(2) Arie Candra Panjaitan
(3) Sailana Mira Rangkuty
*corresponding author
AbstractPembelajaran sains pada umumnya belum optimal dalam memperhatikan keragaman peserta didik serta belum optimalnya pemahaman mengenai pendekatan deep learning. Kegiatan ini bertujuan untuk mengoptimalkan proses pembelajaran sains di SMA Negeri 12 Medan melalui penerapan pendekatan pembelajaran berdiferensiasi berbasis deep learning dengan memanfaatkan Learning Management System (LMS). Adapun metode yang digunakan adalah sosialisasi, pelatihan, pendampingan penerapan teknologi, evaluasi. Hasil dari kegiatan PKM ini Seluruh MGMP sains SMA Negeri 12 Medan terlibat aktif mengikuti kegiatan PKM, sebanyak 85% guru telah menguasai konsep pembelajaran sains berdiferensiasi dengan pendekatan deep learning dengan mengintegrasikan teknologi seperti LMS sehingga mampu menghasilkan 10 perangkat ajar dan 6 asesment yang sesuai dengan materi pelajaran. KeywordsOptimalisasi, Sains, Diferensiasi; Deep learning; LMS
|
DOIhttps://doi.org/10.31604/jpm.v8i11.%25p |
Article metricsAbstract views : 0 | PDF views : 0 |
Cite |
Full Text Download
|
References
Ajizah, I. (2021). Urgensi Teknologi Pendidikan : Analisis Kelebihan Dan Kekurangan Teknologi Pendidikan Di Era Revolusi Industri 4.0. ISTIGHNA. 4 (1): 25-36.
Alimuddin, A.,Justin n,S,J. Ayu, E,J. Indri, M, Hilda,Y,W. (2023). Teknologi dalam pendidikan: membantu murid beradaptasi dengan Revolusi Industri 4.0. Journal on Education. 5(4):11777-11790.
Efriani, A., Rahma A, H., Rita, S., dkk. (2024). Asesmen dalam Kurikulum Merdeka. Penerbit Mifandi Mandiri Digital: Deli Serdang.
Kamaruddin, I., Suarni, E., Rambe, S., Sakti, B. P. S., Rachman, R. S., & Kurniadi, P.(2023) Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek Dalam Pendidikan: Tinjauan Literatur. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP). 6(4). 2742-2747.
MS, M. (2023) Pembelajaran Berdiferesiasi dan Penerapannya. SENTRI Jurnal Riset Ilmiah. 2(2). 533-543.
Ragohang, Steven S,N dkk. (2024) Media Pembelajaran Berbasis Digital Deli Serdang:Mifandi Mandiri Digital.
Riady, A. (2021). Pendidikan Berkualitas di Era Digital: (Fokus: Aplikasi Sebagai Media Pembelajaran). Jurnal Literasi Digital, 1(2), 70–80.
Rumahlewang, Emma, et al. (2024).Strategi Belajar Mengajar.Bandung: Widina Media Utama.
Safitri, A. O., Yunianti, V. D., & Rostika, D. (2022). Upaya Peningkatan Pendidikan Berkualitas di Indonesia: Analisis Pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs). Jurnal Basicedu, 6(4), 7096–7106.
Santiani, dkk. (2025) Transformasi Pembelajaran dalam Kurikulum Merdeka Belajar (Editor: Sarwandi). Deli Serdang:Mifandi Mandiri Digital.
Steven S. N. R., Santiani, Effendi, Badri, M, Sofia, E., Bambang, S., Hansi E., Yuyun, K., Enny, Z., Suci,R., Indah, K., Dani, N, R., Nurain, S., Zaudah C, A, D., Mike, E, A., Abdul K, dan Egidius D. (2024). Media Pembelajaran Berbasis Digital. Deli Serdang:Mifandi Mandiri Digital.
Wajdi, F, Rudi, H, Suci, R,dkk (2024). Pengembangan E-Learning: Teori dan Desain. Bandung: Widina Media Utama.
Wardani, D. N., Toenlioe, A. J., & Wedi, A. (2018). Daya tarik pembelajaran di era 21 dengan Blended Learning. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan. 1(1):13-18.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Martabe : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.






Download