OPTIMALISASI PEMBELAJARAN SAINS BERDIFERENSIASI BERBASIS DEEP LEARNING DI SMA NEGERI 12 MEDAN

(1) * Suci Rahmawati Mail (Universitas Negeri Medan, Indonesia)
(2) Arie Candra Panjaitan Mail (Politeknik Cendana, Indonesia)
(3) Sailana Mira Rangkuty Mail (Politeknik Cendana, Indonesia)
*corresponding author

Abstract


Pembelajaran sains pada umumnya belum optimal dalam memperhatikan keragaman peserta didik serta belum optimalnya pemahaman mengenai pendekatan deep learning. Kegiatan ini bertujuan untuk mengoptimalkan proses pembelajaran sains di SMA Negeri 12 Medan melalui penerapan pendekatan pembelajaran berdiferensiasi berbasis deep learning dengan memanfaatkan Learning Management System (LMS). Adapun metode yang digunakan adalah sosialisasi, pelatihan, pendampingan penerapan teknologi, evaluasi. Hasil dari kegiatan PKM ini Seluruh MGMP sains SMA Negeri 12 Medan terlibat aktif mengikuti kegiatan PKM, sebanyak 85% guru telah menguasai konsep pembelajaran sains berdiferensiasi dengan pendekatan deep learning  dengan mengintegrasikan teknologi seperti LMS sehingga mampu  menghasilkan 10 perangkat ajar dan 6 asesment yang sesuai dengan materi pelajaran.


Keywords


Optimalisasi, Sains, Diferensiasi; Deep learning; LMS

   

DOI

https://doi.org/10.31604/jpm.v8i11.%25p
      

Article metrics

Abstract views : 0 | PDF views : 0

   

Cite

   

Full Text

Download

References


Ajizah, I. (2021). Urgensi Teknologi Pendidikan : Analisis Kelebihan Dan Kekurangan Teknologi Pendidikan Di Era Revolusi Industri 4.0. ISTIGHNA. 4 (1): 25-36.

Alimuddin, A.,Justin n,S,J. Ayu, E,J. Indri, M, Hilda,Y,W. (2023). Teknologi dalam pendidikan: membantu murid beradaptasi dengan Revolusi Industri 4.0. Journal on Education. 5(4):11777-11790.

Efriani, A., Rahma A, H., Rita, S., dkk. (2024). Asesmen dalam Kurikulum Merdeka. Penerbit Mifandi Mandiri Digital: Deli Serdang.

Kamaruddin, I., Suarni, E., Rambe, S., Sakti, B. P. S., Rachman, R. S., & Kurniadi, P.(2023) Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek Dalam Pendidikan: Tinjauan Literatur. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP). 6(4). 2742-2747.

MS, M. (2023) Pembelajaran Berdiferesiasi dan Penerapannya. SENTRI Jurnal Riset Ilmiah. 2(2). 533-543.

Ragohang, Steven S,N dkk. (2024) Media Pembelajaran Berbasis Digital Deli Serdang:Mifandi Mandiri Digital.

Riady, A. (2021). Pendidikan Berkualitas di Era Digital: (Fokus: Aplikasi Sebagai Media Pembelajaran). Jurnal Literasi Digital, 1(2), 70–80.

Rumahlewang, Emma, et al. (2024).Strategi Belajar Mengajar.Bandung: Widina Media Utama.

Safitri, A. O., Yunianti, V. D., & Rostika, D. (2022). Upaya Peningkatan Pendidikan Berkualitas di Indonesia: Analisis Pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs). Jurnal Basicedu, 6(4), 7096–7106.

Santiani, dkk. (2025) Transformasi Pembelajaran dalam Kurikulum Merdeka Belajar (Editor: Sarwandi). Deli Serdang:Mifandi Mandiri Digital.

Steven S. N. R., Santiani, Effendi, Badri, M, Sofia, E., Bambang, S., Hansi E., Yuyun, K., Enny, Z., Suci,R., Indah, K., Dani, N, R., Nurain, S., Zaudah C, A, D., Mike, E, A., Abdul K, dan Egidius D. (2024). Media Pembelajaran Berbasis Digital. Deli Serdang:Mifandi Mandiri Digital.

Wajdi, F, Rudi, H, Suci, R,dkk (2024). Pengembangan E-Learning: Teori dan Desain. Bandung: Widina Media Utama.

Wardani, D. N., Toenlioe, A. J., & Wedi, A. (2018). Daya tarik pembelajaran di era 21 dengan Blended Learning. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan. 1(1):13-18.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Martabe : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.