EDUKASI POLA HIDUP SEHAT PADA ANAK USIA DINI DENGAN MEDIA GAMBAR DI TK ‘AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL LHONG RAYA KOTA BANDA ACEH

(1) * Rina Sulicha Mail (Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKes) Muhammadiyah Aceh, Indonesia)
(2) Cut Mainy Handiana Mail (Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKes) Muhammadiyah Aceh, Indonesia)
*corresponding author

Abstract


Pola hidup sehat pada anak usia dini merupakan fondasi penting untuk membentuk kebiasaan sehat sepanjang hidup. Namun, masih banyak anak usia dini yang belum memahami pentingnya menjaga kebersihan diri, cuci tangan yang benar, dan pola makan sehat. Hal ini dapat berdampak pada tingginya angka penyakit pada anak seperti diare, ISPA, dan masalah kesehatan lainnya. TK ‘Aisyiyah Bustanul Athfal Lhong Raya merupakan salah satu lembaga pendidikan anak usia dini di Banda Aceh yang memerlukan edukasi tentang pola hidup sehat. Melalui metode pembelajaran yang menarik dan sesuai dengan karakteristik anak usia dini, diharapkan pesan kesehatan dapat tersampaikan dengan efektif. STIKes Muhammadiyah Aceh sebagai institusi pendidikan kesehatan berinisiatif mengadakan kegiatan edukasi pola hidup sehat menggunakan media gambar yang menarik dan interaktif. Media gambar dipilih karena sesuai dengan karakteristik anak usia dini yang senang bermain sambil belajar. Kegiatan ini telah dilaksanakan dengan melibatkan 60 anak usia dini di TK ‘Aisyiyah Bustanul Athfal Lhong Raya. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan pengetahuan anak tentang pola hidup sehat sebesar 80% setelah mengikuti edukasi dengan media gambar. Berdasarkan  hasil observasi langsung, ditemukan bahwa 70% siswa dapat mendemonstrasikan cara mencuci tangan dengan benar sesuai dengan media worksheet yang ditampilkan. Sementara itu, Tingkat Pengetahuan siswa dapat dibagi menjadi tiga bagian, yaitu tingkat pengetahuan siswa tentang cara mencuci tangan yang benar (75%), tingkat pengetahuan siswa tentang jenis-jenis makanan (sayur dan buah-buahan) dan minuman bergizi (85%) dan pengetahuan siswa tentang cara memilah dan menempatkan sampah organik dan non-organik (80%). Dari ketiga aspek pengamatan pegetahuan siswa, tingkat pengetahuan siswa yang paling tinggi adalah 85% yaitu pengetahuan siswa tentang makanan dan minuman bergizi

Keywords


Edukasi, Pola Hidup Sehat, Anak Usia Dini

   

DOI

https://doi.org/10.31604/jpm.v8i9.3766-3777
      

Article metrics

Abstract views : 0 | PDF views : 0

   

Cite

   

Full Text

Download

References


Arsyad, A. (2020). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers

Departemen Kesehatan RI. (2020). Profil Kesehatan Indonesia. Jakarta: Kemenkes RI.

Fatimah, N., Wulandari, T., & Putri, D. (2022). Efektivitas Media Poster Bergambar dalam Meningkatkan PHBS Anak PAUD. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 45–52).

Hurlock, E. B. (2005). Child Development. Jakarta: Erlangga.

Ningsih, R., et al. (2024). Media Gambar dalam Edukasi Gizi Seimbang Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi, 8(2), 1150–1160.

Suyadi. (2013). Psikologi Belajar Anak Usia Dini. Yogyakarta: Pedagogia.

Sari, R., & Nugroho, W. (2021). Pemanfaatan Media Gambar untuk Meningkatkan Hasil Belajar Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 10(1), 45–53

Dinas Kesehatan Kota Banda Aceh. (2024). Laporan Tahunan Kesehatan Ibu dan Anak. Banda Aceh: Dinkes Kota Banda Aceh.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2023). Profil Kesehatan Indonesia. Jakarta: Kemenkes RI.

Lagu edukatif “Bersih-Bersih Sampah” yang diunduh dari laman YouTube https://www.youtube.com/watch?v=RkpUj7X98ok&list=RDRkpUj7X98ok&start_radio=1 pada tanggal 3 Agustu 2025, pukul 11.30 wib.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Martabe : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.