
(2) Dalifa Dalifa

(3) Neza Agusdianita

*corresponding author
AbstractSekolah yang dijadikan mitra kegiatan Pengabdian Pada Masyarakat ini adalah SDN 166 Desa Kemumu kecamatan Arma Jaya Kabupaten Bengkulu Utara. Permasalahan yang menjadi prioritas untuk diselesaikan melalui kegiatan PPM ini adalah pada pembelajaran matematika di kelas IV yang masih belum mengintegrasikan etnomatematika yang ada dikehidupan siswa dalam pembelajaran dan kemampuan pemecahan masalah siswa yang belum dilatih dengan baik. PPM ini bertujuan untuk melatih dan mendampingi guru kelas IV dalam menerapan Model Realistic Mathematics Education Berbasis Etnomatematika yang membantu memperbaiki masalah dalam pembelajaran di kelas IV SD 166 Kemumu. Selain itu juga mengembangkan kemampuan pemecahan masalah siswa Kelas IV SDN 166 Kemumu. Masalah yang dihadapi oleh guru dan siswa SDN 166 Kemumu Kabupaten Bengkulu Utara dapat dipecahkan dengan cara membekali guru dengan pengetahuan dan keterampilan tentang Penerapan Model Realistic Mathematics Education Berbasis Etnomatematika lokal. Dengan demikian guru diharapkan mampu merancang melaksanakan dan mengevaluasi pembelajaran matematika yang bermakna, aktif, inovatif, kreatif dan menyenangkan. Khalayak sasaran kegiatan PPM ini adalah guru kelas IV dan siswa IV di SDN 166 Kemumu. Metode yang digunakan pada kegiatan PPM ini adalah pelatihan dan pendampingan. Istrumen evaluasi kegiatan ini adalah lembar wawancara, lembar observasi dan lembar tes. Kegiatan ini telah terlaksana sampai dengan pelatihan dan pendampingan kepada guru dalam membuat dan melaksanakan perangkat pembelajaran pada kelas IV SDN 166 Kemumu.
KeywordsRME; Etnomatematika; Kemampuan Pemecahan Masalah
|
DOIhttps://doi.org/10.31604/jpm.v5i2.515-524 |
Article metricsAbstract views : 638 | PDF views : 486 |
Cite |
Full Text![]() |
References
Agusdianita, N. (2021a). The Exploration of The Elementary Geometry Concepts Based on Tabot Culture in Bengkulu. Journal of Physics: Conference Series. IOP Publishing
Agusdianita, N. (2021b). The Use of Ethnomathematics Learning Devices Based on Realistic Mathematics Education Models on Mathematics Literacy Mastery. Prosiding International Conference on Educational Sciences and Teacher Profession (ICETeP 2020). Atlantis Press
Agusdianita, N. (2021c). Pelatihan Penerapan Model Realistic Mathematics Education Berbasis Etnomatematika Tabut terhadap Kemampuan Literasi Matematika Siswa Kelas IV SDN 67 Kota Bengkulu. Martabe Jurnal PPM, Vol 4, No 1. 63-72.
Auliya, N. N. F. (2018). Etnomatematika Kaligrafi Sebagai Sumber Belajar Matematika Di Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 78–98.
Dominikus,WS., (2018),Etnomatematika Adonara. Malang: Media Nusa Creative.
Fathurrohman, M. (2015). Model-model Pembelajaran Inovatif Alternatif Desain Pembelajaran yang Menyenangkan, Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA.
Hardiarti, S. (2017). Etnomatematika: Aplikasi Bangun Datar Segiempat pada Candi Muaro Jambi. Aksioma, 8(2), 99. https://doi.org/10.26877/aks.v8i2.1707
Isrok’atun, dkk. (2019). Model-model Pembelajaran Matematika. Jakarta: Bumi Aksara
Karso, dkk. (2014). Pendidikan Matematika I. Bengkulu: Universitas Terbuka.
Mairing, J. P. (2018). Pemecahan Masalah Matematika. Bandung: Alfabeta
Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: Kencana Prenada Media Grup
Winarni, E. S. (2012). Matematika untuk PGSD. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Noer, S. H. (2017). Strategi Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Matematika.
Wijaya, A. (2012). Pendidikan Matematika Realistik Suatu Alternatif Pendekatan Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Martabe : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.