INOVASI PEMBELAJARAN BERBASIS DAUR ULANG LIMBAH TUTUP BOTOL DENGAN TEKNIK HEAT PRESS UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN SISWA-SISWI YAYASAN PENDIDIKAN AL-HUSNA TANGERANG SELATAN

(1) * Junaidi Salam Mail (Universitas Mercu Buana, Indonesia)
(2) Anizar Anizar Mail (YPI Al-Husna Tangerang Selatan, Indonesia)
(3) Karisma Riskinanti Mail (Universitas Mercu Buana, Indonesia)
(4) Dwi Ramayanti Mail (Universitas Mercu Buana, Indonesia)
(5) Marsnata Jadwaa Kurniawan Mail (Universitas Mercu Buana, Indonesia)
(6) Diana Nur Apriliani Mail (Universitas Mercu Buana, Indonesia)
*corresponding author

Abstract


Hasil Programme for International Student Assessment (PISA) 2022 menunjukkan capaian literasi, matematika, dan sains siswa Indonesia masih berada di bawah rata-rata OECD. Kondisi ini mengindikasikan bahwa metode pembelajaran konvensional yang masih menekankan hafalan kurang efektif dalam membekali siswa menghadapi tantangan global. World Economic Forum (WEF, 2020) menegaskan bahwa keterampilan abad ke-21 seperti kreativitas, pemecahan masalah, komunikasi, dan kolaborasi sangat diperlukan dalam dunia kerja masa depan. Oleh karena itu, diperlukan pendekatan pembelajaran kontekstual, salah satunya melalui Project-Based Learning (PjBL). Program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) di Yayasan Pendidikan Islam (YPI) Al Husna dirancang untuk menjawab tantangan tersebut dengan menerapkan PjBL berbasis lingkungan. Kegiatan meliputi pelatihan guru dalam penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) berbasis proyek, pengembangan modul tematik, serta praktik pengolahan limbah plastik jenis HDPE menggunakan teknik heat press sederhana. Siswa dilibatkan secara langsung dalam proyek daur ulang, menghasilkan produk edukatif sekaligus menumbuhkan kepedulian lingkungan. Orang tua juga berperan melalui dukungan bahan, pendampingan, dan partisipasi dalam pameran hasil karya. Luaran program menunjukkan peningkatan kapasitas pedagogis guru, keterampilan praktis dan kolaboratif siswa, serta terbentuknya budaya peduli lingkungan di sekolah. Keberlanjutan dijamin melalui pembentukan Tim Penggerak Sekolah Peduli Lingkungan. Dengan demikian, PKM ini berkontribusi dalam peningkatan mutu pendidikan dasar yang inklusif, kontekstual, dan berorientasi pada keberlanjutan.


Keywords


Project-Based Learning (PjBL), Pengelolaan Limbah Plastik, Pendidikan Inklusif, Pendidikan Kontekstual, Kesadaran Lingkungan

   

DOI

https://doi.org/10.31604/jpm.v8i10.%25p
      

Article metrics

Abstract views : 0 | PDF views : 0

   

Cite

   

Full Text

Download

References


H Yayasan Pendidikan Islam Al Husna. Profil Lembaga [Internet]. Tangerang Selatan: YPI Al Husna; 2024 [diakses 25 Mar 2025]. Tersedia dari: https://sites.google.com/view/ppdbmmialhusna

Badan Pusat Statistik Kota Tangerang Selatan. Kecamatan Pondok Aren dalam Angka 2023. Tangerang Selatan: BPS; 2023.

Nathanael. Pendidikan Indonesia: Kurangnya Pengembangan Keterampilan Praktis. Kompasiana [Internet]. 2024 Apr 7 [diakses 25 Mar 2025]. Tersedia dari: https://www.kompasiana.com/nathanael28561/6638f96f14709368293e7af2

Unitrend Indonesia. Strategi Meningkatkan Kesadaran Lingkungan Melalui Pendidikan Berbasis Limbah [Internet]. Jakarta: Unitrend; 2024 [diakses 25 Mar 2025]. Tersedia dari: https://unitrend.id

Bappenas. Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) - Goal 4: Pendidikan Berkualitas [Internet]. Jakarta: Kementerian PPN/Bappenas; 2024 [diakses 25 Mar 2025]. Tersedia dari: https://sdgs.bappenas.go.id/17-goals/goal-4

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. Buku Panduan Indikator Kinerja Utama (IKU) Perguruan Tinggi. Jakarta: Kemendikbudristek; 2023.

Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi. Rencana Induk Riset Nasional (RIRN) 2017–2045 [Internet]. Jakarta: Kemenristekdikti; 2017 [diakses 25 Mar 2025]. Tersedia dari: https://www.lpmu.upj.ac.id/userfiles/files/RENCANA-INDUK-RISET-NASIONAL.pdf


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Martabe : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.