(2) Hanifah Nur Nasution
(3) Ahmad Zainy
(4) Thofik Hidayat
(5) Andes Fuady Dharma Harahap
(6) Ermawita Ermawita
(7) Lukman Hakim Siregar
(8) Hotmaida L Lestari Siregar
(9) Sari Wahyuni Rozi Nasution
(10) Dwi Aninditya Siregar
*corresponding author
AbstractPerkembangan teknologi informasi telah membawa perubahan signifikan dalam dunia pendidikan, khususnya pada proses pembelajaran digital. Guru dituntut untuk mampu memanfaatkan teknologi agar pembelajaran menjadi lebih efektif, interaktif, dan sesuai dengan kebutuhan peserta didik di era digital. Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk memberdayakan guru melalui pelatihan penggunaan Learning Management System (LMS) sebagai media pendukung pembelajaran digital. Metode kegiatan dilakukan melalui workshop, pendampingan, serta praktik langsung dalam pembuatan kelas virtual, manajemen materi, serta evaluasi pembelajaran berbasis LMS. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan keterampilan guru dalam mengelola kelas digital, meningkatkan interaksi dengan siswa, serta memperluas akses pembelajaran tanpa batas ruang dan waktu. Dengan adanya program ini, diharapkan guru semakin percaya diri dalam menggunakan teknologi pendidikan dan mampu menciptakan suasana belajar yang inovatif dan berkualitas
KeywordsPemberdayaan Guru, LMS, Pembelajaran Digital, Teknologi Pendidikan
|
DOIhttps://doi.org/10.31604/jpm.v8i9.3796-3803 |
Article metricsAbstract views : 0 |
Cite |
References
Alqahtani, A. Y., & Rajkhan, A. A. (2020). E-learning critical success factors during the COVID-19 pandemic: A comprehensive analysis of e-learning managerial perspectives. Education Sciences, 10(9), 216. https://doi.org/10.3390/educsci10090216
Basilaia, G., & Kvavadze, D. (2020). Transition to online education in schools during a SARS-CoV-2 coronavirus (COVID-19) pandemic in Georgia. Pedagogical Research, 5(4), em0060. https://doi.org/10.29333/pr/7937
Dwiyogo, W. D. (2020). Pembelajaran berbasis blended learning dan penerapannya dalam pembelajaran inovatif. Malang: Wineka Media.
Huda, M., Maseleno, A., Teh, K. S. M., Don, A. G., Basiron, B., Jasmi, K. A., & Ahmad, R. (2018). Understanding modern learning environment (MLE) in big data era. International Journal of Emerging Technologies in Learning (iJET), 13(5), 71–85. https://doi.org/10.3991/ijet.v13i05.8042
Kebritchi, M., Lipschuetz, A., & Santiague, L. (2017). Issues and challenges for teaching successful online courses in higher education: A literature review. Journal of Educational Technology Systems, 46(1), 4–29. https://doi.org/10.1177/0047239516661713
Kuntarto, E. (2017). Keefektifan model pembelajaran daring dalam perkuliahan bahasa Indonesia di perguruan tinggi. Indonesian Language Education and Literature, 3(1), 99–110. https://doi.org/10.24235/ileal.v3i1.1820
Putra, A. (2021). Pelatihan penggunaan LMS Google Classroom untuk meningkatkan kompetensi guru sekolah dasar. Jurnal Abdimas Pendidikan, 1(2), 120–129.
Rahmawati, R., & Sari, N. (2020). Penerapan Google Classroom sebagai LMS dalam meningkatkan kualitas pembelajaran daring. Jurnal Teknologi Pendidikan, 22(2), 157–168.
UNESCO. (2020). COVID-19 and education: From disruption to recovery. Paris: UNESCO. Retrieved from https://www.unesco.org/en/covid-19/education-response
Yulia, H. (2020). Online learning to prevent the spread of pandemic COVID-19 in Indonesia. Eternal (English Teaching Journal), 11(1), 48–56.
Nasution. H. N, Nasution. S. W. R, Hidayat. T, ( 2022) “Mendesain Secara Praktis dengan Corel Draw” PT. Nasya Expanding Management , 1-142
Nasution. H. N, Nasution. S. W. R, Hidayat. T, ( 2023) “Bahan Ajar Aplikasi Belajar Media Interaktif dengan iSpiring Suite 8” PT. Nasya Expanding Management , 1-66
Nasution. H. N, Nasution. S. W. R, Hidayat. T, ( 2024) “Perkembangan Peserta Didik dalam Menghadapi Revolusi Perkembangan teknologi Informasi” Pena muda, 1-196
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Martabe : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.





