
(2) Andi Wete Polili

(3) Insan Taufik

(4) Tengku Ratna Soraya

*corresponding author
AbstractKeterampilan berwirausaha merupakan salah satu keterampilan abad ke-21 yang sangat penting untuk dikuasai oleh setiap orang. Oleh karena itu, pembelajaran kewirausahaan sangat penting untuk diajarkan sejak dini kepada para siswa. Masalah yang dihadapi oleh Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Muhammadiyah 9 Medan ialah bagaimana mengajarkan kewirausahaan secara efektif dan efesien tanpa mengganggu kurikulum sekolah yang telah disusun. Artikel ini bertujuan untuk menjelaskan model implementasi pembelajaran Entrepreneurship terintegrasi di SMK Muhammadiyah 9 Medan melalui pendampingan terstruktur tentang penggunaan model pembelajaran ENTRI. Kegiatan dimulai dengan pengembangan Websites SMK Muhammadiyah 9 Medan yang di dalamnya terdapat LMS ENTRI. Pada LMS ENTRI itulah, aktivitas pembelajaran kewirausahaan secara integratif dilaksanakan. Selama proses pengembangan Websites dan LMS ENTRI, para guru dilatih untuk mengembangkan materi ajar, menyusun soal latihan studi kasus, menyusun soal untuk penugasan proyek kolaboratif, dan menyusun instrumen penilaian hasil belajar berbasis HOTS. Setelah Websites dan LMS ENTRI selesai dikembangkan, para guru dilatih untuk mengajar menggunakan model pembelajaran ENTRI dan menggunakan LMS ENTRI. Langkah berikutnya, para guru menggunakan model pembelajaran dan LMS ENTRI dalam pembelajaran di sekolah. Berdasarkan pada hasil pretest dan post-test, diperoleh peningkatan yang signifikan terhadap pengetahuan siswa di bidang kewirausahaan. Di sisi lain, aktivitas pembelajaran mata pelajaran tidak terganggu akibat pelaksanaan model dan LMS ENTRI ini.
Keywordskewirausahaan; model pembelajaran ENTRI; SMK muhammadiyah 9 medan
|
DOIhttps://doi.org/10.31604/jpm.v8i10.3796-3803 |
Article metricsAbstract views : 0 | PDF views : 0 |
Cite |
Full Text![]() |
References
Alfarizi, M. R. (2023). Pengelolaan Pembelajaran Berbasis Entrepreneurship di SMKN 1 Banda Aceh. Skripsi, Universitas Ar-Raniry Banda Aceh.
Azizah, S. (2024). Model Inkubasi Usaha dalam Pengembangan Wirausaha Muda. Jurnal Kewirausahaan dan UMKM, 12(1), 45–58.
Aziz, M. N. (2025). Kelurahan Entrepreneurship Center sebagai Model Pengembangan Wirausaha Baru. Kemenko Perekonomian. Diakses dari https://ekon.go.id.
BSKAP. (2024). Capaian Pembelajaran Mata Pelajaran Projek Kreatif dan Kewirausahaan Fase F. Kemendikbud. Diakses dari https://kurikulum.kemdikbud.go.id.
Hanover Research. (2011). “A Crosswalk of 21st Century Skills”, Washington: Connecticut Ave.
Pujianto, S.E. (2024). Implementasi Penguatan Kewirausahaan Melalui Mata Pelajaran Proyek Kreatif. SMKN 1 Bukateja. Diakses dari https://smkn1bukateja.sch.id.
Saleh, C. (2025). Transformasi Siswa SMK Menjadi Wirausaha Baru di Era Ekonomi Digital. Kemenko Perekonomian. Diakses dari https://ekon.go.id.
Sozometa Kanafi, R. I. (2025). Pembelajaran Kewirausahaan di Sekolah Rakyat. ANTARA News. Diakses dari https://www.antaranews.com
Ulfiah, H. (2021). Manajemen Kurikulum Berbasis Entrepreneurship di SMKN 2 Kediri. Tesis Magister, Pascasarjana IAIN Kediri.
Universitas PGRI Madiun. (2023). Penerapan Project-Based Learning untuk Meningkatkan HOTS di SMKN 5 Kota Madiun.
World Economic Forum. (2015). “The Skills Needed in the 21st Century” dalam www.weforum.org.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Martabe : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.