 (Universitas Negeri Malang, Indonesia)
 (Universitas Negeri Malang, Indonesia)(2) Aynin Mashfufah
 (Universitas Negeri Malang, Indonesia)
 (Universitas Negeri Malang, Indonesia)(3) Sri Rahayuningsih
 (Universitas Negeri Malang, Indonesia)
 (Universitas Negeri Malang, Indonesia)(4) Slamet Arifin
 (Universitas Negeri Malang, Indonesia)
 (Universitas Negeri Malang, Indonesia)(5) Sudirman Sudirman
 (Universitas Negeri Malang, Indonesia)
 (Universitas Negeri Malang, Indonesia)(6) Sijah Mariani
 (Universitas Negeri Malang, Indonesia)
 (Universitas Negeri Malang, Indonesia)(7) Kaisra Alfikri Islami
 (Universitas Negeri Malang, Indonesia)
 (Universitas Negeri Malang, Indonesia)*corresponding author
| AbstractKemampuan berpikir kritis dan kolaboratif menjadi hal utama dalam setiap pembelajaran. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk menumbuhkan keterampilan berpikir kritis dan kolaboratif bagi guru dan siswa. Kegiatan ini dilakukan melalui pelatihan dan pendampingan kepada para guru-guru di Sekolah Dasar. Kegiatan dilakukan melalui beberapa tahapan yakni observasi, pelatihan dan pendampingan, diskusi, dan evaluasi. Dari hasil kegiatan menunjukkan bahwa lebih dari 95% guru memberikan respon positif terkait kegiatan ini, kemudian para dewan guru juga mampu menyusun bahan ajar maupun worksheet yang terintegrasi pada penggunaan media pembelajaran berbasis digital seperti articulate storyline yang bisa digunakan untuk semua mata pelajaran. Para dewan guru mengaku belum pernah mendapatkan materi pelatihan sepert ini karena kegiatan ini tidak hanya fokus pada pemberian materi pelatihan saja tetapi juga pemberian pendampingan kepada guru yang masih mengalami kesulitan untuk mengoperasikan articulate storyline. KeywordsArticulate Storyline; Berpikir; Kritis; Proyek | 
| DOIhttps://doi.org/10.31604/jpm.v8i9.3490-3495 | Article metricsAbstract views : 0 | PDF views : 0 | Cite | Full Text Download | 
References
Afrianda, G., & Reinita. (2022). Pengembangan Multimedia Interaktif Articulate Storyline 3 Berbasis Pendekatan (CTL) pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas IV SD. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, 11(1), 201–212.
Faizah, S., Sa’adah, N., Saraswati, S., Rodliyah, I., & Rahmawati, N. D. (2024). Workshop Penulisan Artikel Ilmiah untuk Meningkatkan Kinerja Guru SMP, Community Development Journal, 5(1), 110-114
Gymnastiar, A., A’fiani, N. N., Ramadhan, N. B., & Aeni, A. N. (2022). Pengembangan Media Articulate Storyline untuk Pembentukan Akhlak Terpuji Siswa Kelas VI SD. Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan Dan Kemasyarakatan, 16(4), 1241–1248.
Hidayah, N. (2015). Mengasah Keterampilan Berpikir Kritis dan Kreatif. Prosiding Seminar Nasional Bimbingan dan Konseling. PD ABKIN
Hilman, C., Arrobi, J., Silvia, M., Nurfailah, K., Nurjariah, F. (2023). Pelatihan Didaktik Metodik Guru Pai di MGMP PAI SMA/SMK Se-Kota Sukabumi. Jurnal Pengabdian West Science, 02(12), 1286-1294
Istianah, E. (2013). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Matematik dengan Pendekatan Model Eliciting Activities (MEAs) pada Siswa SMA. Infinity: Jurnal Ilmiah Program Studi Matematika, 2(1), 43-54
Rati, N.W., Kusmaryatni, N., & Rediani, N. (2017). Model Pembelajaran Berbasis Proyek, Kreativitas dan Hasil Belajar Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Indonesia, 6(1), 60-71
Sa’adah, N., Faizah, S., & Saraswati, S. (2023). Program Pendampingan Guru SMP dalam Meningkatkan Kompetensi Pedagogik, JOMPA ABDI: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 1-6
Sari, R. K., & Harjono, N. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Articulate Storyline Tematik terhadap Minat Belajar Siswa Kelas 4 SD. Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran, 4(1), 122. https://doi.org/10.23887/jp2.v4i1.33356
Supriandi. (2023). Pengembangan Keterampilan Kritis dan Kreatif melalui Pendidikan Berbasis Masalah: Pendekatan Praktis di Kelas (Studi Pada Salah Satu Sekolah Dasar di Sukabumi). Jurnal Pendidikan West Science, 1(5), 316-327
Supriadi, Rusilowati, A., Isnaeni, W., & Winarsih, R. (2021). Pelatihan Kompetensi Guru Sekolah Dasar dalam Menyusun Soal Higher Order Thinking Skill. E-DIMAS: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 12(2), 214-218
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Martabe : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
 
 
  
  
  
 




