Abdulraouf, R. (2018). Corporate governance and firm performance: an empirical evidence from Syria. International Journal of Islamic and Middle Eastern Finance and Management, 11(4), 591–607. https://doi.org/10.1108/IMEFM-05-2017-0107
Peng, H. (2022). Similar or Different Effects? Quantifying the Effects of Humility and Modesty on Job Performance. Frontiers in Psychology, 13(May). https://doi.org/10.3389/fpsyg.2022.809841
Permatasari, D., Ilmu, F., Universitas, P., & Malang, K. (2016). Tingkat Kerendahan Hati Siswa SMP. Jurnal Konseling Indonesia, 1(2), 83–87. http://ejournal.unikama.ac.id/index.php/JKI
Sari, R. A., Aswar, N. F., & Aslam, A. P. (2023). Pengaruh Kualitas Layanan Dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Nasabah Pada Pt. Bank Sulselbar. Jurnal Manajemen, 2(2), 119. https://doi.org/10.26858/jm.v2i2.42329
Tjakra, V. J. L., Pio, R. J., Bisnis, A., & Administrasi, J. I. (2022). Kompensasi Dan Organizational Citizenship Behavior Kaitanya Dengan Kinerja Karyawan PT Bank Sulut Go Cabang Utama. 3(6), 563–570.
Vera, D., & Rodriguez-Lopez, A. (2004). Strategic virtues: Humility as a source of competitive advantage. Organizational Dynamics, 33(4 SPEC.ISS.), 393–408. https://doi.org/10.1016/j.orgdyn.2004.09.006
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.










Download