GERAKAN LITERASI DAN NUMERASI PADA SISWA SD INPRES LITE KEC. NUBATUKAN KABUPATEN LEMBATA

Yoakim Yolanda Mario Leu

Abstract


Pengabdian kepada Masyarakat ini dilaksanakan di SD Inpres Lite. Permasalahan yang ditemui di sekolah tersebut yakni literasi dan numerasi yang belum berjalan dengan baik. Pengabdian bertujuan untuk memberikan bekal bagi siswa-siswi untuk belajar literasi dan numerasi yang menyenangkan dengan menciptakan suasana belajar yang menarik serta permainan yang dapat menarik minat perserta didik untuk terlibat aktif dalam pembelajaran. Pendekatan yang diterapkan dalam pengabdian ini meliputi observasi, sosialisasi, penerapan, dan evaluasi. Kami meakukan evaluasi setelah kegiatan dan menemukan adanya peningkatan minat belajar siswa dan pemahaman siswa mengenai literasi dan numerasi. Hal initen tunya menjadi acuan untuk keberlanjutan belaja rmenyenagkan berikutnya yang perlu diterapkan di sekolahs asaran

Keywords


Pembelajaran; Literasi; Numerasi

Full Text:

PDF

References


Chasanatun, F., & Afifah, S. N. (2022). Kelas Unggulan Berliteras Program LiterasiSekolah di TK dan SD (Cetakan Pe). UNIPMA Press Universitas PGRI Madiun.

Ekowati, D. W., et. al. 2019. Literasi Numerasi di SD Muhammadiyah.ELSE (Elementary School Education Journal), 3(1): 93-103.

Faizah, D. U. dkk. (2016) Panduan Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah-Sekolah Dasar. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Firjatullah, A. F., Utani, F., Yani, L. Z., Putri, R., &Suyantri, E. (2023). Gerakan Literasi dan Numerasi Melalui Program Kampus Mengajar di SDN 32 Mataram. JurnalPengabdian Magister Pendidikan IPA, 6(4), 1395-1402.

Khasanah, F.N., Lestari, R.D Dalim, D,(2023). Pemberdayaan Anak dan Remajadalam Pengoptimalan Taman Fontabaca sebagai Menumbuhkan Minat Upaya LiterasiMembaca di Fontania DesaTambun. JurnalPengabdian6(1),11–20.https://ejurnal.ubharajaya.ac.id/index.php/Jabdimas/article/view/1682%0Ahttps://ejurnal.ubharajaya.ac.id/index.php/Jabdimas/article/download/1682/1236

Listyaningrum, E. M., Christina, A., Oktaviani, N., Anggraini, R. A., &Rahmaningtyas, L. (2023). Pembuatan Pojok Baca dan Dekorasi Ruang sebagai Upaya Meningkatkan Minat Baca Anak Usia Dini. JurnalPengabdianKepada Masyarakat Nusantara (JPkM), 4(3), 2239–2244.

Mendikbud. (2020). Pusat Asesmen Dan Pembelajaran Badan Penelitian Dan Pengembangan Dan Perbukuan Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan AKM Dan Implikasinya Pada pembelajaran

Perdana, R., &Suswandari, M. (2021). Literasi Numerasi Dalam Pembelajaran Tematik Siswa Kelas Atas Sekolah Dasar. Absis: Mathematics Education Journal, 3(1), 9–15.

Pangesti, F. T. P. (2018). Menumbuh kembangkan Literas iNumerasi Pada Pembelajaran Matematika Dengan Soal Hots.

Retnoningsih, E., Rofiah, S., Novia, R., & Salsabila, K. (2024). Budaya Gemar Membaca Bagi Anak Usia Dini Melalui Pembuatan Pojok Ruang Baca Pada Lingkungan Sekolah. Jurnal Abdimas UBJ, 7(1), 29–38.

Robi, N., & Abidin, Z. (2020). Literasi membac asebagai upaya pembentuk karakter peserta didik (jujur dan bertanggung jawab). In Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (Vol. 3, No. 1, pp. 790-797).

Wulanjani, A. N., C.WahyuAnggraeni. 2019. Meningkatkan Minat Membaca melalui Gerakan Literasi Membacabagi SiswaSekolah Dasar. Proceeding of Biology Education, (2019), 3 (1), 26-31

Bolgar, R,R. 1998. Teaching Methods. England: Encyclopedia Compact Disk

Degeng, I.N.S. 2008a Pedoman Penyusunan Metode ajar. Teknologi Pembelajaran P.P.S Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.

Degeng, I.N.S. 2008b Pengembangan Modul Pembelajaran. Teknologi Pembelajaran P.P.S Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

Freeman Diane Larsen. 1985. Techniques and Principles in Language Teaching. Oxfrod : Oxford Unifersity Press.

Grellet, F. 1992. Developing Reading Skills A Practical Guide to Reading Comprehension. Combridge : Combridge University Prees.

Grondund, N.E. 1985. Measurement and Evaluation in Teaching. New York: Macmillan Publishing Company.

https://www.amazon.com/Polydron-Kids-Giant-Ship-Builder/dp/B00BN1NVTM downloaded on 2.20 Pm on July, 13rd , 2024

Hillerich, L.R. 1987. The Principal’s Guide to Improving Reading Instruction. USA: Bowling Green State University.

Hornby, AS. 1995. Oxford Advanced Learners Dictionary.International New Children Edition. Oxford : Oxford Unifersity Press.

Kuswana, Wowo Sunaryo.2014.Taksonomi Kognitif.Perkembangan Ragam Berfikir.Bandung.PT. Remaja Rosdakarya.

Riyanto, Y. 2012 .Paradigma Baru Pembelajaran. 2012 :Kencana Media Perdana Group. Jakarta

Taksonomi dan Tujuan Instruksional, Tim Pelatihan dan Pengembangan Pendidikan (P3) LLDIKTI VII Jawa Timur.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v8i6.2576-2583

Refbacks

  • There are currently no refbacks.