(2) Endah Dewi Purnamasari
(3) Yeni Yeni
*corresponding author
AbstractPenelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh inovasi produk keripik tempe daun jeruk terhadap daya saing pada skala Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Inovasi dilakukan melalui penambahan daun jeruk sebagai bahan baku tambahan yang memberikan aroma khas dan meningkatkan nilai jual produk. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi pada pelaku UMKM di wilayah Sukarame, Palembang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa inovasi ini mampu meningkatkan diferensiasi produk, memperluas segmen pasar, serta memperkuat identitas merek UMKM di tengah persaingan produk olahan tempe. Inovasi berbasis kearifan lokal juga meningkatkan persepsi kualitas di mata konsumen. Selain itu, pelaku UMKM mengalami peningkatan penjualan dan jangkauan distribusi produk setelah penerapan inovasi. Oleh karena itu, inovasi produk seperti keripik tempe daun jeruk layak dijadikan strategi pengembangan daya saing UMKM di sektor pangan olahan KeywordsInovasi Produk, Keripik Tempe, Daun Jeruk, Daya Saing, UMKM
|
DOIhttps://doi.org/10.31604/jpm.v8i11.4116-4122 |
Article metricsAbstract views : 0 | PDF views : 0 |
Cite |
Full Text Download
|
References
Cahyo Adi, D., Amalia Ikhsani, P., Satria Wardhana, I., & Dias Siwi, D. (2025). Analisis SWOT Strategi Penjualan Keripik Tempe Kriuk Temen Melalui E-commerce. INCOME: Digital Business Journal, 3(1), 25–36. https://doi.org/10.30812/income.v3i1.4798
Charli, C. O., & Js, S. (2024). Strategi Pemasaran Digital untuk Mengembangkan UMKM Tempe Azaki Padang. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bangsa, 2(5), 1538–1542. https://doi.org/10.59837/jpmba.v2i5.1060
Jatiningrum, C., Muharlisiani, L. T., Rahayu, S., & Ramadhani, A. (2021). Pengembangan UMKM Melalui Peningkatan Pemasaran Produk Kripik Tempe di Desa Wonoharjo Kabupaten Tanggamus. NEAR: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1 SE-Articles), 1–6. https://jurnal.kdi.or.id/index.php/nr/article/view/264
Martusa, R., Meythi, M., Margaretha, Y., & ... (2024). Inovasi Produk pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Aksara: Jurnal Ilmu …, 10(January), 91–98. https://ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/Aksara/article/view/2337
Prabowo, D. A., Arianti, Y. S., Setyarini, A., Agribisnis, J., Veteran, U., Nusantara, B., & S, J. L. (2024). Keripik Tempe Mbak Endang Di Desa. Agribusiness, Social And Economic, 4.
Purnamasari, E. D., & Asharie, A. (2024). Digitalisasi Umkm, Literasi Keuangan Terhadap Kinerja Keuangan Umkm Di Era New Normal Pandemi Covid 19. Jesya, 7(1), 348–361. https://doi.org/10.36778/jesya.v7i1.1416
Rt Erlina Gentari, L. M. D. (2024). Upaya pengembangan usaha mikro kecil dan menengah (umkm) tempe. JAPESI: Jurnal Pengabdian Vokasi, 3(1), 14–18.
Solihah, A., Utami, P., & Dumasari. (2021). ANALISIS STRATEGI PENGEMBANGAN UMKM KERIPIK TEMPE DI DESA RAWALO KECAMATAN RAWALO KABUPATEN BANYUMAS. Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian Dan Agribisnis.
Tutiati, U. G. (2025). Strategi Inovasi Produk Dalam Meningkatkan Daya Saing Umkm Di Era Digital. JUKONI: Jurnal Ilmu Ekonomi Dan Bisnis, 02(2), 1–6.
Yeni, Y., Darmaputera, M. K., & Hildayanti, S. K. (2024). Mengeksplorasi Kecerdasan Buatan Pada Manajemen Pemasaran Digital Era 5.0 Di Dunia Umkm. Transekonomika: Akuntansi, Bisnis Dan Keuangan, 4(3), 343–358. https://doi.org/10.55047/transekonomika.v4i3.667
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Martabe : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.






Download