BIJAK MENJAGA FINANSIAL MELALUI KETERAMPILAN PENGELOLAAN EMOSI SEBAGAI PENGENDALIAN PERILAKU PEMBELIAN IMPULSIF MASYARAKAT DI KALURAHAN NGARGOSARI KULONPROGO
Abstract
Perkembangan teknologi dan informasi saat ini telah berkembang secara pesat karena didukung oleh peran internet dalam mengakses informasi dan komunikasi yang bisa dilakukan dimana saja serta kapan saja. Kondisi ini kemudian menjadikan konsumen menjadi terlena dengan kemudahan-kemudahan yang ada serta penawaran yang diberikan, sehingga tidak menutup kemungkinan konsumen akan memesan produk yang terkadang tidak sesuai dengan kebutuhan. Keterlibatan emosi dalam pengambilan keputusan konsumen untuk membeli barang secara impulsif merupakan suatu pertanda bahwa konsumen kurang mampu dalam mengontrol emosinya. Oleh karena itu, dibutuhkan strategi melalui keterampilan mengelola emosi untuk dapat mengendalikan perilaku pembelian impulsif pada masyarakat. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk menguji seberapa besar efektivitas keterampilan pengelolaan emosi dalam mengendalikan perilaku pembelian impulsif pada masyarakat yang sebagian besar merupakan konsumen produk atau barang. Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan pada tanggal 8 November 2024 di Balai Kalurahan Ngargosari Kulonprogo. Sebanyak 20 orang peserta antusias untuk mengikuti kegiatan pengabdian ini. Hasil yang dicapai dalam kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah psikoedukasi tentang pengelolaan emosi ini terbukti efektif dalam menurunkan keinginan para kader dalam melakukan pembelian impulsif. Para kader cukup antusias dan inisiatif dalam mengikuti kegiatan psikoedukasi dan mampu mempraktekkan beberapa teknik dalam mengelola emosi dengan sangat baik.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anonim. (2019). Profil Wilayah Desa. https://ngargosari-kulonprogo.desa.id/index.php/artikel/2019/3/6/profil-wilayah-desa (Diakses pada tanggal 14 Maret 2024)
Anonim. (2019). Sejarah Kalurahan Ngargosari. https://ngargosari-kulonprogo.desa.id/index.php/artikel/2019/3/6/sejarah-desa. (Diakses pada tanggal 14 Maret 2024)
Baumeister, R. F. (2002). Yielding To Temptation: Self Control Failure, Impulsive Purchasing, and Customer Behavior. Reflections and Reviews. Journal of Consumer Research. 28, 670-676.
Benson, A. L. (2009). Mindful shopping: Turn mindless shopping into mindful shopping. https://www.psychologytoday.com/intl/blog/buy-or-not-buy/200902/mindfulshopping (diakses pada tanggal 15 Maret 2024)
Fenton-o’Creevy, M., Dibb, S., & Furnham, A. (2018). Antecedents and consequences of chronic impulsive buying: Can impulsive buying be understood as dysfunctional self-regulation?. Psychology and Marketing. 35 (3): 175 – 188. DOI:10.1002/mar.21078
Gross, J. J. (1999). Emotion and emotion regulation, dalam L.A. Pervin & O.P. John (Ed), Theory and research (2nd edition). New York: Guildford.
Hirschman, E.C. & Holbrook, M.B. (1982). Hedonic Consumption Emerging Concepts, Methods and Propositions. Journal of Consumer Marketing, 46(2): 92-101.
Kazdin, A. E. (1994). Behavior Modification: In Applied Setting. California: Cole Publishng Company.
Kemp, E. & Kopp, S. (2011). Emotion regulation consumption: When feeling better is the aim. Journal of Consumer Behavior. 10 (1): 1 – 7. DOI:10.1002/cb.341.
Lai, C. (2010). How finansial attitudes and practices influence the impulsive buying behavior of college and university students. Social behavior and Personality an Internasional Journal. 38 (3): 373 – 380. DOI:10.2224/sbp.2010.38.3.373.
Lazarus, R. S. (1976). Patterns of Adjusment. Tokyo: McGraw Hill
Loudon, D.L. & Bitta, A.J.D. (1993). Consumer Behavior Concepts and Applications (4th ed.). New York : McGraw-Hill.
Overveld, M. V. (2016). Emotion regulation can be costly: A study on the effects of emotion regulation strategies on impulsive purchases in consumers. Innovative Marketing Journal. 12 (1): 41 – 49. DOI: http://dx.doi.org/10.21511/im.12(1). 2016.04
DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v8i2.682-691
Refbacks
- There are currently no refbacks.