ECO-PROJECT AQUAPONIK SEBAGAI MEDIA KONTEKSTUAL DALAM PEMBELAJARAN EKOSISTEM PADA SISWA SMP

(1) * Permata Ika Hidayati Mail (Universitas Insan Budi Utomo, Indonesia)
(2) Ismi Nurul Qomariyah Mail (Universitas Insan Budi Utomo)
(3) A. Yusuf Kholil Mail (Universitas Tribhuwana Tunggadewi, Indonesia)
*corresponding author

Abstract


Program pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk mengimplementasikan Eco-Project berbasis teknologi aquaponik sebagai media kontekstual dalam pembelajaran ekosistem di SMP Sriwedari. Aquaponik dipilih karena mampu mengintegrasikan konsep biologi antara tanaman dan ikan secara nyata, sehingga memudahkan siswa memahami keterkaitan antar komponen ekosistem. Metode pelaksanaan meliputi sosialisasi kepada guru dan siswa, pelatihan pembuatan instalasi aquaponik sederhana, pendampingan dalam penerapan pembelajaran berbasis proyek, serta evaluasi pemahaman siswa melalui observasi, diskusi, dan refleksi. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa penggunaan aquaponik sebagai media kontekstual meningkatkan pemahaman konsep ekosistem, keterampilan berpikir kritis, dan kesadaran terhadap teknologi ramah lingkungan. Selain itu, siswa memperoleh pengalaman berharga dalam aspek kewirausahaan melalui pemanfaatan hasil panen ikan dan sayuran. Dampak lain yang teridentifikasi adalah meningkatnya motivasi belajar siswa karena mereka terlibat langsung dalam praktik nyata yang relevan dengan kehidupan sehari-hari. Kontribusi pengabdian ini tidak hanya mendukung inovasi pembelajaran biologi di sekolah, tetapi juga memperkuat literasi sains, sikap peduli lingkungan, serta keterampilan abad ke-21


Keywords


eco-project aquaponik, media kontekstual, pembelajaran ekosistem, literasi lingkungan, siswa SMP

   

DOI

https://doi.org/10.31604/jpm.v8i11.4165-4169
      

Article metrics

Abstract views : 0 | PDF views : 0

   

Cite

   

Full Text

Download

References


Astuti, P., Wulandari, N., & Pratiwi, D. (2021). Penerapan project-based learning berbasis lingkungan untuk meningkatkan literasi sains siswa SMP. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 9(2), 213–224. https://doi.org/10.15294/jpsi.v9i2.31241

Nurhidayati, S., & Firmansyah, R. (2022). Sekolah ramah lingkungan sebagai sarana membangun literasi ekologi siswa. Jurnal Pendidikan Lingkungan dan Pembangunan Berkelanjutan, 23(1), 45–56.

Putri, A. D., & Widodo, A. (2019). Pemanfaatan aquaponik sebagai media pembelajaran biologi kontekstual. Biosfer: Jurnal Pendidikan Biologi, 12(1), 33–41. https://doi.org/10.21009/biosferjpb.v12i1.4390

Somerville, C., Cohen, M., Pantanella, E., Stankus, A., & Lovatelli, A. (2015). Small-scale aquaponic food production: Integrated fish and plant farming. FAO Fisheries and Aquaculture Technical Paper No. 589. Food and Agriculture Organization of the United Nations.

Yuliati, N., & Lestari, D. (2020). Pendekatan kontekstual dalam pembelajaran sains: Upaya meningkatkan pemahaman konsep siswa SMP. Jurnal Pendidikan Sains, 8(3), 178–186. https://doi.org/10.17977/jps.v8i3.5672


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Martabe : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.