EFEK MEDIA SOSIAL UNTUK PEMASARAN JAMUR TIRAM DI DESA PURWOSARI

(1) * Virza Dwi Akbar Mail (Universitas Indo Global Mandiri, Indonesia)
(2) Siti Komariah Hildayanti Mail (Universitas Indo Global Mandiri, Indonesia)
(3) Lesi Hartati Mail (Universitas Indo Global Mandiri, Indonesia)
*corresponding author

Abstract


Perkembangan teknologi digital memberikan peluang besar bagi pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) untuk memperluas pasar melalui media sosial. Salah satu UMKM yang ada di Desa Purwosari adalah usaha budidaya jamur tiram. Permasalahan yang dihadapi mitra adalah keterbatasan dalam strategi pemasaran, di mana produk jamur tiram masih dipasarkan secara konvensional dari mulut ke mulut sehingga jangkauannya terbatas. Melalui program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik, mahasiswa melakukan pendampingan kepada pelaku usaha jamur tiram dengan memanfaatkan media sosial sebagai sarana pemasaran. Metode pelaksanaan meliputi observasi, pelatihan penggunaan media sosial (Facebook, Instagram, dan WhatsApp Business), serta pembuatan konten promosi berupa foto produk, poster digital, dan video pendek. Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan jangkauan pemasaran dan interaksi konsumen setelah penggunaan media sosial. Selain itu, pelaku usaha menjadi lebih mandiri dalam mengelola akun media sosialnya. Kegiatan ini membuktikan bahwa media sosial merupakan sarana efektif untuk meningkatkan daya saing UMKM di era digital.


Keywords


Jamur Tiram, KKN, Media Sosial, Pemasaran Digital, UMKM

   

DOI

https://doi.org/10.31604/jpm.v8i11.4129-4135
      

Article metrics

Abstract views : 0 | PDF views : 0

   

Cite

   

Full Text

Download

References


Abidan Rosyidi, R., Dwi Dito, M., Hakiki, A., Lucky Wibowo, M., Husaini, F., & Arie Fianto, B. (2025). Peran Media Sosial dalam Strategi Pemasaran Produk UMKM. SANTRI : Jurnal Ekonomi Dan Keuangan Islam, 3(3), 113–128.

Fatimah, D., Lorenza, D. A., & ... (2025). Peningkatan Produk Umkm Jamu “Sari Minuman” Melalui Pengembangan Kemasan Menarik Dengan Canva. … : Jurnal Sosial Dan …, 3, 72–78. https://jurnal.kalimasadagroup.com/index.php/SEMAR/article/view/1784%0Ahttps://jurnal.kalimasadagroup.com/index.php/SEMAR/article/download/1784/898

Fitria, F., Butar Butar, M., Permana, J., Hutagaol, J., Harahap, R. A., & Jamaluddin, J. (2024). Pemanfaatan Media Sosial untuk Pemasaran Produk UMKM Kecamatan Sunggal. Wahana Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 54–58. https://doi.org/10.56211/wahana.v3i2.696

Nainggolan, A. F. S., & Airawaty, D. (2024). Penerapan Digital Marketing Dalam Meningkatkan Efektivitas Pemasaran Umkm Rumah Jamu Argomulyo. Jurnal BUDIMAS, 6(2), 1–8.

Nyoman, N., Novarini, A., Kadek, I., Javantal, M., Made, I., & Artadinata, B. (2023). Strategi Pemasaran Umkm Pembudidayaan Jamur Melalui Digital Marketing Di Desa Kekeran. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat, 2(1), 392–395.

Putri, E. S., & Thohiri, R. (2025). Pengaruh Pemanfaatan Media Sosial Terhadap Strategi Pemasaran Dan Penjualan Produk UMKM. Ikraith-Ekonomika, 8(2), 314–327.

Sari, F., & Iskandar, S. (2024). Strategi Digital Marketing untuk Memperluas Pemasaran Budidaya Jamur Tiram Limau Manis Sejahtera di Kubang Limau Manis , Pauh Padang. 2(2009), 4.

Trulline, P. (2021). Pemasaran produk UMKM melalui media sosial dan e-commerce. Jurnal Manajemen Komunikasi, 5(2), 259. https://doi.org/10.24198/jmk.v5i2.32746

Umayah, A., Pratama, R., Rahayu, R. I., Saputra, M. R., Jo Andreansya, D., Aisyah Billah, E., Ayu Saputri, K., & Ningsi, S. Y. (2020). PENDAMPINGAN DIGITAL MARKETING UMKM BUDIDAYA JAMUR TIRAM PUTIH DI DESA JUMPUTREJO. 1–23.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Martabe : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.