(2) Silvi Pratiwi
(3) Hapsari Dwiningtyas Sulistyani
*corresponding author
AbstractPenelitian ini menganalisis strategi storytelling dan elemen tanda dalam kampanye "The Code" yang diluncurkan oleh Dove di tahun 2024. Kampanye ini menonjolkan isu kecantikan sejati di tengah dominasi penggunaan kecerdasan buatan (AI) dalam menghasilkan produk yang menggeneralisasi standar kecantikan perempuan saat ini. Pendekatan semiotika dari Roland Barthes digunakan untuk memahami tanda dalam makna denotatif dan konotatif pada kampanye ini, sementara tujuh pilar storytelling dieksplorasi untuk mengungkap narasi emosional dan persuasif yang diimplementasikan oleh Dove. Metode kualitatif dipilih dengan pendekatan semiotika, yakni pada video kampanye dan literatur terkait yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Dove berhasil membangun narasi yang kuat untuk menentang standar kecantikan tidak realistis yang dipengaruhi oleh teknologi AI, sekaligus mempromosikan nilai keberagaman dan penerimaan diri atau self acceptance melalui implementasi tujuh pilar storytelling. Kampanye ini menunjukkan bahwa storytelling dapat menjadi alat strategis dalam komunikasi digital untuk menciptakan hubungan emosional dengan audiens, menginspirasi perubahan sosial, serta memperkuat posisi merek
|
DOIhttps://doi.org/10.31604/jim.v9i2.2025.568-583 |
Article metrics10.31604/jim.v9i2.2025.568-583 Abstract views : 15 | PDF views : 0 |
Cite |
Full Text Download
|
References
Amelia, S. (2018). The Effect of perceived quality, brand awareness, and brand loyalty toward brand equity of Beer Bintang in Surabaya. Calyptra, 7(1), 899-918.
Aripradono, H. W. (2020). Penerapan komunikasi digital storytelling pada media sosial instagram. Teknika, 9(2), 121-128.
Barthes, R. (1977). Image, Music, Text. Fontana Press.
Binus University. Binus, 8 Februari). Standar kecantikan di media dan pengaruhnya di masyarakat. Binus University. https://communication.binus.ac.id/2023/02/08/standar-kecantikan-di-media-dan-pengaruhnya-di-masyarakat/
Bowen, G. A. (2009). Document analysis as a qualitative research method. Qualitative Research Journal, 9(2), 27–40. https://doi.org/10.3316/qrj0902027
Creswell, J. W. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (4th ed.). SAGE Publications.
Dove. (2017). Dove Global Girls Beauty and Confidence Report. Retrieved from https://digitaluniversity.womendeliver.org/wp-content/uploads/2020/05/Mod-1-2017-Dove-Global-Girls-Beauty-and-Confidence-Report.pdf
Dove. (2024). The code: A Dove film - Dove self-esteem project. Retrieved from Dove Official Website
Fadillah, I., & Dini, K. (2021). Digital storytelling sebagai strategi baru meningkatkan minat literasi generasi muda. Journal of education science, 7(2), 81-98.
Febriansyah, E. A. (2021). Analisa Visual Storytelling dalam Video Kampanye Sosial Cyberbullying “MLC Singapore–Do What‘s Right Onlineâ€. Jurnal Strategi Desain dan Inovasi Sosial, 3(1), 37-50.
Fog, K., Budtz, C., Munch, P., & Blanchette, S. (2010). Storytelling: Branding in practice. Springer.
GoodStats Data. (2024, 22 Februari). 10 negara pengguna AI terbanyak, Indonesia salah satunya. GoodStats. https://data.goodstats.id/statistic/10-negara-pengguna-ai-terbanyak-indonesia-salah-satunya-RLlmC
Green, M. C., & Brock, T. C. (2000). The role of transportation in the persuasiveness of public narratives. Journal of Personality and Social Psychology, 79*(5), 701-721.
Ghassani. (2023, November). Dampak Standar Kecantikan Bagi Perempuan di Indonesia. In Prosiding Seminar Nasional Ilmu Ilmu Sosial (SNIIS) (Vol. 2, pp. 1440-1448).
Kumalaningtyas, N., & Sadasri, L. Diakom: Jurnal Media Dan Komunikasimpuan Dalam Iklan Video Digital (Studi Femvertising Pada Iklan Dove Real Beauty). Diakom: Jurnal Media Dan Komunikasi, 1(2), 62-73.
Lathifah, N., & Putri, S. ArtComm: Jurnal Komunikasi dan Desainiklan pada akun Instagram @Juragan.Oil dalam menarik minat konsumen. ArtComm: Jurnal Komunikasi dan Desain, 5(1), 39-44.
Lindsay, D. (2015). Storytelling for Marketing: Craft Stories that Captivate, Persuade, and Inspire. Kogan Page.
McKee, R. (1997). Story: Substance, Structure, Style and the Principles of Screenwriting. HarperCollins.
Mulia, H. (2020). Pengaruh Iklan Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Studi Kasus Pada Cv Cemilan Kunik Garut. Eqien-Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 7(2), 29-37.
Unilever. (2024). 20 years on: Dove and the future of real beauty. Retrieved from https://www.unilever.com/news/news-search/2024/20-years-on-dove-and-the-future-of-real-beauty/
Pambudi, F. B. S. (2023). Buku ajar semiotika. UNISNU PRESS.
Pratiwi, A., Kaligis, R. (2020). Analisis naratif kampanye pemain Persija pada video #JagaGBK.
Serrat, O. (2008). A Guide to Storytelling.. Asian Development Bank. https://doi.org/10.1007/978-981-10-0983-9_91
Syaharani, D. I. (2021). The Effectiveness of Dove Campaign For Real Beauty In Affecting Customer’s Purchase Decision Towars Dove Product. Advanced International Journal of Business, Entrepreneurship and SMEs, 3(9), 244-264.
Trisakti, F. A., & Alifahmi, H. (2018). Destination brand storytelling: Analisis naratif video the journey to a wonderful world kementerian pariwisata. Jurnal Komunikasi Indonesia, 7*(1), 6.
Wibisono, P., & Sari, Y. (2021) Analisis Semiotika Roland Barthes Dalam Film Bintang Ketjil Karya Wim Umboh Dan Misbach Yusa Bira. Jurnal Dinamika Ilmu Komunikasi, 7(1), 30-43.
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.










Download