(2) Dalimawaty Kadir
(3) Novida Aprillya
(4) Cayah Rahma Dani
(5) Rabiatul Adawiyah
(6) Budi Andrean
(7) Syahriza Rizki Ritonga
*corresponding author
AbstractUsaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) memiliki peran penting dalam meningkatkan perekonomian masyarakat desa. Pengabdian ini berfokus pada pengembangan UMKM berbasis potensi lokal di Desa Barung-Barung dengan studi kasus pembuatan jamu bubuk jahe dan perancangan logo produk. Jahe dipilih karena mudah didapat, memiliki nilai kesehatan, dan berpotensi menjadi produk unggulan desa. Melalui pendekatan partisipatif, warga dilibatkan mulai dari proses produksi, pengemasan, hingga identitas visual produk. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa pembuatan jamu bubuk jahe mampu meningkatkan nilai tambah hasil pertanian, sementara logo yang dirancang membantu memperkuat citra dan daya tarik produk di pasar. Pengembangan UMKM berbasis potensi lokal menjadi salah satu cara untuk memperkuat ekonomi masyarakat desa. Pengabdian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan fokus pada studi pembuatan jamu bubuk jahe dan perancangan logo di Desa Barung-Barung. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan diskusi bersama warga yang terlibat langsung dalam proses produksi. Hasil Pengabdian menunjukkan bahwa keterlibatan masyarakat tidak hanya meningkatkan keterampilan dalam mengolah jahe menjadi produk bernilai jual, tetapi juga menumbuhkan rasa memiliki terhadap identitas produk melalui pembuatan logo. Proses ini memperlihatkan bahwa pengembangan UMKM tidak hanya tentang keuntungan ekonomi, tetapi juga tentang penguatan kapasitas, kebersamaan, dan pelestarian potensi lokal. KeywordsUMKM, Potensi Lokal, Jamu Bubuk Jahe, Logo
|
DOIhttps://doi.org/10.31604/jpm.v8i11.4048-4054 |
Article metricsAbstract views : 0 | PDF views : 0 |
Cite |
Full Text Download
|
References
Bastomi, M. (2022). Pengembangan usaha
kecil bubuk jahe dan kunyit melalui peningkatan strategi pemasaran. As-Sidanah: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 45–52.
Institercom Journal. (2021). Sosialisasi
dan edukasi pembuatan minuman jahe serbuk. Jurnal Pengabdian Masyarakat Institercom, 2(2), 33–40.
Krida Cendekia. (2023). Pendampingan
pembuatan jamu bubuk jahe dalam penguatan UMKM desa. Jurnal Krida Cendekia, 5(1), 55–62.
Lubis, T. A. (2024). Strategi
memanfaatkan kearifan lokal untuk meningkatkan daya saing UMKM di Provinsi Jambi. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, 12(1), 77–88.
Minartis Journal. (2024). Strategi
pemberdayaan UMKM berbasis potensi lokal di Desa Ranugedang, Probolinggo. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Minartis, 6(2), 101–112.
Nusantara Hasana Journal. (2023).
Pengembangan SDM UMKM berbasis potensi lokal di Yogyakarta. Nusantara Hasana: Jurnal Pengembangan Masyarakat, 7(3), 65–73.
Polnaya, G. A. (2013). Pengembangan
ekonomi lokal untuk meningkatkan daya saing UKM ekonomi kreatif. Jurnal Bisnis dan Ekonomi, 20(2), 115–125.
Proceedings UIN Saizu. (2023).
Pemberdayaan UMKM melalui branding dan digital marketing berbasis potensi lokal. Prosiding Konferensi Pengabdian Masyarakat UIN
Saizu, 2(1), 210–218.
Riviera Publishing. (2020). Peran logo
dalam membangun branding UMKM. Jurnal Inovasi Grafika, 3(2), 88–96.
Riviera Publishing. (2021). Pentingnya
logo dalam branding UMKM. Jurnal Inovasi Grafika, 4(1), 55–63.
Sofyan, S. (2017). Peran UMKM dalam
perekonomian lokal dan nasional. Jurnal Ekonomi & Bisnis Lokal, 5(2), 23–34.
Suyatno, S. (2022). Pengembangan potensi
UMKM berbasis lokal. Jurnal Sains Manajemen dan Bisnis, 9(1), 12–21.
Refbacks
Copyright (c) 2025 Martabe : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.






Download