Pengaruh Layanan Kerendahan Hati Terhadap Kepuasan Nasabah Bank Sulutgo Cabang Utama Manado

(1) * Nancy Onibala Mail (Universitas Negeri Manado, Indonesia)
(2) Khaidir Ali Mail (Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, Indonesia)
(3) Herke Memah Mail (Universitas Trinita, Indonesia)
(4) Pinkan Saleleng Mail (Universitas Trinita, Indonesia)
*corresponding author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk realisasi layanan kerendahan hati Bank SulutGo terhadap nasabahnya dan selanjutnya menjelaskan bagaimana pengaruh layanan kerendahan hati Bank SulutGo terhadap kepuasan nasabah. Layanan kerendahan hati adalah layanan yang disertai dengan rasa tulus, hormat, dan mampu berbagi dengan tidak memonopoli penghargaan. Jenis penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan pengujian hipotesis melalui metode regresi linear berganda, dan menggunakan alat analisis SPSS versi 26. Populasi penelitian adalah seluruh nasabah Bank SulutGo yang bertransaksi di cabang utama, dengan sampel penelitian berjumlah 44 orang yang dipilih secara accidental/haphazard sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa layanan kerendahan hati secara bersama-sama mempengaruhi kepuasan pelanggan sebesar 51,8% dan ternyata keinginan tulus untuk melayani (X1), jika tidak disertai dengan sikap menghormati orang lain (X2) dan sikap berbagi dengan tidak memonopoli penghargaan (X3), tidak berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan

   

DOI

https://doi.org/10.31604/jim.v9i2.2025.825-832
      

Article metrics

10.31604/jim.v9i2.2025.825-832 Abstract views : 19 | PDF views : 0

   

Cite

   

Full Text

Download

References


Ainiyatul Mukarromah, Iswati Iswati, & Emilia Pranata. (2024). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Pelanggan terhadap Loyalitas Pelanggan pada Tanjung Decoration. Jurnal Ekonomi, Akuntansi, Dan Perpajakan, 1(3), 258–272. https://doi.org/10.61132/jeap.v1i3.332

Ali, M. M., Hariyati, T., Pratiwi, M. Y., & Afifah, S. (2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif dan Penerapannya dalam Penelitian. Education Journal.2022, 2(2), 1–6.

Andriyani, M., & Ardianto, R. (2020). Pengaruh Kualitas Layanan dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Nasabah Bank. EKOMABIS: Jurnal Ekonomi Manajemen Bisnis, 1(02), 133–140. https://doi.org/10.37366/ekomabis.v1i02.73

Ariastuti, I., & Untoro, W. (2017). Pengaruh Manajemen Hubungan Pelanggan dan Kewajaran Harga Terhadap Loyalitas Merek Dimediasi Oleh Kepuasan Konsumen. Jurnal Wawasan Manajemen, 5(3), 122–137.

Chow, Y. P., Muhammad, J., Bany-Ariffin, A. N., & Cheng, F. F. (2018). Macroeconomic uncertainty, corporate governance and corporate capital structure. International Journal of Managerial Finance, 14(3), 301–321. https://doi.org/10.1108/IJMF-08-2017-0156

Gultom, D. K., Arif, M., & Muhammad Fahmi. (2020). Determinasi Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepercayaan. Determinasi Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepercayaan, 3(2), 273–282.

Gunawardana, H. M. R. S. S., Kulathunga, D., & Perera, W. L. M. V. (2015). Impact of self service technology quality on customer satisfaction: A case of retail banks in Western Province in Sri Lanka. Gadjah Mada International Journal of Business, 17(1), 1–24. https://doi.org/10.22146/gamaijb.6147

Mardnly, Z., Mouselli, S., & Abdulraouf, R. (2018). Corporate governance and firm performance: an empirical evidence from Syria. International Journal of Islamic and Middle Eastern Finance and Management, 11(4), 591–607. https://doi.org/10.1108/IMEFM-05-2017-0107

Peng, H. (2022). Similar or Different Effects? Quantifying the Effects of Humility and Modesty on Job Performance. Frontiers in Psychology, 13(May). https://doi.org/10.3389/fpsyg.2022.809841

Permatasari, D., Ilmu, F., Universitas, P., & Malang, K. (2016). Tingkat Kerendahan Hati Siswa SMP. Jurnal Konseling Indonesia, 1(2), 83–87. http://ejournal.unikama.ac.id/index.php/JKI

Sari, R. A., Aswar, N. F., & Aslam, A. P. (2023). Pengaruh Kualitas Layanan Dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Nasabah Pada Pt. Bank Sulselbar. Jurnal Manajemen, 2(2), 119. https://doi.org/10.26858/jm.v2i2.42329

Tjakra, V. J. L., Pio, R. J., Bisnis, A., & Administrasi, J. I. (2022). Kompensasi Dan Organizational Citizenship Behavior Kaitanya Dengan Kinerja Karyawan PT Bank Sulut Go Cabang Utama. 3(6), 563–570.

Vera, D., & Rodriguez-Lopez, A. (2004). Strategic virtues: Humility as a source of competitive advantage. Organizational Dynamics, 33(4 SPEC.ISS.), 393–408. https://doi.org/10.1016/j.orgdyn.2004.09.006


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.