 (Universitas Islam Nusantara, Indonesia)
 (Universitas Islam Nusantara, Indonesia)(2) Agus Mulyanto
 (Universitas Islam Nusantara, Indonesia)
 (Universitas Islam Nusantara, Indonesia)(3) Hasanudin Hasanudin
 (Universitas Islam Nusantara, Indonesia)
 (Universitas Islam Nusantara, Indonesia)(4) Denden Sumarlin
 (Universitas Islam Nusantara, Indonesia)
 (Universitas Islam Nusantara, Indonesia)(5) MT. Hartono Ikhsan
 (Universitas Islam Nusantara, Indonesia)
 (Universitas Islam Nusantara, Indonesia)*corresponding author
| AbstractPendidikan Anak Usia Dini (PAUD) merupakan fondasi utama dalam pembentukan karakter dan pengembangan potensi anak secara menyeluruh. Kurikulum Nasional PAUD menekankan pentingnya pendekatan pembelajaran dan penilaian yang holistik, salah satunya melalui asesmen berbasis fitrah. Workshop ini diselenggarakan untuk meningkatkan kompetensi guru RA di Kota Cirebon dalam memahami dan menerapkan penilaian yang berpihak pada potensi alami dan karakter anak. Kegiatan ini melibatkan sekitar 50 guru RA dan dilaksanakan melalui ceramah interaktif, diskusi kelompok, simulasi pembuatan instrumen penilaian, serta praktik langsung observasi dan dokumentasi hasil karya anak. Hasil dari kegiatan menunjukkan bahwa peserta memperoleh pemahaman mendalam terkait konsep, prinsip, serta implementasi asesmen berbasis fitrah dalam konteks pembelajaran RA. Guru mampu menyusun instrumen penilaian yang valid dan relevan dengan perkembangan anak. Workshop ini juga mendorong terbentuknya komunitas pembelajar antarguru sebagai wadah berbagi pengalaman dan strategi penerapan asesmen yang lebih bermakna. Kegiatan ini terbukti efektif dalam meningkatkan profesionalisme guru dan mendukung implementasi kurikulum PAUD yang berorientasi pada karakter dan potensi anak. KeywordsPAUD, Asesmen Berbasis Fitrah, Penilaian Holistik, Pengembangan Karakter. | 
| DOIhttps://doi.org/10.31604/jpm.v8i9.3657-3665 | Article metricsAbstract views : 0 | PDF views : 0 | Cite | Full Text Download | 
References
Anhusadar, L. (2020). Evaluasi pelaksanaan standar produk hasil belajar pada satuan pendidikan anak usia dini. Al-TA'DIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, 34-45.
Ani, Y. (2021). Pelatihan guru-guru PAUD dalam mengembangkan kompetensi pedagogi. Prosiding Penelitian Pendidikan dan Pengabdian 2021, 1(1), 719-726.
Antara, I. N. G. (2019). Pendekatan holistik dalam pengembangan karakter anak usia dini. Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 7(2), 163–172. https://doi.org/10.23887/paud.v7i2.21603
Fadillah, M., & Salamah, U. (2019). Pendidikan berbasis fitrah dalam pengembangan karakter anak usia dini. Jurnal Golden Age, 4(1), 25–35. https://doi.org/10.29408/goldenage.v4i1.1732
Isjoni, I., & Yuliana, Y. (2020). Penilaian holistik dalam pendidikan anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 903–910. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.453
Madyawati, L., Laely, K., Astuti, F. P., Sulistyaningtyas, R. E., & Usmazafi, R. A. (2024). Penerapan Asesmen Pembelajaran dalam Kurikulum Merdeka di PAUD. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bangsa, 2(10), 4359-4363.
Munastiwi, E., & Nurohman, M. (2020). Humanizing early childhood education: A conceptual review of the PAUD curriculum based on fitrah. Jurnal Pendidikan Anak, 9(2), 88–97. https://doi.org/10.21831/jpa.v9i2.33405
Munisah, E., Priyadi, M. S., Kutniawan, M., Al Hadi, I. A., Ningrum, A. W., Astuti, D., ... & Rahayu, S. P. (2024). Workshop Penyusunan Materi Ajar, RPPH, dan Assesment Untuk Guru Paud Desa Sawojajar. Pengabdian Kepada Masyarakat Cendekia, 3(2), 121-128.
Nisviati, R., Heryanti, N., & Rahmawati, I. (2025). Asesmen holistik dalam pendidikan anak usia dini berbasis karakter dan fitrah. Jurnal Pendidikan Indonesia, 14(1), 23–35. https://jurnal-id.com/index.php/jupin/article/view/1439
Putri, R. A., Kustiawati, D., & Lestari, H. (2022). Pelatihan berbasis andragogi untuk meningkatkan kompetensi guru PAUD. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 5(1), 35–45. https://doi.org/10.30651/paud.v5i1.9832
Rahman, A., Suryani, N., & Marlina, L. (2020). Evaluasi pembelajaran anak usia dini berbasis karakter: Studi implementasi di lembaga RA. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 103–113. https://doi.org/10.36722/paud.v4i2.1245
Sari, D. P., Hasanah, U., & Lestari, A. (2021). Peningkatan Kompetensi Guru RA dalam Penilaian Perkembangan Anak Melalui Pelatihan Berbasis Fitrah. Jurnal Pengabdian Masyarakat Nusantara, 2(2), 88–94.
Suprihatin, S. (2024). Fitrah-Based Education as an alternative paradigm for character development in early childhood education: A narrative review. Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 6(1), 45–60.
Wibowo, A. (2021). Pengaruh pelatihan model workshop terhadap peningkatan keterampilan guru dalam menyusun RPPH. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 55–63. https://doi.org/10.36722/paud.v6i1.2021
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Martabe : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
 
 
  
  
  
 




