 (Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, Indonesia)
 (Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, Indonesia)(2) Juli Maini Sitepu
 (Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, Indonesia)
 (Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, Indonesia)(3) Mawaddah Nasution
 (Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, Indonesia)
 (Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, Indonesia)(4) Nurman Ginting
 (Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, Indonesia)
 (Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, Indonesia)*corresponding author
| AbstractLembaga Pendidikan merupakan salah satu lembaga yang sangat penting untuk diperhatikan kualitasnya. Untuk itu perlu adanya penilaian untuk menjamin mutu lembaga pendidikan. Namun, banyak lembaga yang sudah melakukan pelaksanaan pendidikan dengan baik tetapi tidak mendokumentasikan pelaksaan kegiatan tersebut sehingga lembaga tidak dapat mengajukan permohonan untuk diakreditasi. Hal itu disebabkan karena kurangnya pengetahuan lembaga pendidikan tentang bagaimana cara mengajukan akreditasi dan dokumen apa yang harus dipersiapkan untuk mengajukan akreditasi. Dari permasalahan tersebut maka perlu kiranya lembaga pendidikan dibekali pengetahuan tentang manajemen administrasi lembaga Pendidikan Anak Usia Dini berbasis Instrumen Akreditasi agar lembaga pendidikan dapat mengajukan diri untuk akreditasi. Pelaksanaan kegiatan ini dilakukan di Marindal dan bekerjasama dengan IGRA Kecamatan Patumbak tepatnya di RA Nurul Hadina. Dari hasil pelatihan diperoleh peningkatan kemampuan manajemen administrasi lembaga PAUD berbasis instrumen pengajuan akreditasi. Hal ini dapat dilihat dari hasil moniroting bahwa ada beberapa lembaga yang langsung melakukan pengajuan untuk akreditasi KeywordsManajemen, Administrasi, Akreditasi | 
| DOIhttps://doi.org/10.31604/jpm.v5i8.3048-3055 | Article metricsAbstract views : 937 | PDF views : 428 | Cite | Full Text Download | 
References
K. Dasar,B. Instrumen, P. Akreditasi, P. Anaka, U. Dini, and E, Damayanti, “Konsep Dasar Butir Instrumen Penilaian Akreditasi Pendidikan Anak Usia Dini, “Raudhatul Athfal J. Pendidik, Islam Anak Usia Dini, vol. 3, no. 2, pp.134-138, 2019, doi : 10.19109/ra.v3i2.4495
U. S. P. Nasional, “Introduction and Aim of the Study,†Acta Pediatrica, vol. 71, pp. 6-6, 1982, doi : 10.1111/j.1651-2227.1982.tb08455.x.
S.
W. Masitah, “Pendidikan Inklusif Untuk Anak Usia Dini, “ Jpk J. Pendidikan, Khusus, vol. 7, no. 2, 2012, doi : 10.21831/jpk.v7i2.775
.
Nurhidayanto, “Pengaruh Manajemen Sumber Belajar Terhadap Prestasi Belajar Dengan Kemampuan Berfikir Kritis Dan Kemampuan Bahasa Inggris Sebagai Variabel Moderasi di Amik Cipta darma Surakarta,â€Among Makarti, vol. 8, no. 15, pp. 54-67, 2015
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Martabe : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
 
 
  
  
  
 




