IMPLEMENTASI PROGRAM KERJA MELALUI SOSIALISASI STOP BULLYING DAN LITERASI DI SDN 010 BUKIT BESTARI TANJUNG SIAMBANG DOMPAK

(1) * Astri Emiliya Putri Mail (Universitas Maritim Raja Ali Haji, Indonesia)
(2) Dea Audina Mail (Universitas Maritim Raja Ali Haji, Indonesia)
(3) Adinda Oktaviani Rahmadani Mail (Universitas Maritim Raja Ali Haji, Indonesia)
(4) Elvitriana Elvitriana Mail (Universitas Maritim Raja Ali Haji, Indonesia)
(5) Pazira Pazira Mail (Universitas Maritim Raja Ali Haji, Indonesia)
(6) Muhammad Reza Pratama Mail (Universitas Maritim Raja Ali Haji, Indonesia)
(7) Nur Rahmania Zakiya Mail (Universitas Maritim Raja Ali Haji, Indonesia)
(8) Obi Luter Sihombing Mail (Universitas Maritim Raja Ali Haji, Indonesia)
(9) Said Najibullah Mail (Universitas Maritim Raja Ali Haji, Indonesia)
(10) Sri Anjelita Gultom Mail (Universitas Maritim Raja Ali Haji, Indonesia)
(11) Muhammad Pemberdi Intasir Mail (Universitas Maritim Raja Ali Haji, Indonesia)
*corresponding author

Abstract


Kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) kelompok 08 Universitas Maritim Raja Ali Haji dilaksanakan di SDN 010 Bukit Bestari Tanjung Siambang Dompak dengan tujuan meningkatkan kesadaran siswa mengenai bahaya bullying serta menumbuhkan budaya literasi. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif melalui observasi, wawancara, dan refleksi kegiatan. Hasil pelaksanaan menunjukkan adanya peningkatan pemahaman siswa terhadap dampak negatif bullying serta tumbuhnya sikap saling menghargai dan peduli antar teman sebaya. Di sisi lain, kegiatan literasi memperlihatkan bahwa masih terdapat kesenjangan kemampuan membaca, khususnya di kelas 4 dan 5, sehingga diperlukan strategi pembelajaran yang lebih berkesinambungan. Kendala utama meliputi rendahnya fokus siswa, keterbatasan sarana, minimnya keterlibatan orang tua, serta waktu pelaksanaan yang terbatas. Meskipun demikian, penerapan strategi pembelajaran aktif seperti permainan edukatif, ice breaking, dan media interaktif terbukti efektif dalam meningkatkan partisipasi siswa. Secara keseluruhan, program ini memberikan dampak positif terhadap pembentukan karakter anti-bullying dan menjadi langkah awal dalam membangun budaya literasi berkelanjutan di sekolah.


Keywords


Pendidikan, Edukasi, Bullying, Literasi dan Karakter.

   

DOI

https://doi.org/10.31604/jpm.v8i10.3651-3656
      

Article metrics

Abstract views : 0 | PDF views : 0

   

Cite

   

Full Text

Download

References


Aulia, A. (2016). Bullying Dan Dampaknya Terhadap Perkembangan Anak. Jurnal Psikologi

Pendidikan, 12(2), 45–53.

Belajar, & Sekolah. (N.D.). Kuliah Kerja Nyata Sebagai Implementasi Pendidikan Karakter. Kemdikbud.

Fatimah, S., & Malik, A. (2021). Pola Asuh Dan Pengaruhnya Terhadap Perkembangan Literasi Anak Usia Sekolah. Jurnal Pendidikan Dasar, 9(1), 15–28.

Hamzah, H. (2021). Pembelajaran Aktif Di Sekolah Dasar: Strategi Meningkatkan Keterlibatan Siswa. Alfabeta.

Karatas, Z. (2020). The Effect Of Character-Based Literacy Programs On Reducing Aggressive Behavior In Elementary Students. International Journal Of Educational Research, 98, 101–116.

Kemendikbud. (2020). Kebijakan Literasi Dan Numerasi Nasional. Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan.

Laksono, P. (2021). Literasi Abad 21: Tantangan Dan Strategi Pembelajaran. Jurnal Ilmu Pendidikan, 18(3), 201–212.

Mubarok, F., Alfarobbi, A., & Khayisatuzahro, K. (2024). Peran Sekolah Dasar Dalam Pembentukan Karakter Siswa Di Era Digital. Jurnal Pendidikan Karakter, 14(1), 77–89.

Musfiroh, T. (2019). Literasi Sebagai Proses Pembiasaan Berkelanjutan. UNY Press.

Sanjaya, W. (2021). Strategi Pembelajaran Sekolah Dasar. Kencana.

Setiawan, A., & Nur, I. (2020). Efektivitas Media Pembelajaran Berbasis Visual Di Sekolah Dasar. Jurnal Teknologi Pendidikan, 22(2), 133–142.

Suryati, D., & Dkk. (2024). Literasi Dan Pendidikan Karakter: Upaya Menekan Bullying Di Sekolah. Jurnal Pendidikan Anak, 11(1), 25–38.

UNESCO. (2019). Literacy As A Foundation For Inclusive Education. UNESCO Publishing.

Wahyuni, S. (2024). Strategi Guru PAI Dalam Mengatasi Perilaku Bullying Pada Siswa Di Sd Negeri 6 Macorawalie (Doctoral Dissertation, Iain Parepare).

Wanto, D., & Indrawari, K. (2024). Strategi Guru Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Dalam Mencegah Perilaku Bullying Di Min 03 Kepahiang (Doctoral Dissertation, Institut Agama Islam Negeri Curup).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Martabe : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.