MEMBUKA DUNIA BAGI PENYANDANG TUNARUNGU: REVOLUSI SISTEM TRANSKRIPSI SUARA

Anna Pertiwi, Hasni Hasni, Chendri Johan, Gidion Aryo Nugraha Pongdatu

Abstract


Kendala dan tantangan belajar di Perguruan Tinggi bagi penyandang berkebutuhan khusus pasti lebih besar dibanding dengan kesulitan yang dihadapi mahasiswa regular. Dengan demikian diperlukan sebuah inovasi agar dapat mengakomodasi kebutuhan belajar penyandang berkebutuhan khusus di perguruan tinggi. Salah penyandang berkebutuhan khusus yang memiliki hak untuk mendapatkan akses pendidikan diperguruan tinggi adalah penyandang tunarungu baik dalam kategori ringan sampai berat digolongkan ke dalam kurang dengar atau tuli. Saat ini terdapat penyandang tunarungu yang tercatat sebagai mahasiswa aktif pada UKI Toraja adalah penyandang tunarungu dalam kategori ringan (kurang dengar), namun tidak menutup kemungkinan pada tahun-tahun ajaran berikutnya, UKI Toraja menerima penyandang tunarungu kategori berat (tuli). Dalam hal ini sebuah inovasi pembelajaran dan teknologi bantu (teknologi asistif) untuk mahasiswa berkebutuhan khusus di perguruan tinggi berupa teknologi asistif dalam bentuk “pengembangan alat bantu bagi penyandang tunarungu di UKI Toraja”, teknologi bantu (teknologi asistif) yang kami usulkan sebagai bentuk komitmen mewujudkan layanan inklusif mahasiswa penyandang tunarungu kategori berat (tuli) di UKI Toraja kelak yang dapat meningkatkan keterampilan hidup mandiri bagi penyandang tunarungu berat (tuli) dalam bermobilitas.


Keywords


Transkripsi, Tunarungu, Media Pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Anshari, M., & Asbar, A. M. (2023). Pesantren Membuka Jalan Kesunyian Bagi Santri Penyandang Disabilitas Sensorik Rungu Wicara Di Indonesia. Al-Gazali Journal of Islamic Education, 2(02), 172–181.

Asriandhini, B., Khasidah, M. N., & Kristika, P. N. (2020). Pelatihan dasar public speaking untuk mengembangkan keterampilan penyampaian informasi dan kepercayan diri bagi siswa tunarungu. Jurnal Loyalitas Sosial, 2(2), 71–84.

Badali, J. F., & Kusumastuti, D. E. (2021). PROBLEMATIKA MAHASISWA TUNARUNGU DALAM PELAKSANAAN PROGRAM PENGALAMAN LAPANGAN DI SEKOLAH LUAR BIASA. JURNAL DISABILITAS, 1(2), 54–60.

Damayanto, A., Ishartiwi, I., Handoyo, R. R., & Purwandari, E. (2021). Kondisi Pemenuhan Teknologi Asistif Bagi Anak Berkesulitan Belajar Spesifik (ABBS) di Sekolah. Jurnal Ortopedagogia, 7(1), 62–67.

Fitria, T., & Amrillah, M. (2021). Media Komunikasi Guru Terhadap Penyandang Tunarungu Selama Pandemi. J-KIs: Jurnal Komunikasi Islam, 2(2), 113–122.

Kristanto, B., Ariyanto, A. S. S., Putri, D. P. D., Kafah, A. Z. K. A. Z., Arkananta, E. R. A. E. R., Arifin, N. A. N., Yulistiyani, S. S. Y. S. S., & Kurniawan, E. A. K. E. A. (2024). Transformasi Digital Bagi Siswa Tunarungu: Pelatihan SEO Copywriting Sebagai Peluang Karir. Jurnal Arba-Multidisiplin Pengabdian Masyarakat, 1(2), 51–57.

Majesty, D., Awangga, R. M., & Fauzan, M. N. (2023). Voice Cloning: Membuat Sendiri Suara Artifisial Menggunakan Metode Sequence to Sequence Speech Synthesis. Penerbit Buku Pedia.

Mirza, R., Lubis, A. F., Siagian, S. F., Simamora, S. S., Sitohang, Y. J. E., & Claudia, C. (2021). Pelatihan regulasi emosi untuk meningkatkan subjective well-being pada penyandang tunarungu di Kota Binjai. Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha, 12(1).

Mufida, I., & Ramayanti, R. (2023). Implementasi Design Thinking Dalam Menciptakan Inovasi Sign Language Translantor. IKRA-ITH Teknologi Jurnal Sains Dan Teknologi, 7(3), 13–22.

Pertiwi, A., Kamal, K., Daming, H. M., Takdir, M., & Hamid, H. (2023). Development of Android-Based Interactive Multimedia On Thematic Learning. Journal on Education, 6(1), 3457–3465.

Purnomo, B. R. (2017). Efektivitas Pelatihan Kewirausahaan Dalam Meningkatkan Pengetahuan Dan Motivasi Berwirausaha Pada Penyandang Tunarungu. Ekspektra: Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 1(1), 21–30.

Wasito, D. R., Sarwindah, D., & Sulistiani, W. (2010). Penyesuaian Sosial Remaja Tuna Rungu yang Bersekolah di Sekolah Umum. Insan. Jakarta.

Widia, Y. A. (2013). Pemerolehan kosakata anak tunarungu berdasarkan kelas kata bahasa indonesia di SDLB Karya Mulia II surabaya: kajian psikolinguistik. Skriptorium, 1(2), 129–142.

Wiradijaya, A., Prabamurti, P. N., & Indraswari, R. (2020). Hubungan Sikap, Akses Dukungan Keluarga dan Lingkungan Sekolah Dengan Perilaku Makan Remaja Dalam Pencegahan Hipertensi di Kelurahan Ngemplak Simongan Kota Semarang. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 8(3), 391–397.

Yasin, M., Kelrey, F., Ghony, M. A., Syaiful, M., Karuru, P., Pertiwi, A., Abadi, A., Ardiansyah, W., & Aryanti, N. (2023). MEDIA PEMBELAJARAN INOVATIF: Menerapkan Media Pembelajaran Kreatif untuk Menyongsong Pendidikan di Era Society 5.0. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Yassin, R. M. T. (2025). Pelatihan Hardskill dan Softskill bagi Penyandang Disabilitas di Kota Gorontalo. Journal of Community Services on Multidisciplinary Sciences, 3(1), 11–18.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v7i12.5494-5501

Refbacks

  • There are currently no refbacks.