PELATIHAN PEMBUATAN HIDROPONIK VEGETABLES FRESH METODE FLOATING RAFTS SYSTEM SEBAGAI SUMBER BELAJAR BIOLOGI SISWA SMA NEGERI KOTA BENGKULU
Abstract
Kegiatan pembelajaran di sekolah sering kali menimbulkan suasana yang jenuh untuk para siswa dan juga guru itu sendiri. Kegiatan praktik seperti pengamatan dapat dilakukan untuk meminimalisir suasana jenuh dalam pembelajaran. Salah satu kegiatan tersebut adalah menanam dengan teknik hidroponik untuk kemudian diamati proses pertumbuhannya. Teknik penanaman hidroponik yang digunakan adalah metode Floating Raft System (FRS). Metode ini dapat menggunakan alat dan bahan yang mudah untuk dicari. Selain itu juga dapat memanfaatkan lahan sekitar sekolah seperti salah satunya di SMA Negeri 7 Kota Bengkulu yang sudah berlantai beton di sekelilingnya, Kegiatan penanaman dan pengamatan hidroponik ini bermanfaat untuk proses pembelajaran, yakni pada materi pertumbuhan dan perkembangan. Melalui kegiatan pelatihan teknik penanaman siswa dapat paktik langsung melihat bagaimana caranya menyemai suatu biji, mengetahui apa saja yang dibutuhkan biji untuk berkecambah hingga menjadi tumbuhan dewasa, mengetahui nutrisi yang dibutuhkan tanaman dan mengetahui faktor yang mempengaruhi pertumbuhan. Program pelatihan penanaman hidroponik ini diharapkan memahami betapa pentingnya menciptakan lingkungan sekolah yang indah dan nyaman agar siswa memiliki sikap cinta dan menyayangi lingkungan. Hasil kegiatan pengabdian menunjukkan bahwa pengetahuan siswa dan guru SMA 7 Kota Bengkulu tentang teknik penanaman hidroponik metode FRS meningkat. Kepuasan guru dan siswa akan kegiatan ini sebagai salah satu alternatif sumber belajar juga baik dengan persentase 73,75%. Harapan lainnya dari kegiatan ini dapat terus dapat dilanjutkan di sekolah, terutama lingkungan di tempat tinggal mereka sendiri.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aini, N., & Azizah, N. (2018). Teknologi Budidaya Tanaman Sayuran Secara Hidroponik. Universitas Brawijaya Press.
Bachri, Z. (2018). Kangkung Hidroponik. Penebar Swadaya.
Fauzi, A. R., Ichniarsyah, A. N., & Agustin, H. (2016). Urban Agricuture : Urgency, Role, and Best Practice. Jurnal Agroteknologi, 10(1), 49–62.
Ginanjar, S., Syach, M. F., & Wulandari, S. (2020). Kajian pengaruh siklon tropis mangga terhadap curah hujan, transpor Ekman, viskositas Eddy dan tinggi gelombang di perairan selatan Jawa pada 20-25 Mei 2020. Jurnal Meteorologi Klimatologi Dan Geofisika, 7(2), 15–23.
Hangge, E. E., W., K. D., Sina, D. A. T., & Hunggurami, E. (2022). Hidroponik Rakit Apung Bagi Kaum Milenial Kelurahan Nunleu Kota Kupang. Abdimas Jurnal LPPM Undana, 16(2), 36–44.
Harsono, T., Marpaung, D. R. A. K., Panggabean, N. huda, & Ulfa, Y. (2024). Sosialisasi Bercocok Tanam Hidroponik dalam Upaya Pengembangan Program Wisata di Prima Wisata Edukasi Desa Selemak. 5(1), 160–166. https://doi.org/10.47841/semnasadpi.v5i1.134 SOSIALISASI
Hendra, H. A., & Andoko, A. (2014). Bertanam Sayuran Hidroponik Ala Paktani Hydrofam. Agromedia.
Kurniawan, A., & Lestari, H. A. (2020). Control System of Nutrient in Floating Hydroponic System for Water Spinach (Ipomea reptans) Using Telegram-Based IoT. Jurnal Teknik Pertanian Lampung, 9(4), 326–335.
Lahn, B. (2021). Changing Climate Change: The Carbon Budget and the Modifying-work of the IPCC. Social Studies of Science, 51(1), 3–27. https://doi.org/10.1177/0306312720941933
Listiana, I. (2016). Analisis Pelaksanaan Pendidikan Konservasi dengan Perilaku Peduli Lingkungan Pada Mahasiswa Jurusan Geografi Sebagai Kader Konservasi. Universitas Negeri Semarang.
Malik, Wanto, R., & Rustiyarso, S. (2013). Fungsi Pendidikan Karakter Mengatasi kenakalan Remaja di Lembaga Pemasyarakatan Anak Kelas IIB Kecamatan Sungai Raya. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(12), 1–11. http://scioteca.caf.com/bitstream/handle/123456789/1091/RED2017-Eng-8ene.pdf?sequence=12&isAllowed=y%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.regsciurbeco.2008.06.005%0Ahttps://www.researchgate.net/publication/305320484_SISTEM_PEMBETUNGAN_TERPUSAT_STRATEGI_MELESTARI
Prihatin, E. (2011). Manajemen Peserta Didik. Alfabeta.
Rachman, M. (2013). Pengembangan Pendidikan Karakter Berwawasan Konservasi Nilai-Nilai Sosial. FIS (Forum Ilmu Sosial), 40(1), 1–15. http://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/FIS
Raffar, K. A. (1990). Hydroponics in Tropica. International Seminar on Hydroponic Culture of High Value Crops in the Tropics, 25–27.
Rosliani, R., & Sumarni, N. (2005). Budidaya Tanaman Sayuran dengan Sistem Hidroponik. In Balai Penelitian Tanaman Sayuran (Issue 27).
Syah, M. F., Ardian, & Yulia, A. E. (2021). Pemberian Pupuk AB Mix pada Tanaman Pakcoy Putih (Brassica rapa L.) dengan Sistem Hidroponik Rakit Apung. Dinamika Pertanian, 37(1), 17–22. https://doi.org/10.25299/dp.2021.vol37(1).7714
Tjahjono, B., Karsono, K., Meria, L., & Anwar, N. (2021). Pelatihan Hidroponik Rakit Apung di Era Pandemi Covid-19 Sebagai Ketahanan Pangan Masyarakat. Ikraith-Andimas, 4(3), 211–218.
Webliana B, K., Ichsan, A. C., Aji, I. M. L., Syaputra, M., & Sari, D. P. (2021). Pendidikan Konservasi Mangrove Pada Siswa Sekolah Dasar Sekotong Tengah. Jurnal Handayani, 12(2), 56–63. https://doi.org/10.24114/jh.v12i2.34213
Zhou, G., Wei, Q., Li, B., Zeng, X., & Liu, G. (2020). Establishment and Optimization of a Hydroponic System for Root Morphological and Nutritional Analysis of Citrus. Scientia Agricola, 77(4), 1–11. https://doi.org/10.1590/1678-992x-2018-0261
DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v8i5.1844-1852
Refbacks
- There are currently no refbacks.