PELATIHAN PENULISAN ESAI ILMIAH DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI AKADEMIK SISWA SMK NEGERI 14 MEDAN

Juliana Juliana, Dwi Suci Amaniarsih, Bulan Puspita Sari

Abstract


Tujuan kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah untuk melatih penulisan esai ilmiah siswa siswa SMK Negeri 14 Medan menggunakan pendekatan berbasis praktik dalam meningkatkan kemampuan akademik ilmiah. Kegiatan ini dilatarbelakangi adanya keterbatasan siswa dalam memahami struktur esai, membuat argumen logis, dan menggunakan bahasa ilmiah yang sesuai selama kegiatan ini. Pelatihan ini terdiri dari tiga tahap utama: persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Tahap-tahap ini termasuk pre-test, post-test, ceramah interaktif, latihan praktis, umpan balik individu. Hasil pelatihan menunjukkan peningkatan signifikan pada tiga aspek utama: pemahaman struktur esai (55% menjadi 85%), kemampuan logika argumen (60% menjadi 80%), dan penggunaan bahasa ilmiah (50% menjadi 75%). Selain itu, 85% siswa menyatakan bahwa mereka puas dengan metode pelatihan, khususnya sesi latihan praktik dan umpan balik yang diberikan. Namun, ada beberapa kendala, seperti keterbatasan waktu pelatihan dan ketergantungan siswa pada contoh. Penambahan durasi pelatihan, penggunaan teknologi pembelajaran, dan penguatan kemandirian siswa adalah langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk meningkatkan proses pelatihan. Diharapkan program ini dapat menjadi model pengembangan kompetensi akademik yang berkelanjutan yang membantu siswa mempersiapkan diri untuk meningkatkan kompetensi dan kompetisi akademik di tingkat lokal dan nasional.


Keywords


pelatihan esai ilmiah, kompetensi akademik, kompetisi

Full Text:

PDF

References


Juliana; Maisaroh, E., & Syafitri, R. (2024). Pemanfaatan Aplikasi Cake Dalam Meningkatkan Percakapan Bahasa Inggris Siswa Smk Sinar Husni. Martabe : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7.

Juliana, J. (2020). Peningkatan Motivasi Percakapan Bahasa Inggris Siswa Smk Wirakarya Mandiri Dengan Metode Dubbing Dan Subtitling. Martabe : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 81–88.

Juliana, J., Amaniarsih, D. S., & Ilham, M. A. (2023). Penggunaan Aplikasi Duolingo Dalam Meningkatkan Penguasaan Kosakata Berbahasa Inggris Siswa SMP Amalyatul Huda. PUBLIDIMAS (Publikasi Pengabdian Masyarakat), 3(1), 25–37.

Juliana, J., & Pasaribu, S. (2023). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Siswa Melalui Penerapan Metode Pembelajaran PQ4R. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 222–227.

Johnson, R., et al. (2020). "Technology-Based Writing Training for Academic Competence." Journal of Educational Research, 45(2), 123-137.

Kim, S., et al. (2021). "Collaborative Learning in Writing: Enhancing Argumentative Skills." International Journal of Educational Development, 39(1), 65-78.

Nakamura, T., et al. (2022). "Feedback and Evaluation in Writing Education." Asian Journal of Education, 53(3), 201-214.

Santoso, B., & Kurniawati, T. (2020). "Pembelajaran Esai Ilmiah Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis." Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 7(1), 88-97.

Wulandari, R. (2022). "Scaffolding Methods in Essay Writing for Vocational High Schools." Indonesian Journal of Education, 12(4), 111-128.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v8i3.1277-1284

Refbacks

  • There are currently no refbacks.