(2) Tiara Ramadhani
(3) Budi Darmawan
(4) Zanuar Barep Prasetyo
(5) Wilda Afriani
*corresponding author
AbstractBullying dan rendahnya literasi digital masih menjadi tantangan serius di lingkungan sekolah, termasuk di wilayah perkotaan seperti Kota Pangkalpinang. Program Sekolah Ramah Anak menekankan pentingnya menciptakan lingkungan belajar yang aman, inklusif, dan mendukung perkembangan peserta didik. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan siswa tentang bullying dan literasi digital melalui kegiatan sosialisasi di SMP Negeri 1 Pangkalpinang. Metode pelaksanaan dilakukan melalui tiga tahap, yaitu persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Kegiatan sosialisasi dilaksanakan secara interaktif melalui penyampaian materi, diskusi, permainan edukatif, dan refleksi pengalaman pribadi siswa. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa siswa mampu mengenali bentuk-bentuk bullying, memahami dampak psikologisnya, serta memiliki kesadaran baru untuk mencegah perilaku tersebut, baik secara langsung maupun di dunia digital. Sebagian besar siswa juga menunjukkan pemahaman lebih baik tentang etika digital dan cara menjaga keamanan data pribadi. Kegiatan ini efektif menumbuhkan kesadaran kritis dan empati siswa, sekaligus memperkuat peran sekolah dalam membangun lingkungan yang ramah anak dan bebas kekerasan Keywordssekolah ramah anak, bullying, literasi digital, sosialisasi, siswa
|
DOIhttps://doi.org/10.31604/jpm.v8i11.%25p |
Article metricsAbstract views : 0 | PDF views : 0 |
Cite |
Full Text Download
|
References
Kominfo. (2023). Status Literasi Digital di Indonesia 2022. Katadata Insight Center.
Purnama, S., Ulfah, M., Machali, I., Wibowo, A., & Narmaditya, B. S. (2021). Does digital literacy influence students’ online risk? Evidence from Covid-19. Heliyon, 7(6): 1-6.
Ribble, M. (2015). Digital citizenship in schools: Nine elements all students should know (3rd ed.). International Society for Technology in Education (ISTE).
Sugai, G., & Horner, R. H. (2009). Responsiveness-to-intervention and school-wide positive behavior supports: Integration of multi-tiered system approaches. Exceptionality, 17(4), 223–237. https://doi.org/10.1080/09362830903235375
Tempo. (2024, Maret 12). KPAI Terima 141 Aduan Kekerasan Anak Sepanjang Awal 2024, 35 Persen Terjadi di Sekolah. Tempo. https://www.tempo.co/arsip/kpaiterima-141-aduan-kekerasan-anak-sepanjang-awal-2024-35-persen-terjadi-disekolah-78415
Wahyono, D. (2023, Desember 5). Heboh Siswi SD di Pangkalpinang Jadi Korban Bullying Teman Kelas. Detik Sumbagsel. https://www.detik.com/sumbagsel/berita/d-7073412/heboh-siswi-sddipangkalpinang-jadi-korban-bullying-teman-kelas
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Martabe : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.






Download