Objektifikasi Tubuh Perempuan Dalam Film (Analisis Male Gaze Dalam Film Ipar Adalah Maut)

(1) * Elnando Gratia A. Wongkar Mail (Universitas Diponegoro, Indonesia)
(2) Hapsari D. Sulistyani Mail (Universitas Diponegoro, Indonesia)
*corresponding author

Abstract


Film sebagai produk budaya memiliki peran penting dalam membentuk dan mereproduksi pandangan masyarakat terhadap gender. Salah satu isu yang sering muncul adalah representasi perempuan di film, dan bagaimana tubuh perempuan di objektifikasi melalui perspektif male gaze. Perempuan diposisikan sebagai objek, dan hanya dipandang bagian tubuhnya, untuk memuaskan hasrat seksual laki-laki. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji lebih dalam tentang bagaimana objektifikasi perempuan dalam film “Ipar Adalah Maut†dengan menggunakan pendekatan semiotika Roland Barthes yang dipadukan dengan konsep male gaze Laura Mulvey. Analisis dilakukan dengan mengidentifikasi makna denotasi, konotasi, dan mitos dalam adegan-adegan yang menampilkan tubuh perempuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa film ipar adalah maut menggunakan sudut pandang kamera, pencahayaan, serta framing tertentu yang menonjolkan aspek tubuh perempuan seperti dada, paha, leher, bahu, pinggul, sebagai objek visual yang ditujukan bagi kepuasan penonton laki-laki. Selain itu adegan perselingkuhan dalam film ipar adalah maut, juga menggambarkan realita dimana perempuan diposisikan sebagai penggoda laki-laki dan memiliki tugas untuk melayani laki-laki. Objektifikasi ini tidak hanya membangun citra perempuan dalam film sebagai objek seksual, tetapi juga memperkuat konstruksi budaya patriarki dalam industri film. Dengan demikian, penelitian ini berkontribusi dalam mengkritisi representasi perempuan di media dan mendorong produksi film yang lebih berperspektif gender

   

DOI

https://doi.org/10.31604/jim.v9i2.2025.668-681
      

Article metrics

10.31604/jim.v9i2.2025.668-681 Abstract views : 15 | PDF views : 0

   

Cite

   

Full Text

Download

References


Abeline, N., Erviantono, T., Wayan, N., Puspitasari, R. N., Ilmu, F., & Dan, S. (2024). Eksploitasi Tubuh Perempuan Dalam Perfilman Horor Indonesia Studi Politik Tubuh Terhadap Film Suster Keramas. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 10(2), 668–684. https://doi.org/10.5281/zenodo.10494810

Barthes, R. (2017). Elemen-Elemen Semiologi (A. Iyubenu, Ed.). BASABASI.

Berger, A. A. (2000). Media Analysis Techniques. Alih Bahasa Setio Budi. Andi Offset.

Bishop, L. (2019). Show Her It’s a Man’s World: How the Femme Fatale Became a Vehicle for Propaganda. https://ideaexchange.uakron.edu/honors_research_projectshttps://ideaexchange.uakron.edu/honors_research_projects/1001

Britannica, E. (2025, February 8). The Information Architects of Encyclopaedia Britannica “Femme Fatale.†Https://Www.Britannica.Com/Facts/Femme-Fatale.

Calogero, R. M. (2012). Objectification Theory, Self-Objectification, and Body Image. In Encyclopedia of Body Image and Human Appearance (pp. 574–580). Elsevier. https://doi.org/10.1016/B978-0-12-384925-0.00091-2

Carroll, N. (1990). The Image of Women in Film: A Defense of a Paradigm. In Source: The Journal of Aesthetics and Art Criticism (Vol. 48, Issue 4).

Chandra, R. (2019). Electronic Voyeurism in Global Perspective. International Journal Of Legal Developments And Allied Issues, 5.

Danesi, M. (2012). Pesan Tanda , dan Makna. Jalasutra.

Darwis, A., & Ismail, T. (2018). Citra Perempuan Dalam Iklan Sabun Media Elektronik. Jurnal UNM “Pendidikan, Budaya, Literasi Dan Industri Kreatif: Upaya Membangun Generasi Cerdas Berkepribadian Unggul.â€

Hilmi, A. S. (2015). Perspektif Gender dan Transformasi Budaya Dalam Novel Indonesia Berwarna Lokal Jawa (Vol. 1, Issue 1).

Kurnia Fadhillah, S. (2025). Analisis Kekuasaan Perempuan dalam Film Jangan Salahkan Aku Selingkuh. Jurnal Ilmu Komunikasi, Sosial Dan Humaniora. https://doi.org/10.47861/tuturan.v3i1.1589

Lowery, T. (2023, November 24). 13 Shocking Facts About Gender Inequality Around the World. Https://Www.Globalcitizen.Org/En/Content/Shocking-Facts-Gender-Inequality-International-Wom/.

Manoban, B. (2024, July 22). Foot Fetish: Memahami Ketertarikan Seksual pada Kaki. Https://Www.Idntimes.Com/Health/Sex/Seo-Intern/Foot-Fetish?Page=all.

Marsya, U. (2020). Diskursus Perempuan Dalam Media Sosial Instagram: Studi Deskriptif Cyberbullying Di Akun @Lambe_Turah. Jurnal PIKMA : Publikasi Ilmu Komunikasi Media Dan Cinema, 2(1), 31–44. https://doi.org/10.24076/PIKMA.2019v2i1.394

Moleong, L. J. (2017). Metode Penelitian Kualitatif. PT. Remaja Rosdakarya.

Mulvey, L. (1975). Visual Pleasure and Narrative Cinema. Film: Psychology, Society, and Idology.

Mulvey, L. (2024, September 6). Freud, Hollywood and the male gaze. Https://Www.Thebritishacademy.Ac.Uk/Blog/Freud-Hollywood-and-the-Male-Gaze/.

Panuju, R. (2021). Film & Komunikasi Massa. Intrans Publishing.

Philly Juliana Sumakud, V., & Septyana, V. (2020). ANALISIS PERJUANGAN PEREMPUAN DALAM MENOLAK BUDAYA PATRIARKI (Analisis Wacana Kritis-Sara Mills Pada Film “Marlina Si Pembunuh Dalam Empat Babakâ€) (Vol. 14, Issue 1). http://journal.ubm.ac.id/

Pratista, H. (2024). Memahami Film “Pengantar Naratif.†Montase Press.

Putri, R. M., Mayasari, M., & Nurkinan, N. (2024). Analisis Wacana Kritis Norman Fairclough Pada Film Barbie 2023 Sebagai Representasi Budaya Patriarki. JKOMDIS : Jurnal Ilmu Komunikasi Dan Media Sosial, 4(2), 566–574. https://doi.org/10.47233/jkomdis.v4i2.1884

Sinanda, J. (2018). Subjektivitas Perempuan Dalam Film Arini (2018) Sebagai Karya Alih Wahana. In METAHUMANIORA (Vol. 11).

Sulistyani, H. (2021). Narasi Perempuan di Dalam Film. Cipta Media Nusantara. www.ciptapublishing.com

Syahbana, F., & Puspita, R. (2024). " (Analisis Semiotika Roland Barthes). In Journal Education Innovation E-ISSN (Vol. 2, Issue 2). https://jurnal.ypkpasid.org/index.php/jei

Trinanda Hamid, F., & Ratri Rahmiaji, L. (2023). Representasi Objektifikasi Perempuan Dalam Film Selesai (Analisis Semiotika Roland Barthes). http://www.fisip.undip.ac.id

Tyas Pratisthita, S., & Wardani, D. A. (2022). Konsep Wanita Jawa Sebagai Kanca Wingking dan Korelasinya dengan Tut Wuri Handayani. In Jurnal Widya Aksara (Vol. 27, Issue 2).

Tyler, A., & Russel, T. (2024, June 26). What’s Up With Quentin Tarantino & Feet? Https://Screenrant.Com/Quentin-Tarantino-Feet-Explained/.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.