PENDAMPINGAN OLIMPIADE MADRASAH INDONESIA (OMI) RISET SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KOMPETENSI PENELITIAN SISWA MTSN 3 KOTA TIDORE

(1) * Adiyana Adam Mail (Institut Agama Islam Negeri ( IAIN) Ternate, Indonesia)
(2) ,Kartini Limatahu Mail (Institut Agama Islam Negeri ( IAIN) Ternate, Indonesia)
(3) Nusin Sapil Mail (Institut Agama Islam Negeri ( IAIN) Ternate, Indonesia)
(4) Asmiraty Asmiraty Mail (Institut Agama Islam Negeri ( IAIN) Ternate, Indonesia)
(5) Irfan Irfan Mail (Institut Agama Islam Negeri ( IAIN) Ternate, Indonesia)
*corresponding author

Abstract


Kegiatan pendampingan Olimpiade Madrasah Indonesia (OMI) Riset di MTsN 3 Kota Tidore dilaksanakan sebagai upaya peningkatan kompetensi penelitian siswa madrasah. Program ini melibatkan 15 siswa dan 3 guru pembina melalui tahapan pelatihan, workshop, serta pendampingan intensif dari dosen perguruan tinggi. Pendekatan yang digunakan meliputi ceramah interaktif, diskusi kelompok, coaching, dan learning by doing agar siswa terlibat langsung dalam setiap tahap penelitian. Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan pemahaman konsep penelitian sebesar 32%, terutama dalam aspek perumusan masalah, tujuan penelitian, dan teknik pengumpulan data. Selain itu, kemampuan presentasi dan kepercayaan diri siswa juga meningkat signifikan. Program ini tidak hanya berdampak pada peningkatan literasi sains siswa, tetapi juga memperkuat kapasitas guru pembina dalam membimbing riset. Kolaborasi antara perguruan tinggi dan madrasah terbukti efektif sebagai model kemitraan pengembangan budaya riset di lingkungan pendidikan menengah.


Keywords


pendampingan riset, OMI Riset, kompetensi penelitian

   

DOI

https://doi.org/10.31604/jpm.v8i11.4240-4247
      

Article metrics

Abstract views : 0 | PDF views : 0

   

Cite

   

Full Text

Download

References


Faruq, U., & Bakar, M. Y. A. (2025). Pendidikan sebagai alat transformasi sosial perspektif filsafat ilmu. Concept: Journal of Social Humanities and Education, 4(1), 56-74.

Ghufron, S., & Kasiyun, S. (2020). Pelatihan Dan Pendampingan Penulisan Artikel Ilmiah Bagi Guru Sd Di Sdn Margorejo Vi Surabaya. Prosiding Semadif, 1.

Guskey, T. R. (2002). Professional development and teacher change. Teachers and Teaching: Theory and Practice, 8(3), 381–391. https://doi.org/10.1080/135406002100000512

Im, Rosdiana, Adiyana Adam, Sahjad M Aksan, and Minggusta Juliadarma. 2025. “PENDAMPINGAN GURU MAN SULA DALAM PENYUSUNAN MODUL AJAR KURIKULUM MERDEKA BERBASIS DEEP LEARNING DENGAN PEMANFAATAN AI.” Martabe,Jurnal Pengabdian Masyarakat 8 (10): 3759–65. https://doi.org/https://doi.org/10.31604/jpm.v8i10.3759-3765.

Kementerian Agama Republik Indonesia. (2025). Juknis Olimpiade Madrasah Indonesia 2025: Panduan resmi pelaksanaan Olimpiade Madrasah Indonesia. Direktorat Jenderal Pendidikan Islam. Diakses dari https://kamimadrasah.com/juknis-omi-2025-panduan-resmi-olimpiade-madrasah-indonesia/

Kolb, D. A. (1984). Experiential learning: Experience as the source of learning and development. Prentice Hall.

Krisma, D. A., & Shochifah, O. L. N. (2023). Pelatihan Dan Pendampingan Persiapan Madrasah Young Researchers Supercamp (Myres) Bidang Matematika. Abdi Masya, 4(2), 188-197.

Mubin, N., Basri, B., Nur, M. A., & Ma’ruf, R. A. (2025). Implementasi Kurikulum Merdeka pada Pendidikan Agama Islam untuk Peningkatan Mutu Pembelajaran. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(6), 6849-6858.

Munawaroh, D. A. (2022). Strategi menemukan topik ide penelitian bagi siswa di madrasah. Jurnal Teknologi Pembelajaran (JTeP), 2(1), 27-33.

Nasihudin, N., & Hariyadin, H. (2021). Pengembangan keterampilan dalam pembelajaran. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(4), 733-743.

Saimroh, S., & Basid, A. (2021). Budaya Meneliti Siswa Madrasah Melalui Madrasah Young Researchers Super Camp. EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama dan Keagamaan, 19(1), 25-39.

Setyowati, dkk. (2022). Model pembelajaran berbasis praktik langsung untuk meningkatkan pemahaman konsep riset siswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 5(2), 123-135.

Sholeh, A., Putra, A. A., Rahman, A., & Wahyuni, T. C. U. (2024). Pendampingan Penguatan Karya Ilmiah Siswa Madrasah Aliyah MANTAB Siak Menuju Hibah Paper Madrasah Young Research (MYRES) Dirjen Pendis RI. Natijah: Jurnal Pengabdian Pendidikan Islam, 1(3), 99-106.

Wenger, E. (1998). Communities of practice: Learning, meaning, and identity. Cambridge, UK: Cambridge University Press.

Yuliana, R. (2021). Pengaruh pendampingan berkelanjutan terhadap kualitas proposal penelitian pada siswa tingkat menengah. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 9(1), 45-56.

Yusuf, M., Marauleng, A., Syam, I., Masita, S., & Marzuki, M. (2024). Efektivitas Ragam Metode Dalam Pembelajaran PAI. Al-Abshor: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(3), 129-142.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Martabe : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.