Strategi Pengembangan Destinasi Wisata Di Kabupaten Simalungun Untuk Meningkatkan Kunjungan Wisatawan

(1) Sabrina Pinem Mail (Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Sukma, Kota Medan, Indonesia, Indonesia)
(2) * Edi Winata Mail (Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Sukma, Kota Medan, Indonesia, Indonesia)
*corresponding author

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui Strategi Pengembangan Objek Taman Wisata Alam (TWA) Dolok Tinggi Raja Dalam Upaya Meningkatkan Kunjungan Wisatawan Kecamatan Silau Kahean Kabupaten Simalungun. Pada penelitian ini Strategi Pengembangan Destinasi Wisata di Kabupaten Simalungun untuk Meningkatkan Kunjungan Wisatawan. Jenis penelitian yang di gunakan dalam penelitian ini kualitatif deskriptif, sumber data primer dan skunder yang berupa hasil observasi, wawancara, literatur buku, jurnal dan internet. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa Taman Wisata Alam (TWA) Dolok Tinggi Raja masih banyak kekurangan dan kelemahan yang harus di benahi oleh Pemerintah Kabupaten Simalungun, belum bebas sampah, kekurangi air bersih, spot poto yang minim dan sistem pengelolaan Taman Wisata Alam (TWA) Dolok Tinggi Raja yang belum maksimal. Sehingga berdampak kepada jumlah pengunjung. Maka Pemerintah Kabupaten Simalungun akan berupaya mencari solusi dari semua kekurangan dan kelemahan dengan cara, memperbaiki segala sistem dan tata kelola Taman Wisata Alam (TWA) Dolok Tinggi Raja, dengan tujuan untuk meningkatkan kunjungan Taman Wisata Alam (TWA) Dolok Tinggi Raja.

Kata kunci:  Teknologi, Komunikasi, Strategi, Promosi Dan Kinerja


   

DOI

https://doi.org/10.31604/jim.v8i3.2024.1243-1248
      

Article metrics

10.31604/jim.v8i3.2024.1243-1248 Abstract views : 426 | PDF views : 119

   

Cite

   

Full Text

Download

References


Fahmi, Irham, 2013 Manajemen Strategis Teori dan Aplikasi. Bandung: CV Alfabeta.

Hasan, F. 2004. Pembangunan Berwawasan Budaya. Jakarta: Departemen Kebudayaan dan Parawisata.

Heene, Aime dkk, 2010. Manajemen Strategik Keorganisasian Publik. Bandung: PT Refika Aditama.

Hunger, J David dan Wheelen, Thomas L, 2003. Manajemen Strategis.Yogyakarta: Andi.

Hutabarat, Jemsly dan Martani, Huseini, 2006. Pengantar Manajemen Stratejik Kontemporer, Strategik di Tengah Operasioanl. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Kurniawan, Fitri Lukiastuti dan Hamdani, Muliawan, 2000. Manajemen Stratejik dalam Organisasi. Yogyakarta:MedPress

Kusudianto, Hadinoto. 1996. Perencanaan Pengembangan Destinasi Parawisata. Jakarta: UI-Press.

Moleong, Lexy J, 1995, Metodologi Penelitian Kualitatif, PT. Remaja Rosdakarya, Bandung

Mintzberg, Henry.dkk, 2003. The Strategy Process. Edisi Keempat. New Jersey: Upper Saddle River.

Pradikta, Angga, 2013. Strategi Pengembangan Objek Wisata Waduk Gunungrowo Indah dalam Upaya Meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Pati

Pitana, I Gde dan Diarta, I Ketut Surya, 2009. Pengantar Ilmu Parawisata. Yogyakarta:Andi.

Pitana I Gde. 2002. Parawisata, Wahana Pelestarian Kebudayaan dan Dinamika Masyarakat Bali. Denpasar Bali : Universitas Udayana

Robbins, Stephen P. dan Coulter, Mary, 2009. Manajemen. Edisi Kedelapan. Klaten: PT Macanan Jaya Cemerlang

Sedarmayani,2014. Manajemen Strategi. Bandung: PT Refika Aditama. Siagian, Sondang P, 2003. Manajemen stratejik. Jakarta: Bumi Aksara

Umar, Husein. 2013. Desain Penelitian Manajemen Stratejik. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.