(2) Natalia Parapat
*corresponding author
AbstractPemilihan Kepala Daerah (Pilkada) adalah elemen penting demokrasi Indonesia di tingkat daerah, yang memungkinkan masyarakat memilih kepala daerah secara langsung dan mencerminkan partisipasi politik. Namun, Pilkada sering dirusak oleh kampanye hitam yang menyebarkan informasi palsu dan merusak citra lawan politik, melanggar etika, dan menimbulkan polarisasi. Di era digital, kampanye hitam semakin sulit dikendalikan melalui media sosial. Fenomena ini menunjukkan kelemahan peraturan dan penegakan hukum, serta mempengaruhi hasil pemilu. Penelitian ini mengkaji kampanye hitam dalam Pilkada, motif, metode, dampak, dan upaya penanggulangan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode tinjauan literatur. Dari studi literatur yang dilakukan diperoleh hasil sebagai berikut: Kampanye hitam adalah taktik tidak etis yang menyebarkan informasi palsu untuk menjatuhkan lawan dan merusak integritas pemilu. Dampak kampanye hitam pada pilkada termasuk pembunuhan karakter, penyebaran informasi palsu, penurunan elektabilitas, serta mengurangi partisipasi dan kepercayaan pemilih. Mengatasi kampanye hitam diperlukan beberapa cara: (1) Regulasi ketat dan transparansi dana, (2) Pendidikan literasi media, (3) Pemantauan dan sanksi tegas, (4) Mendorong kampanye etis, (5) Pengecekan fakta dan kerjasama penegakan hukum. Kata kunci: Demokrasi, Kampanye Hitam, Kepala Daerah |
DOIhttps://doi.org/10.31604/jim.v8i3.2024.1405-1415 |
Article metrics10.31604/jim.v8i3.2024.1405-1415 Abstract views : 1453 | PDF views : 806 |
Cite |
Full Text Download
|
References
Alamyah, R. M., & Utari, P. (2016). Pengaruh Kampanye Hitam (Black Campaign) pada Pemilih Pemula. Jurnalkommas, 1(7), 1–23.
Anugerah, S. K., Santosa, H. P., & Rahardjo, T. (2013). Representasi Black Campaign Dalam Spanduk Kampanye Pilkada Jakarta 2012. Interaksi Online. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/interaksi-online/article/view/3104%0Ahttps://ejournal3.undip.ac.id/index.php/interaksi-online/article/viewFile/3104/2963
Dasyah, F., & Desiandri, Y. S. (2024). Kampanye Hitam Dalam Pemilu Sebagai Pelanggaran Hak Asasi Manusia Ringan Yang Berdampak Buruk Dan Berefek Domino. 4(3), 136–144.
Dodu, A. B. D. (2017). Penerapan Regulasi Politik Kampanye Hitam: Studi Kasus Pada Pilkada Kabupaten Banggai Tahun 2015. Jurnal Wacana Politik, 2(1), 52–60. jurnal.unpad.ac.id/wacanapolitik/article/download/11315/pdf
Doly, D. (2020). Penegakan Hukum Kampanye Hitam (Black Campaign) Di Media Sosial: Pembelajaran Pemilihan Umum Presiden Tahun 2019. Kajian, 25(1), 1–18.
Hafid, I. (2020). Kebijakan Kriminal Dalam Mengatasi Kampanye Hitam (Black Campaign) Di Media Sosial. Jurnal Bawaslu Provinsi Kepulauan Riau, 2(1), 74–94. https://doi.org/10.55108/jbk.v2i1.233
Hari, F. (2018). Pengaruh Saluran dan Narasumber Kampanye Negatif terhadap Kepercayaan Isi Pesan: Studi Eksperimental Isu Korupsi Kandidat di Indonesia. Jurnal Komunikasi Indonesia, 5(1). https://doi.org/10.7454/jki.v5i1.8361
Januru, L. (2016). Analisis Wacana Black Campaign (Kampanye Hitam) Pada Pilpres Tahun 2014 Di Media Kompas, Jawa Pos Dan Kedaulatan Rakyat. Natapraja, 4(2), 181–194. https://doi.org/10.21831/jnp.v4i2.12625
Juditha, C. (2019). Buzzer di Media Sosial pada Pilkada dan Pemilu Indonesia. Seminar Nasional Komunikasi Dan Informatika, 2019, 199–212.
Melina Vasni Jovita Sari. (2019). Pengaruh Kampanye Negatif Dan Keberpihakan Calon Petahana Kepada Pemodal Terhadap Perilaku Memilih Kotak Kosong (Studi Kasus Pilkada Kabupaten Pati 2017). Melina Vasni Jovita Sari Departemen, 53(9), 1689–1699.
Munfida, N. S., Soetijono, I. R., & Indrayati, R. (2023). Penggunaan Media Sosial Sebagai Media Kampanye Dalam Penyelenggaraan Pemilihan Umum dan Pemilihan Kepala Daerah. Jurnal Kajian Konstitusi, 3(2), 161. https://doi.org/10.19184/j.kk.v3i2.41193
Nasution, A. I., Azaria, D. P., Alfarissa, T., & Rafi, F. (2023). Peningkatan Peran Bawaslu Republik Indonesia dalam Mengawasi Kampanye Hitam di Media Sosial pada Pemilu Serentak 2024. Jurnal Civic Hukum, 8(2), 173–190.
Octarina, L., & Nasionalita, K. (2019). Pesan Kampanye Hitam dalam Media (Analisis Isi Kuantitatif pada Tayangan Debat Publik Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat 2018) Black Campaign Message in the Media (Quantitative Content Analysis on Public Debate Shows West Java Governor and D. Channel Jurnal Komunikasi, 7(1), 79–88. http://journal.uad.ac.id/index.php/CHANNEL%7C
Pamungkas, A. D., & Arifin, R. (2019). Demokrasi dan Kampanye Hitam dalam Penyelenggaraan Pemilihan Umum di Indonesia (Analisis atas Black Campaign dan Negative Campaign). DIKTUM: Jurnal Syariah Dan Hukum, 17(1), 16–30. https://doi.org/10.35905/diktum.v17i1.641
Puansah, I., Muhammadiyah, U., & Selatan, T. (n.d.). Studi Literatur : Politik Uang Dalam Pemilihan Kepala Daerah di Indonesia Irman Puansah. 8, 778–787.
Puansah, I., Pulungan, D. S., & Sahbana, A. (2024). Politik Identitas Pada Pemilihan Kepala Desa. Jurnal Ilmiah Muqoddimah : Jurnal Ilmu Sosial, Politik, Dan Humaniora, 8(1), 340. https://doi.org/10.31604/jim.v8i1.2024.340-348
Puansah, I., Sukmana, O., & Soedarwo, V. S. D. (2024). Political Dynasties in Village Government and Their Impact on Society and Development. 5(2), 119–136.
Putri, F. A., & Dwipriandi, R. (2021). Efektivitas Kampanye Dalam Jaringan: Studi Kasus Pemilihan Kepala Daerah Kabupaten Luwu Timur Sulawesi Selatan. Jurnal Analisa Sosiologi, 10, 110–130. https://doi.org/10.20961/jas.v10i0.47645
Saleh, G. (2018). Kampanye Hitam Pilgub DKI 2017: Analisis Wacana van Dijk pada Meme di Media Sosial. Jurnal Studi Komunikasi (Indonesian Journal of Communications Studies), 2(3), 322. https://doi.org/10.25139/jsk.v2i3.827
Sari, I. P. (2020). Catatan hitam pemilihan Gubernur Sumatera Utara. Jurnal Transformative, 86–101. https://transformative.ub.ac.id/index.php/jtr/article/view/142
Simon, H. J., Hanum, H. F., & Suardi. (2018). Pengaruh Sosialisasi Terhadap Pencegahan Politik Uang, Kampanye Hitam Dan Peningkatan Partisipasi Politik Masyarakat Pada Pemilihan Kepala Daerah Didesa Bulu China. Jurnal Publik Reform UNDHAR MEDAN, 1, 24–42.
Singkat, I., & Budiman, A. (2009). Pemerintahan Dalam Negeri Kampanye Hitam Pemilu Presiden 2014. VI(11). www.dpr.go.id
Siswanto, E. (2017). Konflik Pemilihan Kepala Daerah Kabupaten Jember Tahun 2015. Jurnal Politico, 17(2), 286–312.
Susiatiningsih, H. (2015). Kearifan Lokal Dalam Pemilihan UmumKepala Daerah Langsung. Jurnal Forum, 40(2), 1–5.
Suyono, S. (2021). Analisis Penyebaran Kampanye Hitam (Black Campaign) Pilkada Jember Melalui Media Sosial Facebook. Calathu: Jurnal Ilmu Komunikasi, 3(2), 88–99. https://doi.org/10.37715/calathu.v3i2.2181
Turistiati, A. T. (2018). Fenomena Black Campaign Dalam Pemilihan Kepala Daerah 2015. Transparansi Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi, 8(2), 208–215. https://doi.org/10.31334/trans.v8i2.72
Yusri, A., & ’ A. (2013). Pengaruh Kampanye Negatif Dan Kampanye Hitam Terhadap Pilihan Pemilih Pada Pemungutan Suara Ulang (PSU) Pemilihan Walikota Dan Wakil Walikota Pekanbaru Tahun 2011. Nakhoda: Jurnal Ilmu Pemerintahan, 11(1), 10. https://doi.org/10.35967/jipn.v11i1.1609.
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.










Download