Pengembangan minat dan bakat mahasiswa di Era Cyber World

(1) * Abdurrahman Zuhdi Mail (Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, Indonesia)
(2) Sigit Hardiyanto Mail (Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, Indonesia)
(3) Faizal Hamzah Lubis Mail (Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, Indonesia)
*corresponding author

Abstract


Era cyberworld telah mampu merubah gaya hidup masyarakat dalam selaga bidang termasuk bidang pendidikan dalam proses pengembangan minat dan bakat mahasiswa. Adanya tren cyberworld yang sangat fleksibel tanpa keterbatasann jarak juga berdampak pada berkembangnya tren kompetisi online mahasiswa dalam rangka pengembangan minat dan bakat mahasiswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi bagaimana pengembangan minat dan bakat mahasiswa di era cyberworld melalui kompetisi berbasis online. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang menekankan pada aspek pengamatan terhadap objek penelitian dan lebih memperhatikan pada substansi objek penelitian yang diamati. Peneliti menggunakan metode ini karena pada prinsipnya menggunakan observasi dan interview. Hasil penelitian dalam penelitian ini menemukan bahwa adanya tren kompetisi online memberikan kemudahan akses pengembangan minat dan bakat mahasiswa karena fleksibel dan visioner. Disamping itu, tren kompetisi online ini juga menyebabkan universitas saling menyusun strategi dalam mendukung pengembangan mahasiswa di era kompetisi online seperti membentuk PIC kompetisi, melibatkan organisasi mahasiswa dalam pengembangan prestasi serta adanya pemberian apresiasi bagi mahasiswa yang mampu mengukir prestasi.

Kata Kunci : Cyberworld, Kompetisi Online, Minat dan Bakat

   

DOI

https://doi.org/10.31604/jim.v8i3.2024.1416-1421
      

Article metrics

10.31604/jim.v8i3.2024.1416-1421 Abstract views : 402 | PDF views : 45

   

Cite

   

Full Text

Download

References


Bungin, B. (2009). Sosiologi Komunikasi. Jakarta: 2009.

Hasibuan, M. S. (2019). Manajemen Sumber Daya Manusia. Aksara Bumi.

Hurlock, E. B. (2016). Child Development. Japan: Mc. Graw.

J Severin, Werner dan James W. Tankard. (2005). Teori Komunikasi. Jakarta: Kencana.

Kusumastuti, D. (2020). Kecemasan dan Prestasi Akademik pada Mahasiswa Anxiety and Academic Achievement in College Students. Jurnal Magister Psikologi UMA, 12(1).

Malaihollo, S., Fadilah, Asfar, M., Asyrah, & Wayuningsih, R. S. (2021). Penyelenggaraan Kompetisi Online dalam Meningkatkan Kreativitas Peserta Didik di. Lepa-lepa Open, 1(2), 238-246.

Munandar, U. (2016). Pengembangan kreativitas anak berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.

Nasional, P. M. (2016). Tentang Pembinaan Prestasi Peserta Didik Yang Memiliki Potensi Kecerdasan Dan/Atau Bakat Istimewa NOMOR 34 TAHUN 2006.

Piliang, Y. A. (2012). MASYARAKAT INFORMASI DAN DIGITAL: Teknologi Informasi dan Perubahan Sosial. Jurnal Sosioteknologi.

Pratiwi, W. L. (2020). Strategi Komunikasi Interpersonal Guru Dalam Pelaksanaanpembelajaran. Jp3Sdm, 30-46.

Rahmawati, T. (2021). Pembelajaran. Padang: UNAND PRESS.

Saputro, R. R. (2017). Manajemen Ekstrakurikuler NonAkademik Siswa di SMA Muhammadiyah 3 Jember (Management of Non-AcademicExtracurricular Students at SMA). Jurnal Edukasi, 4(3).

Sujana, I. G. (2018). “Peranan Kepala Sub Direktorat Cybercrime Dalam Menanggulangi Penipuan Berkedok Investasi Online d Kepolisisan Bali. Widya Accarya, 9(1), 4.

Syah, M. (2003). Psikologi Belajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Zaini, A. (2015). Upaya Konselor Dalam Membimbing Belajar Siswa Di Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Ilmiah Konseling, 3(2).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.