WORKSHOP PENILAIAN DAN EVALUASI PADA PEMBELAJARAN PAUD KURIKULUM NASIONAL: BERBASIS PENDEKATAN FITRAH PADA RA DI KOTA CIREBON

(1) * Nurzini Fazilet Mail (Universitas Islam Nusantara, Indonesia)
(2) Agus Mulyanto Mail (Universitas Islam Nusantara, Indonesia)
(3) Hasanudin Hasanudin Mail (Universitas Islam Nusantara, Indonesia)
(4) Denden Sumarlin Mail (Universitas Islam Nusantara, Indonesia)
(5) MT. Hartono Ikhsan Mail (Universitas Islam Nusantara, Indonesia)
*corresponding author

Abstract


Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) merupakan fondasi utama dalam pembentukan karakter dan pengembangan potensi anak secara menyeluruh. Kurikulum Nasional PAUD menekankan pentingnya pendekatan pembelajaran dan penilaian yang holistik, salah satunya melalui asesmen berbasis fitrah. Workshop ini diselenggarakan untuk meningkatkan kompetensi guru RA di Kota Cirebon dalam memahami dan menerapkan penilaian yang berpihak pada potensi alami dan karakter anak. Kegiatan ini melibatkan sekitar 50 guru RA dan dilaksanakan melalui ceramah interaktif, diskusi kelompok, simulasi pembuatan instrumen penilaian, serta praktik langsung observasi dan dokumentasi hasil karya anak. Hasil dari kegiatan menunjukkan bahwa peserta memperoleh pemahaman mendalam terkait konsep, prinsip, serta implementasi asesmen berbasis fitrah dalam konteks pembelajaran RA. Guru mampu menyusun instrumen penilaian yang valid dan relevan dengan perkembangan anak. Workshop ini juga mendorong terbentuknya komunitas pembelajar antarguru sebagai wadah berbagi pengalaman dan strategi penerapan asesmen yang lebih bermakna. Kegiatan ini terbukti efektif dalam meningkatkan profesionalisme guru dan mendukung implementasi kurikulum PAUD yang berorientasi pada karakter dan potensi anak.


Keywords


PAUD, Asesmen Berbasis Fitrah, Penilaian Holistik, Pengembangan Karakter.

   

DOI

https://doi.org/10.31604/jpm.v8i9.3657-3665
      

Article metrics

Abstract views : 0 | PDF views : 0

   

Cite

   

Full Text

Download

References


Anhusadar, L. (2020). Evaluasi pelaksanaan standar produk hasil belajar pada satuan pendidikan anak usia dini. Al-TA'DIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, 34-45.

Ani, Y. (2021). Pelatihan guru-guru PAUD dalam mengembangkan kompetensi pedagogi. Prosiding Penelitian Pendidikan dan Pengabdian 2021, 1(1), 719-726.

Antara, I. N. G. (2019). Pendekatan holistik dalam pengembangan karakter anak usia dini. Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 7(2), 163–172. https://doi.org/10.23887/paud.v7i2.21603

Fadillah, M., & Salamah, U. (2019). Pendidikan berbasis fitrah dalam pengembangan karakter anak usia dini. Jurnal Golden Age, 4(1), 25–35. https://doi.org/10.29408/goldenage.v4i1.1732

Isjoni, I., & Yuliana, Y. (2020). Penilaian holistik dalam pendidikan anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 903–910. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.453

Madyawati, L., Laely, K., Astuti, F. P., Sulistyaningtyas, R. E., & Usmazafi, R. A. (2024). Penerapan Asesmen Pembelajaran dalam Kurikulum Merdeka di PAUD. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bangsa, 2(10), 4359-4363.

Munastiwi, E., & Nurohman, M. (2020). Humanizing early childhood education: A conceptual review of the PAUD curriculum based on fitrah. Jurnal Pendidikan Anak, 9(2), 88–97. https://doi.org/10.21831/jpa.v9i2.33405

Munisah, E., Priyadi, M. S., Kutniawan, M., Al Hadi, I. A., Ningrum, A. W., Astuti, D., ... & Rahayu, S. P. (2024). Workshop Penyusunan Materi Ajar, RPPH, dan Assesment Untuk Guru Paud Desa Sawojajar. Pengabdian Kepada Masyarakat Cendekia, 3(2), 121-128.

Nisviati, R., Heryanti, N., & Rahmawati, I. (2025). Asesmen holistik dalam pendidikan anak usia dini berbasis karakter dan fitrah. Jurnal Pendidikan Indonesia, 14(1), 23–35. https://jurnal-id.com/index.php/jupin/article/view/1439

Putri, R. A., Kustiawati, D., & Lestari, H. (2022). Pelatihan berbasis andragogi untuk meningkatkan kompetensi guru PAUD. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 5(1), 35–45. https://doi.org/10.30651/paud.v5i1.9832

Rahman, A., Suryani, N., & Marlina, L. (2020). Evaluasi pembelajaran anak usia dini berbasis karakter: Studi implementasi di lembaga RA. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 103–113. https://doi.org/10.36722/paud.v4i2.1245

Sari, D. P., Hasanah, U., & Lestari, A. (2021). Peningkatan Kompetensi Guru RA dalam Penilaian Perkembangan Anak Melalui Pelatihan Berbasis Fitrah. Jurnal Pengabdian Masyarakat Nusantara, 2(2), 88–94.

Suprihatin, S. (2024). Fitrah-Based Education as an alternative paradigm for character development in early childhood education: A narrative review. Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 6(1), 45–60.

Wibowo, A. (2021). Pengaruh pelatihan model workshop terhadap peningkatan keterampilan guru dalam menyusun RPPH. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 55–63. https://doi.org/10.36722/paud.v6i1.2021


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Martabe : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.