Persepsi Animator Terhadap Penggunaan AI Generative dalam Produksi Iklan Komersial di Youtube

Thara Brilianty, Syifa Syarifah Alamiyah

Abstract


Di tengah pesatnya perkembangan teknologi, kedatangan Artificial Intelligence (AI) Generatif dimaksudkan untuk memudahkan berbagai kalangan, tak terkecuali para pekerja kreatif. Meski dirancang untuk memudahkan berbagai proses kerja, namun kemunculannya turut memicu pro dan kontra terutama bagi para Animator yang sebagian tugasnya kini mulai digantikan oleh AI. Penelitian ini tidak bertujuan untuk menentukan apakah penggunaan AI Generatif dalam industri kreatif merupakan hal yang benar atau salah, melainkan ingin mengupas lebih dalam persepsi para pelaku industri terhadap fenomena tersebut. Dengan pendekatan kualitatif, peneliti menyusun narasi berdasarkan wawancara mendalam bersama para informan yang memiliki latar belakang profesi sebagai animator. Fokus utama penelitian ini tertuju pada penggunaan AI Generatif dalam produksi konten iklan di platform YouTube, bahkan beberapa perusahaan besar seperti Indomie, Coca-Cola, hingga KFC pun kini mulai menggunakan teknologi AI dalam pembuatan iklan komersial mereka. Oleh karena itu, menarik untuk ditelusuri bagaimana persepsi para animator terhadap kehadiran dan penggunaan AI Generatif dalam proses produksi iklan tersebut.


Keywords


Persepsi Animator, Produksi Iklan, AI Generatif.

Full Text:

PDF

References


Buku

Batra, Rajeev, John G. Myers, dan David A. Aaker. 1996. Advertising Management (Edisi kelima). New Jersey: Prentice Hall.

Belch, G. E., & Belch, M. A. (2018). Advertising and Promotion: An Integrated Marketing Communications Perspective (11th Ed.). McGraw-Hill Education.

Johnston, O., & Thomas, F. (1995). The Illusion of Life: Disney Animation. Walt Disney Production.

Moleong, L. J. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi). Remaja Rosdakarya.

Paivio, A. (1990). Mental Representations: A Dual Coding Approach. Oxford University Press.

Rall, H. (2018). Animation from Concepts to Production (1st ed.). CRC Press.

Sobur, A. (2009). Psikologi umum. Bandung: Pustaka Setia

Sobur, A. (2020). Psikologi Umum (Cetakan ke-7). CV. Pustaka Setia.

Thomas, F., & Johnston, O. (1981). The illusion of life: Disney animation. Abbeville Press.

Williams, R. (2001). The Animator’s Survival Kit. Faber & Faber.

Skripsi

Kurniahtunnisa, K., Manuel, M. Y., Aini, M., & Agustina, T. P. (2024). Persepsi dan Sikap Siswa Terhadap Penggunaan Artificial Intelligence dalam Penulisan Esai dan Tugas Rumah. Skripsi, Universitas Kristen Satya Wacana.

Setyaning Ayu, S., & Afifah, N. (2022). Persepsi Masyarakat Surabaya Terhadap Fitur Layanan Jaminan Kesehatan Berbasis Teknologi Mobile JKN. Skripsi, Ilmu Komunikasi, UPN "Veteran" Jawa Timur.

Valerina, A. (2022). Persepsi Pria Remaja dan Dewasa Terhadap Postingan Iklan Dear Me Beauty Series W03 Goden Sand Pada Instagram. Skripsi, Ilmu Komunikasi, UPN "Veteran" Jawa Timur.

Undang-Undang / Dokumen Resmi Pemerintah

KemenhumkamRI. (2019). Undang-Undang Republik Indonesia No 24 Tahun 2019 Tentang Ekonomi Kreatif. Retrieved from: www.peraturan.go.id./ (diakses tanggal 16 Juni)

Website

AINAKI. (2020). Indonesia Animation Report. Retrieved from: https://ainaki.or.id/indonesia-animation-report-2020/#unduh-laporan (diakses tanggal 16 Juni)

data.goodstats.id. (2024). 10 Negara Pengguna AI Terbanyak, Indonesia Salah Satunya. Retrieved fom: https://data.goodstats.id/statistic/10-negara-pengguna-ai-terbanyak-indonesia-salah-satunya-RLlmC (diakses tanggal 16 Juni)

jakpat.net. (2025). 5 Jenis Konten AI Yang Banyak Muncul Di Media Sosial. Retrieved from: https://jakpat.net/info/5-jenis-konten-ai-yang-banyak-muncul-di-media-sosial (diakses tanggal 16 Juni)

linkedin.com. (2025). LinkedIn Grad’s Guide 2025: The Jobs, Industries and Cities on the Rise for New Grads. Retrieved from: https://www.linkedin.com/pulse/linkedin-grads-guide-2025-jobs- industries-cities-rise-new-ggnje/ (diakses tanggal 16 Juni)

reuters.com. (2025). DBS Set to Cut 4,000 Temporary Jobs over 3 Years Due to AI, CEO Says. Retrieved from: https://www.reuters.com/markets/europe/dbs-group-set-cut-4000-contract-temporary-jobs-next-3-years-2025-02-24/ (diakses tanggal 16 Juni)

Rohmatin, F. (2025). 7 Juta Penonton Film Jumbo: Kontribusi Industri Film Animasi Terhadap Ekonomi Kreatif. Retrieved from: https://www.kompasiana.com/fby6253/680dcb4434777c302a08bd12/7-juta-penonton-film-jumbo-kontribusi-industri-film-terhadap-ekonomi- kreatif (diakses tanggal 16 Juni)

rri.co.id. (2025). Jumbo Pecahkan Rekor, Jadi Film Animasi Indonesia Terlaris. https://www.rri.co.id/hiburan/1570826/jumbo-pecahkan-rekor-jadi-film- animasi-indonesia-terlaris (diakses tanggal 16 Juni)




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v8i8.%25p

Refbacks

  • There are currently no refbacks.