
(2) Anizar Anizar

(3) Karisma Riskinanti

(4) Dwi Ramayanti

(5) Marsnata Jadwaa Kurniawan

(6) Diana Nur Apriliani

*corresponding author
AbstractHasil Programme for International Student Assessment (PISA) 2022 menunjukkan capaian literasi, matematika, dan sains siswa Indonesia masih berada di bawah rata-rata OECD. Kondisi ini mengindikasikan bahwa metode pembelajaran konvensional yang masih menekankan hafalan kurang efektif dalam membekali siswa menghadapi tantangan global. World Economic Forum (WEF, 2020) menegaskan bahwa keterampilan abad ke-21 seperti kreativitas, pemecahan masalah, komunikasi, dan kolaborasi sangat diperlukan dalam dunia kerja masa depan. Oleh karena itu, diperlukan pendekatan pembelajaran kontekstual, salah satunya melalui Project-Based Learning (PjBL). Program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) di Yayasan Pendidikan Islam (YPI) Al Husna dirancang untuk menjawab tantangan tersebut dengan menerapkan PjBL berbasis lingkungan. Kegiatan meliputi pelatihan guru dalam penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) berbasis proyek, pengembangan modul tematik, serta praktik pengolahan limbah plastik jenis HDPE menggunakan teknik heat press sederhana. Siswa dilibatkan secara langsung dalam proyek daur ulang, menghasilkan produk edukatif sekaligus menumbuhkan kepedulian lingkungan. Orang tua juga berperan melalui dukungan bahan, pendampingan, dan partisipasi dalam pameran hasil karya. Luaran program menunjukkan peningkatan kapasitas pedagogis guru, keterampilan praktis dan kolaboratif siswa, serta terbentuknya budaya peduli lingkungan di sekolah. Keberlanjutan dijamin melalui pembentukan Tim Penggerak Sekolah Peduli Lingkungan. Dengan demikian, PKM ini berkontribusi dalam peningkatan mutu pendidikan dasar yang inklusif, kontekstual, dan berorientasi pada keberlanjutan. KeywordsProject-Based Learning (PjBL), Pengelolaan Limbah Plastik, Pendidikan Inklusif, Pendidikan Kontekstual, Kesadaran Lingkungan
|
DOIhttps://doi.org/10.31604/jpm.v8i10.%25p |
Article metricsAbstract views : 0 | PDF views : 0 |
Cite |
Full Text![]() |
References
H Yayasan Pendidikan Islam Al Husna. Profil Lembaga [Internet]. Tangerang Selatan: YPI Al Husna; 2024 [diakses 25 Mar 2025]. Tersedia dari: https://sites.google.com/view/ppdbmmialhusna
Badan Pusat Statistik Kota Tangerang Selatan. Kecamatan Pondok Aren dalam Angka 2023. Tangerang Selatan: BPS; 2023.
Nathanael. Pendidikan Indonesia: Kurangnya Pengembangan Keterampilan Praktis. Kompasiana [Internet]. 2024 Apr 7 [diakses 25 Mar 2025]. Tersedia dari: https://www.kompasiana.com/nathanael28561/6638f96f14709368293e7af2
Unitrend Indonesia. Strategi Meningkatkan Kesadaran Lingkungan Melalui Pendidikan Berbasis Limbah [Internet]. Jakarta: Unitrend; 2024 [diakses 25 Mar 2025]. Tersedia dari: https://unitrend.id
Bappenas. Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) - Goal 4: Pendidikan Berkualitas [Internet]. Jakarta: Kementerian PPN/Bappenas; 2024 [diakses 25 Mar 2025]. Tersedia dari: https://sdgs.bappenas.go.id/17-goals/goal-4
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. Buku Panduan Indikator Kinerja Utama (IKU) Perguruan Tinggi. Jakarta: Kemendikbudristek; 2023.
Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi. Rencana Induk Riset Nasional (RIRN) 2017–2045 [Internet]. Jakarta: Kemenristekdikti; 2017 [diakses 25 Mar 2025]. Tersedia dari: https://www.lpmu.upj.ac.id/userfiles/files/RENCANA-INDUK-RISET-NASIONAL.pdf
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Martabe : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.