Analisis Pengaruh Penggunaan Social Media dan Digital Payment Terhadap Pendapatan UMK di Kota Medan Selama Pandemi Covid-19

(1) * Gabriel Amadeus Sitompul Mail (Universitas Sumatera Utara, Indonesia)
(2) Kemala Insani Mail (Universitas Sumatera Utara, Indonesia)
(3) Dede Ruslan Mail (Universitas Sumatera Utara, Indonesia)
(4) Raina Linda Sari Mail (Universitas Sumatera Utara, Indonesia)
*corresponding author

Abstract


Pendapatan merupakan faktor penting dalam menjalankan usaha, karena pendapatan akan mempengaruhi tingkat keuntungan yang diharapkan untuk menjamin keberlangsungan usaha.  Tingkat pendapatan UMK (Usaha Mikro dan Kecil) di Kota Medan saat ini diketahui masih rendah di masa pandemi Covid-19. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penggunaan media sosial dan pembayaran digital di tengah pandemi Covid-19 terhadap pendapatan UMK di kota Medan.  Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah pelaku UMK di 21 kecamatan di sekitar wilayah kota Medan yang berjumlah 1.661 UMK. Sampel dipilih dengan menggunakan metode purposive sampling dan dihitung dengan menggunakan rumus Lemeshow yang berjumlah 96 orang. Data untuk penelitian ini diperoleh dari hasil wawancara dan penyebaran kuesioner penelitian kepada responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel penggunaan media sosial dan pembayaran digital berpengaruh positif dan signifikan terhadap pendapatan UMK di tengah pandemi Covid-19

Kata kunci:  Media Sosial, Pembayaran Digital, Pandemi Covid-19, Pendapatan Usaha Mikro dan Kecil.


   

DOI

https://doi.org/10.31604/jim.v8i3.2024.1069-1076
      

Article metrics

10.31604/jim.v8i3.2024.1069-1076 Abstract views : 164 | PDF views : 45

   

Cite

   

Full Text

Download

References


Arifah, Fatimah Nur (2015). “Analisis Sosial Media Sebagai Strategi Marketing dalam Bisnis Onlineâ€, Manajemen Informatika Indonesia, Volume 11, Nomor 2, hal 143-149, STMIK Bina Patria, Magelan.

Atmaja, Ricky (2021). “Analisa Perilaku Konsumtif dan Daya Beli Konsumen Terhadap Penjualan Online Selama Masa Pandemi Covid-19 â€, Jurnal Terapan Ilmu Manajemen dan Bisnis, Volume 4, Nomor 2, Universitas Advent, Indonesia.

Helmalia, (2018). “Pengaruh ECommerce Terhadap Peningkatan Pendapatan Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Kota Padangâ€, Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam Indonesia, Volume 3, Nomor 2, Universitas Islam Negeri Imam Bonjol, Padang.

Hootsuite (We are Social): Indonesian Digital Report 2021 (2021). Diakses pada : https://andi.link/hootsuite-we-are-social-indonesian-digital-report-2021/.

Kolanus, Livia Tinneke Olly dkk (2020). “Faktor-faktor yang Mempengaruhi Pendapatan Usaha Mikro Kecil (UMK) Di Kota Manadoâ€, Jurnal Pembangunan Ekonomi dan Keuangan daerah, Volume 21, Nomor 4, Universitas Sam ratulangi, Manado.

Mumu, Andre Ruli (2015). “Faktor-faktor yang Mempengaruhi Tingkat Pendapatan Wirausaha Masyarakat Di Kelurahan Malalayang IIâ€, E-journal “Acta Diurna†Indonesia, Volume 4, Nomor 3, Universitas Islam Negeri Imam Bonjol, Padang.

Pusat Pengembangan Kawasan Perkotaan (2017). Profil Kota Medan. Diakses pada : http://perkotaan.bpiw.pu.go.id/v2/kota-besar/93.

Rahartri, (2019). “Whatsapp Media Komunikasi Efektif Masa Kini (Studi Kasus Pada Layanan jasa Informasi Ilmiah Di Kawasan Puspiptek)â€, Pusat Data dan Dokumentasi Ilmiah, Volume 21, Nomor 2, Lembaga Ilmu Pengetahuan, Indonesia.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV.

Winarti, Cici (2021). “Pemanfaatan Sosial Media Oleh UMKM Dalam Memasarkan Produk di Masa Pandemi Covid-19â€, Jurnal Indonesia, Universitas Tanjungpura, Pontianak.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.