
(2) Adiyana Adam

(3) Kartini Kartini

(4) Sahjad M.Aksan

(5) Minggusta Juliadarma

*corresponding author
AbstractKegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk mendampingi guru-guru MAN Sula dalam menyusun modul ajar Kurikulum Merdeka berbasis deep learning dengan pemanfaatan kecerdasan buatan (AI). Metode yang digunakan adalah Participatory Action Research (PAR), yang melibatkan guru secara aktif dalam seluruh tahapan siklus: perencanaan, aksi, evaluasi, dan refleksi. Kegiatan dilaksanakan melalui forum MGMP dengan melibatkan 15 guru dari berbagai mata pelajaran. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa seluruh guru berhasil menyusun modul ajar sesuai capaian pembelajaran Kurikulum Merdeka 2025. Modul yang dihasilkan memuat strategi pembelajaran berbasis proyek, asesmen autentik, serta integrasi sederhana AI, seperti pembuatan soal adaptif. Proses presentasi dan refleksi memperlihatkan adanya peningkatan kreativitas, literasi digital, serta kepercayaan diri guru dalam merancang pembelajaran bermakna. Meskipun terdapat kendala berupa keterbatasan infrastruktur digital dan kesenjangan literasi teknologi, forum MGMP dengan pendekatan PAR terbukti mampu mengatasi hambatan melalui kolaborasi dan saling dukung antar guru. Dengan demikian, kegiatan ini tidak hanya menghasilkan produk modul ajar, tetapi juga memperkuat budaya kolaboratif dan profesionalisme guru di MAN Sula. KeywordsMGMP, modul ajar, deep learning
|
DOIhttps://doi.org/10.31604/jpm.v8i10.3759-3765 |
Article metricsAbstract views : 0 | PDF views : 0 |
Cite |
Full Text![]() |
References
Ekawati Haryono, H., Almubarokah, N. H., Faridah, L., et al. (2024). AI untuk Pendidikan: Workshop Modul Ajar Deep Learning Bagi Guru. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bhinneka.
Haryono, H. E., Almubarokah, N. H., Faridah, L., Mustofa, M., Hamidah, E., & Sasomo, B. (2025). AI untuk Pendidikan: Workshop Modul Ajar Deep Learning bagi Guru. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bhinneka, 3(4), 400-408.
Khotimah, D. K., & Abdan, M. R. (2025). Analisis pendekatan deep learning untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran PAI di SMKN Pringkuku. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 5(2), 866-879.
Marwan, I., Sunaiyah, S., & Candra, M. S. K. (2025). Pendampingan Pengembangan Modul Ajar Pada Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar Islam Azzihad Terpadu Bandung. Jurnal ABDINUS: Jurnal Pengabdian Nusantara, 9(2), 402-409.
MAULANA, F. Konsep Pendekatan Deep Learning Melalui Prinsip Mindful, Meaningful, dan Joyful Learning Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (Bachelor's thesis, Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta)..
McTaggart, R. (1991). Principles for participatory action research. Adult education quarterly, 41(3), 168-187.
Novita, M., & Solihin, M. (2024). IMPLEMENTASI METODOLOGI PAR DAN ABCD DALAM KULIAH KERJA NYATA.
Rahmawati, D., & Prasetyo, A. (2020). Implementasi model PAR dalam pengabdian kepada masyarakat di bidang pendidikan. Jurnal Abdi Pendidikan, 4(2), 112–121.
Ritonga, L. A. (2024). Peningkatan Kompetensi Guru Melalui Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP). Analysis, 2(2), 320-327.
Suryaningsih, H. A., & Purnomo, H. (2023). Kesiapan guru terhadap literasi digital pada implementasi kurikulum merdeka di SD negeri sembungan. Renjana Pendidikan Dasar, 3(4), 247-253.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Martabe : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.