PELATIHAN DIGITAL MARKETING HASIL OLAHAN ETNOBOTANI TUMBUHAN RIMPANG SEBAGAI TANAMAN BERKHASIAT OBAT PADA KELOMPOK PKK MASYARAKAT GAMPONG MEUNASAH PAPEUN KABUPATEN ACEH BESAR

(1) * Lasri Lasri Mail (STISIP Al Washliyah Banda Aceh, Indonesia)
(2) Jasmadi Jasmadi Mail (STISIP Al Washliyah Banda Aceh, Indonesia)
(3) Makawiyah Makawiyah Mail (Universitas Jabal Ghafur, Indonesia)
(4) Rosalinda Rosalinda Mail (STKIP Al Washliyah Banda Aceh, Indonesia)
(5) Chairul Bariah Mail (STISIP Al Washliyah Banda Aceh, Indonesia)
(6) Nurul Maulida Mail (STISIP Al Washliyah Banda Aceh, Indonesia)
(7) Dedi Bancin Mail (STISIP Al Washliyah Banda Aceh, Indonesia)
(8) Ira Maylisna Mail (STISIP Al Washliyah Banda Aceh, Indonesia)
*corresponding author

Abstract


Kegiatan Pelatihan Pemasaran berbasis digital (digital marketing) terhadap pemanfaatan hasil olahan etnobotani  jenis tumbuhan rimpang sebagai obat berkhasiat dari alam memberikan manfaat dalam konservasi tumbuhan di lingkungan sekitar masyarakat Gampong Meunasah Papeun Kecamatan Krueng Barona Jaya Kabupaten Aceh Besar. Keigatan pengabdian ini bertujuan untuk memberikan pelatihan dalam memanfaatkan jenis tumbuhan rimpang yang berpotensi dapat menjadi obat berkhasiat bagi masyarakat serta dapat dipasarkan ke masyarakat luas sebagai upaya meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat kelompok PKK selain itu, dapat masyarakat dapat memasarkan produk melalui media sosial misalnya facebook, Instagram, tiktok, youtube dan media sosial lain sebagainya. Kegiatan Pengabdian ini dilaksanakan berdasarkan pada permasalahan masyarakat di lapangan yaitu kurangnya kemampuan masyarakat dalam melakukan pemasaran produk, serta masih kurangnya pemahaman dalam menggunakan handphone (gadget). Metode pengabdian kepada masyarakat ini yaitu: pengabdian dilakukan dengan bentuk pelatihan dan pendampingan kepada masyarakat kelompok PKK gampong meunasah papeun, Pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat di gampong meunasah papeun terdiri dari ketua dan anggota bertindak sebagai instruktur dan fasilitator dalam memberikan instruksi pada pelatihan dan pendampingan dengan ragam kegiatan diantaranya: melakukan pelatihan branding produk yang dapat menarik minat beli hasil olahan tumbuhan rimpang, melaksanakan pelatihan pemasaran online serta melakukan program pendampingan dalam pembuatan akun media sosial. Hasil pelatihan menunjukkan peningkatan dalam hal pengemasan produk olahan etnobotani tumbuhan rimpang yang lebih baik dan menarik bagi konsumen, masyarakat memiliki kemampuan yang lebih baik dalam menggunakan gadget untuk kegiatan produk secara pemasaran online, serta adanya dorongan bagi masyarakat kelompok PKK untuk mengatur usaha dari hasil olahan etnobotani tumbuhan rimpang sebagai obat yang berkhasiat.


Keywords


Pelatihan, Digital marketing, Tumbuahan rimpang, Berkhasiat obat, PKK.

   

DOI

https://doi.org/10.31604/jpm.v8i3.1343-1351
      

Article metrics

Abstract views : 0 | PDF views : 0

   

Cite

   

Full Text

Download

References


Covid-, D. P. (2020). Membangun pemasaran online dan digital branding ditengah pandemi covid-19 1. 5, 213–222.

Haziki, H., & Syamswisna. (2021). Studi Etnobotani Tumbuhan Obat Tradisional Oleh Masyarakat Di Kelurahan Setapuk Kecil Singkawang. Biocelebes, 15(1), 76–86. https://doi.org/10.22487/bioceb.v15i1.15471

Hotimah, et al. (2019). Studi Etnobotani Jahe (Zingiber officinale) pada Masyarakat Desa Banyior Kecamatan Sepulu Kabupaten Bangkalan Etnobotany Study of Ginger (Zingiber officinale) on Banyior Village Society of Sepulu District of Bangkalan Regency. Biosaintropis (Bioscience-Tropic), 4, 33–39. http://biosaintropis.unisma.ac.id/index.php/biosaintropis/article/view/225

Tiras Kameli, Lasri, Jhon Wahidi, Jasmadi. (2024). Budaya lawatan latih tanding pada kehidupan masyarakat Suku Sigulai Desa Lubuk Baik Kecamatan Alafan. Jurnal Geuthèë: Penelitian Multidisiplin (Multidiciplinary Research), 7 (1), 20-30.

Novriansyah, et al (2022). Pelatihan Pembuatan Minuman Herbal Rimpang Dan Pembudidayaannya Masa Pandemi Covid-19. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 6(4), 3331. https://doi.org/10.31764/jmm.v6i4.9609

Nurmalasari, Irawan, A. D., Rahmawati, R., Studi, P., Syariah, P., & Islam, F. A. (2022). Pelatihan Digital Marketing Kepada Para. 1(2), 242–249.

Patiola, R., Fajri, H., Handari Nawawi, J. H., Laut, B., Pontianak Tenggara, K., Pontianak, K., & Barat, K. (2023). Pengembangan E-magazine Etnobotani Tumbuhan Obat sebagai Media Pembelajaran Kelas X SMA. Bioeducation, 10. No. 2(2), 50. https://fliphtml5.com.

Putri, et al. (2022). Pelatihan Digital Marketing untuk Mencapai Optimalisasi Strategi Pemasaran pada UMKM. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara (JPkMN), 3(2), 828–839.

Rizal, S. (n.d.). Etnobotani pada Masyarakat Kecamatan Setia Bakti Kabupaten Aceh Jaya Rizal sunanda (1) , Hasanuddin (2) , Cut Nurmaliah (3) (1) Mahasiswa, (2) Pembimbing I, (3) Pembimbing II.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Martabe : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.