PERAN DINAS PERDAGANGAN BALIKPAPAN DALAM MENINGKATKAN DAYA SAING PRODUK UMKM MELALUI KEGIATAN FRIDAY IS YOUR FREE DESIGN DAY

(1) * Farrelin Pavita Mail (Universitas Mulawarman, Indonesia)
(2) Khairil Anwar Mail (Universitas Mulawarman., Indonesia)
(3) Poppy Alvianolita Sanistasya Mail (Universitas Mulawarman., Indonesia)
*corresponding author

Abstract


UMKM memainkan peran penting dalam perekonomian Indonesia, terutama dalam penciptaan lapangan kerja dan pertumbuhan ekonomi. Namun, tantangan kualitas desain kemasan masih menghambat daya saing mereka. Untuk mengatasi hal ini, Dinas Perdagangan Balikpapan menginisiasi program “Friday Is Your Free Design Dayâ€, yang menyediakan layanan desain kemasan gratis bagi UMKM setiap Jumat. Program ini bertujuan meningkatkan daya tarik produk UMKM di pasar. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan wawancara mendalam pada UMKM peserta program untuk mengkaji efektivitasnya. Hasilnya menunjukkan bahwa desain kemasan profesional mampu meningkatkan nilai jual produk dan minat konsumen serta memperkuat posisi UMKM dalam persaingan pasar di Balikpapan.


Keywords


UMKM, desain kemasan, daya saing, Dinas Perdagangan, Balikpapan

   

DOI

https://doi.org/10.31604/jpm.v8i2.675-681
      

Article metrics

Abstract views : 1

   

Cite

   

References


Aliyah, A. H. (2022). PERAN USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) UNTUK MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT. 3(1). http://jurnal.unsil.ac.id/index.php/welfare

Azzuhairi, A. Z., Hariyanto, D., Winarno, A., & Hermawan, A. (2022). PENGEMBANGAN KEMASAN PRODUK UNTUK MENINGKATKAN DAYA SAING BATIK SUJO. Communnity Development Journal, 3(1), 191–196.

Hardaningtyas, R. T., & Artikasari, H. (2022). INOVASI DESAIN KEMASAN PRODUK & REPACKAGING PADA UMKM RENGGINANG “BU TAMSUNI.â€

Hasanah, U., Winarti, I., & Puteri, D. R. A. (2023). INOVASI KEMASAN DAN PEMASARAN UKM KERUPUK PATTOLA UNTUK MENINGKATKAN PENDAPATAN DESA GADINGSARI. 8.

Indrawan, S., Azmi, K., & Wiroto, N. (2024). Implementasi Desain Kemasan Produk Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Untuk Meningkatkan Daya Saing Produk.

https://ejournal.jurnalpengabdiansosial.com/index.php/jps

Novitasari, A. T. (2022). KONTRIBUSI UMKM TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI ERA DIGITALISASI MELALUI PERAN PEMERINTAH. 9.

Purnamasari, Y., Pradhanawati, A., & Hidayat, W. (n.d.). ANALISIS PELUANG E-COMMERCE DALAM PENGEMBANGAN USAHA MIKRO, KECIL, DAN MENENGAH PRODUK BATIK. (Studi Kasus pada Usaha Batik di Semarang).

Rodhiah, Ika Widyani, A., & Winduwati, S. (2021). MENINGKATKAN KEUNGGULAN KOMPETITIF MELALUI REDESAIN KEMASAN UKM CAP CUS DI JAMBI. 1. https://ojs.transpublika.com/index.php/PRIMA/

Setianingtyas, A., & Nurlaili, E. I. (2020). Analisis Social Media Marketing dan Tampilan Produk Dalam Meningkatkan Penjualan Produk Pamos Shop Mojokerto. 17(2). http://journal.undiknas.ac.id/index.php/magister-manajemen/

Siswanto, Saputro, A., Anif, M., & Prasetyo, B. H. (2022). Desain Branding Kemasan Produk UMKM Yang Menarik dan Ekonomis.

Sudaryanti, D., Bastomi, M., & Sholehuddin, S. (2022). PENINGKATAN PENJUALAN PRODUK INDUSTRI KREATIF MELALUI PELATIHAN PACKAGING DAN PACKING DI RW 01 KELURAHAN KEDUNGKANDANG KOTA MALANG. RESWARA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 434–441. https://doi.org/10.46576/rjpkm.v3i2.1861


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Martabe : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.