BIMBINGAN INTENSIF BAGI SISWA MTS DALAM PERSIAPAN LOMBA MYRES: MENINGKATKAN KEMAMPUAN RISET DAN PRESENTASI ILMIAH"
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan riset dan presentasi ilmiah siswa MTsN 3 Kota Tidore Kepulauan melalui bimbingan intensif dalam rangka persiapan Lomba MYRES. Menggunakan metode Participatory Action Research (PAR), kegiatan ini melibatkan siswa secara aktif dalam seluruh proses penelitian, mulai dari identifikasi masalah hingga presentasi hasil. Hasil bimbingan menunjukkan peningkatan signifikan dalam keterampilan menyusun laporan riset ilmiah yang sistematis serta kemampuan berbicara di depan umum secara efektif dan meyakinkan. Siswa menjadi lebih percaya diri dalam mengkomunikasikan ide-ide mereka, mengelola presentasi, serta menjawab pertanyaan audiens. Bimbingan ini membuktikan bahwa pendekatan partisipatif dan latihan terstruktur mampu memperkuat keterampilan abad ke-21 siswa, seperti berpikir kritis, komunikasi efektif, dan kolaborasi akademik. Kegiatan ini diharapkan menjadi model pembinaan berkelanjutan untuk meningkatkan daya saing siswa madrasah dalam bidang riset ilmiah
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Afandi, A. (2020). Participatory action research (PAR) metodologi alternatif riset dan pengabdian kepada masyarakat transformatif. In Workshop Pengabdian Berbasis Riset Di LP2M UIN Maulana Malik Ibrahim Malang (Vol. 53, No. 9, pp. 1689-1699).
Allo, A. Y. T., Jatmiko, B., & Agustini, R. (2015). Pengembangan perangkat pembelajaran fisika model guided discovery learning menggunakan alat sederhana untuk mereduksi miskonsepsi siswa sma pada materi fluida statis. JPPS (Jurnal Penelitian Pendidikan Sains), 5(1), 769-778.
Brookfield, S. D. (2012). Teaching for critical thinking: Tools and techniques to help students question their assumptions. Jossey-Bass.
Cohen, L., Manion, L., & Morrison, K. (2017). Research Methods in Education (8th ed.). Routledge.
Creswell, J. W. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. Sage publications.
Gainau, M. B. (2016). Pengantar metode penelitian. Pt Kanisius
Goss, B., & Andren, K. J. (2014). The basics of communication: A relational perspective. SAGE Publications.
Kemi, V., & Ojo, A. (2018). Using Microsoft Excel for Data Analysis. Springer.
Lucas, S. E. (2015). The art of public speaking (12th ed.). McGraw-Hill Education.
Marlina, L., & Safandi, M. (2024). Strategi Manajemen Pengelolaan Kesiswaan Untuk Meningkatkan Kualitas Pendidikan di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Kota Cimahi. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 7(3), 10650-10662.
Mashudi, M. (2021). Pembelajaran modern: membekali peserta didik keterampilan abad ke-21. Al-Mudarris (Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam), 4(1), 93-114.
McCroskey, J. C. (2015). An Introduction to Rhetorical Communication (10th ed.). Routledge
Minabari, K. H., & Adam, A. (2024). MEMBANGUN MINAT BACA ANAK-ANAK MELALUI POJOK BACA MASYARAKAT DI (MIS) AL-MA'ARIF DESA BOBISINGO KECAMATAN GALELA UTARA. Martabe: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(9), 3625-3634.
Morales, M. P. E. (2016). Participatory action research (PAR) cum action research (AR) in teacher professional development: a literature review. International Journal of Research in Education and Science, 2(1), 156-165.
Nurhasanah, F., Usodo, B., Chrisnawati, H. E., Kuswardi, Y., Sutopo, S., & Rahayu, E. P. (2022). Pelatihan dan Pendampingan Penulisan Karya Ilmiah Berbasis STEAM bagi Guru dan Siswa MTS Negeri 2 Surakarta. DEDIKASI: Community Service Reports, 5(1
Tufte, E. R. (2003). The Cognitive Style of PowerPoint: Pitching Out Corrupts Within. Graphics Press.
Vygotsky, L. S. (1978). Mind in society: The development of higher psychological processes. Harvard University Press.
DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v8i6.2479-2488
Refbacks
- There are currently no refbacks.