INOVASI PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KOLABORATIF GURU BERBASIS MULTIMEDIA ARTICULATE STORYLINE

(1) * Siti Faizah Mail (Universitas Negeri Malang, Indonesia)
(2) Aynin Mashfufah Mail (Universitas Negeri Malang, Indonesia)
(3) Sri Rahayuningsih Mail (Universitas Negeri Malang, Indonesia)
(4) Slamet Arifin Mail (Universitas Negeri Malang, Indonesia)
(5) Sudirman Sudirman Mail (Universitas Negeri Malang, Indonesia)
(6) Sijah Mariani Mail (Universitas Negeri Malang, Indonesia)
(7) Kaisra Alfikri Islami Mail (Universitas Negeri Malang, Indonesia)
*corresponding author

Abstract


Kemampuan berpikir kritis dan kolaboratif menjadi hal utama dalam setiap pembelajaran. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk menumbuhkan keterampilan berpikir kritis dan kolaboratif bagi guru dan siswa. Kegiatan ini dilakukan melalui pelatihan dan pendampingan kepada para guru-guru di Sekolah Dasar. Kegiatan dilakukan melalui beberapa tahapan yakni observasi, pelatihan dan pendampingan, diskusi, dan evaluasi. Dari hasil kegiatan menunjukkan bahwa lebih dari 95% guru memberikan respon positif terkait kegiatan ini, kemudian para dewan guru juga mampu menyusun bahan ajar maupun worksheet yang terintegrasi pada penggunaan media pembelajaran berbasis digital seperti articulate storyline yang bisa digunakan untuk semua mata pelajaran. Para dewan guru mengaku belum pernah mendapatkan materi pelatihan sepert ini karena kegiatan ini tidak hanya fokus pada pemberian materi pelatihan saja tetapi juga pemberian pendampingan kepada guru yang masih mengalami kesulitan untuk mengoperasikan articulate storyline.


Keywords


Articulate Storyline; Berpikir; Kritis; Proyek

   

DOI

https://doi.org/10.31604/jpm.v8i9.3490-3495
      

Article metrics

Abstract views : 0 | PDF views : 0

   

Cite

   

Full Text

Download

References


Afrianda, G., & Reinita. (2022). Pengembangan Multimedia Interaktif Articulate Storyline 3 Berbasis Pendekatan (CTL) pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas IV SD. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, 11(1), 201–212.

Faizah, S., Sa’adah, N., Saraswati, S., Rodliyah, I., & Rahmawati, N. D. (2024). Workshop Penulisan Artikel Ilmiah untuk Meningkatkan Kinerja Guru SMP, Community Development Journal, 5(1), 110-114

Gymnastiar, A., A’fiani, N. N., Ramadhan, N. B., & Aeni, A. N. (2022). Pengembangan Media Articulate Storyline untuk Pembentukan Akhlak Terpuji Siswa Kelas VI SD. Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan Dan Kemasyarakatan, 16(4), 1241–1248.

Hidayah, N. (2015). Mengasah Keterampilan Berpikir Kritis dan Kreatif. Prosiding Seminar Nasional Bimbingan dan Konseling. PD ABKIN

Hilman, C., Arrobi, J., Silvia, M., Nurfailah, K., Nurjariah, F. (2023). Pelatihan Didaktik Metodik Guru Pai di MGMP PAI SMA/SMK Se-Kota Sukabumi. Jurnal Pengabdian West Science, 02(12), 1286-1294

Istianah, E. (2013). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Matematik dengan Pendekatan Model Eliciting Activities (MEAs) pada Siswa SMA. Infinity: Jurnal Ilmiah Program Studi Matematika, 2(1), 43-54

Rati, N.W., Kusmaryatni, N., & Rediani, N. (2017). Model Pembelajaran Berbasis Proyek, Kreativitas dan Hasil Belajar Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Indonesia, 6(1), 60-71

Sa’adah, N., Faizah, S., & Saraswati, S. (2023). Program Pendampingan Guru SMP dalam Meningkatkan Kompetensi Pedagogik, JOMPA ABDI: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 1-6

Sari, R. K., & Harjono, N. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Articulate Storyline Tematik terhadap Minat Belajar Siswa Kelas 4 SD. Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran, 4(1), 122. https://doi.org/10.23887/jp2.v4i1.33356

Supriandi. (2023). Pengembangan Keterampilan Kritis dan Kreatif melalui Pendidikan Berbasis Masalah: Pendekatan Praktis di Kelas (Studi Pada Salah Satu Sekolah Dasar di Sukabumi). Jurnal Pendidikan West Science, 1(5), 316-327

Supriadi, Rusilowati, A., Isnaeni, W., & Winarsih, R. (2021). Pelatihan Kompetensi Guru Sekolah Dasar dalam Menyusun Soal Higher Order Thinking Skill. E-DIMAS: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 12(2), 214-218


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Martabe : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.